Awas!! Posisi Pemasangan AC Yang Harus Dihindari

Menggunakan AC di dalam ruangan merupakan salah satu cara mendapatkan udara yang segar dan  nyaman. AC dapat mendinginkan ruangan sehingga memberikan kesejukan.

Terlebih bagi Kamu yang tinggal di kawasan perkotaan. Dengan menggunakan AC, hawa panas di dalam ruangan dapat dengan mudah hilang. Akan tetapi, setelah memasang AC beberapa orang merasa AC kurang menyejukkan ruangan. Hal ini dapat disebabkan posisi pemasangan AC yang tidak tepat. Bahkan posisi yang salah ini bisa mempengaruhi kesehatan dalam jangka panjang. Berikut ini beberapa posisi pemasangan AC yang harus dihindari :


1. Memasang AC di atas pintu

Pintu menjadi akses sekaligus tempat masuk dan keluarnya udara. Dengan menempatkan AC di atas pintu otomatis hawa dingin yang dihasilkan akan mudah keluar. Penempatan AC di area ini mesti dihindari untuk menjaga agar AC dapat berfungsi maksimal.

Selain itu, suhu di dekat pintu juga tidak stabil sehingga mengakibatkan AC mendingin lebih lama. Sistem sensor AC juga akan bekerja keras dengan konsumsi listrik lebih boros.


2. Memasang AC terkena sinar matahari langsung atau panas

Semua jenis pendingin tidak boleh dipasang di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau pemanas, terutama dinding rumah di sisi selatan dan barat yang merupakan arah yang menerima sinar matahari hampir sepanjang hari. Hal ini tidak hanya membuat AC bekerja lebih keras, tetapi membuat tagihan listrik menjadi meningkat. Jika beberapa ruangan tidak dapat dihindari ke arah itu, Kamu dapat membeli AC plafon.


3. Pasang AC di bagian kepala tempat tidur

Selanjutnya, hindari memasang AC di bagian kepala tempat tidur karena akan berisiko menganggu kesehatan. Udara yang dihasilkan akan langsung mengarah ke tubuh dan kepala seseorang.

Hal ini tentu berbahaya, Terleih bila AC lama tidak dibersihkan, udara yang keluar tentu kotor dan berkuman sehingga dapat menganggu sistem pernapasan.

Menurut Feng Shui memasang AC di kepala tempat tidur juga salah dan tidak aman. Hal ini akan membuat Kamu merasa seperti tidur dengan sesuatu yang menekan.


4. Memasang AC di sudut ruangan sempit

Setiap ruangan memiliki bentuk dan ukuran berbeda-beda. Ada prinsip serupa dalam melihat titik pemasangan AC, yaitu dipasang di sudut ruangan yang dapat mendistribusikan udara sejuk ke seluruh ruangan. Hindari memasang AC di sudut sempit karena tidak dapat menyebarkan udara ke seluruh ruangan. Seperti ruangan persegi panjang, posisi pemasangan harus pada posisi dinding yang panjang sehingga udara dingin dapat menyebar ke kiri dan kanan ruangan secara merata.


5. Memasang AC dekat perangkat listrik dan furniture

Selain lokasi pemasangan yang berkaitan dengan kesehatan, keselamatan juga harus diperhatikan. Hindari memasang AC dekat perangkat listrik karena saat AC bekerja sering mengalami masalah air dengan udara yang menetes. Jika ada peralatan listrik di bawahnya akan merusak peralatan listrik dan menyebabkan risiko korsleting serta sengatan listrik Selain itu, hindari meletakkan lemari ataupun furnitur di bawah AC atau posisi yang menghalangi arah angin.


6. Pasang AC dengan ketinggian yang salah

Agar AC tidak menganggu dan menghalangi fungsi lain di kamar tidur, tempatkanlah pada ketinggian yang tepat.Hal itu penting untuk memastikan agar AC tidak menghalangi akses jalan Kamu diruangan tersebut.

Tinggi ideal memasang unit AC yaitu beberapa jengkal di atas kepala orang dewasa. Pemasangan AC di area yang tinggi juga berguna agar udara yang dihasilkan bisa menyebar ke seluruh ruangan.


No comments for "Awas!! Posisi Pemasangan AC Yang Harus Dihindari"