10 Rekomendasi Tanaman hias berdaun lebar untuk hiasan rumah

Saat ini tanaman hias untuk hiasan rumah bukanlah hal baru lagi. Bahkan perkembangannya juga makin pesat dan semakin tren di kalangan masyarakat. Tidak hanya menjadikan suasana makin asri dan cantik, adannya tanaman hias juga menambah inspirasi tersendiri untuk yang memandang. Tidak hanya itu ada, sebagian tanaman bahkan memberikan manfaat untuk meningkatkan kualitas udara disekitar rumah.

Tanaman hias sendiri sangat beragam jenisnya. Ada tanaman hias bunga, tanaman hias daun, tanaman hias batang, tanaman hias akar dan tanaman hias buah. Namun, akhir- akhir tanaman hias daun lebar tengah menjadi primadona. Secara garis besar, tanaman hias daun merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki keindahan dan ciri khas pada bagian daunnya.

Di Indonesia, terdapat banyak pecinta tanaman hias daun lebar. Daya tarik dari daun-daunnya yang kehijauan dan memiliki corak atau bentuk yang unik. 

1. Kuping gajah

Anthurium crystallinum atau kuping gajah, memiliki bentuk daun sesuai namanya yang membentuk seperti kuping seekor gajah. Sekilas tanaman ini seperti tanaman keladi. Bedanya, tanaman ini memiliki daun lebar berbentuk jantung rupanya hijau tua dengan urat hijau muda keputih- putihan. Pada daun ada goresan uratnya yang menonjol bercorak putih seperti kristal maka dinamai crystallinum.




2. Caladium

Caladium merupakan bagian dari keluarga talas- talasan atau famili Araceae. Warna serta bentuk daunnya yang cantik membuat keladi banyak disukai dan dijadikan hiasan ruangan. Beberapa jenis keladi memiliki warna solid, 2 warna solid dengan pertulangan daun berbeda, sampai lebih dari 2 warna dalam satu daun. Di Indonesia sendiri, keladi sangat gampang dijumpai meski bukan tanaman asli dari Indonesia.




3. Monstera

Daun tanaman berwarna hijau, dengan ukuran lebar dan bentuk yang unik ini bernama Monstera atau Monstera Deliciosa. Monstera merupakan spesies tanaman merambat/ semak tropis hijau yang berasal dari Amerika Tengah. Monstera memiliki ukuran raksasa dengan ciri khas daun yang berlubang dan memiliki kemampuan untuk tumbuh puluhan meter. Ciri khas tanaman Monstera deliciosa terletak pada bentuk daunnya yang cukup unik. Daunnya berbentuk bulat serta lebar dengan sobekan-sobekan natural yang mencirikan setiap jenis atau varietas monstera tertentu.




4. Anthurium jenmani

Anthurium jenmani atau yang sering dikenal dengan jemani merupakan tanaman yang sangat banyak dicari oleh orang- orang. Tanaman ini memiliki tampilan daun dengan kesan kokoh dan elok. Warna daunnya hijau cenderung tua dengan tekstur tebal sehingga tidak mudah rusak seperti sobek maupun patah. Jenis ini memiliki daun yang lebat sehingga bisa memberikan kesan sejuk ketika diletakkan di dalam sebuah ruangan.




5. Aglonema

Tanaman hias jenis aglonema ini memiliki warna serta corak daun yang cantik. Dedaunan aglonema dapat berupa kombinasi bintik-bintik merah, merah muda, perak, hijau, kuning atau krem yang mencolok dan dapat digunakan untuk menghidupkan dan mewarnai rumah. Tanaman aglonema ini pula dapat memberi manfaat jika di taruh dalam ruangan. Karena dapat menyerap polutan sehingga membuat udara di sekitar menjadi bersih.




6. Gelombang cinta

Siapa yang tidak tahu dengan tanaman hias yang satu ini? Gelombang cinta sempat naik daun sekitar tahun 2007-2008 serta sekarang dijual dengan harga yang tidak semahal dulu. Gelombang cinta dianggap memiliki bentuk daun yang cantik karena memiliki efek bergelombang dengan daun yang lebar, dan memiliki bentuk urat yang menonjol. Biasanya tanaman ini digunakan sebagai tanaman hias indoor ataupun outdoor.




7. Begonia

Selain mudah sekali hidup, tanaman hias bernama begonia ini pula memiliki warna bunga yang menarik dan cocok tumbuh di daerah tropis. Tanaman ini juga sangat mudah ditanam dan dirawat. Tanaman begonia memiliki berbagai macam jenis sehingga menjadikannya salah satu tanaman yang sangat cocok untuk hiasan ruangan.




8. Janda bolong

Tanaman janda bolong, merupakan tanaman hias yang populer pada masa pandemi Covid- 19. Tanaman ini masih masuk dalam keluarga monstera. Tanaman yang memiliki nama lain Monstera adansonii ini mempunyai bentuk daun yang unik, yakni dihiasi lubang-lubang pada permukaan tengah daunnya. Jadi tak sampai sobek-sobek yang membentuk jari- jari pada pinggir daun. Dilihat dari ukuran daunnya pun lebih kecil serta memiliki gradasi warna hijau tua dan muda.




9. Canna

Tanaman hias canna atau pisang brazil ini masih kerabat dekat keluarga jahe, sehingga keduanya masih memiliki banyak kesamaan. Daun Canna yang lebar berbentuk seperti dayung, biasanya berwarna hijau. Tetapi ada beberapa spesies Variegata yang daunnya berwarna merah ataupun coklat. Jenis tanaman ini juga tumbuh subuh secara kelompok dan menyukai sinar matahari.




10. Calathea

Calathea merupakan salah satu tanaman hias daun yang kini banyak dicari banyak orang. Calathea ini termasuk jenis tanaman dari famili Marantaceae. Terdapat puluhan spesies Calathea. Di daerah asalnya, di Amerika Selatan, daun Calathea banyak dijadikan kerajinan tangan seperti anyaman serta pembungkus makanan. Biasanya tanaman hias ini memiliki daun yang lebar berbentuk elips atau oval memiliki daun keunguan dengan corak bergaris berwarna merah muda. 



No comments for "10 Rekomendasi Tanaman hias berdaun lebar untuk hiasan rumah"

Berlangganan via Email