Penanganan Gigi Berlubang sebaiknya dicabut atau ditambal ?

Gigi berlubang merupakan suatu keadaan dimana terdapat sisa makanan yang tertinggal pada gigi. Adanya sisa makan tersebut memciu bakteri pada mulut intuk memproduksi asam dan setelah itu berganti menjadi plak. Plak pada gigi lama- kelamaan akan mengakibatkan gigi berlubang ataupun penyakit pada gigi yang lainnya.



Nyaris sebagian besar manusia pernah merasakan betapa menderitanya sakit gigi. Tidak cuma rasa perih yang mencapai ubun- ubun, akan tetapi sakit gigi juga dapat membuat Kamu tersiksa sampai sulit melakukan kegiatan sehari- hari seperti makan serta berbicara.

Pastinya sakit gigi menjadi mimpi buruk yang sering dihindari oleh seseorang. Walaupun demikian, nyatanya banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit gigi.

Ya, salah satu pemicu gigi berlubang yaitu gula. Tanpa disadari konsumsi gula yang kerap kita konsumsi tiap hari, dapat menimbulkan kerusakan pada gigi Anda. Banyak santapan yang mempunyai kandungan gula tersembunyi yang akan menjadi petaka bila Anda tidak menyadarinya

Gigi berlubang dapat dialami oleh anak- anak, anak muda, dewasa bahkan pada lanjut usia. Ciri dan juga gejala pada gigi berlubang adalah gigi terasa sakit, tampak jelas adanya lubang pada gigi, adanya bercak ataupun bintik abu- abu atau kehitaman pada gigi, bau mulut, gigi sensitif, dan juga rasa tidak nyaman pada mulut.


Tindakan yang bisa dilakukan untuk gigi berlubang beragam tergantung kondisi gigi, seperti:

1. Kerusakan gigi dini( ringan): akan diberikan gel flourider supaya tidak terjadi kerusakan yang lebih lanjut

2. Kerusakan gigi yang berlubang sampai dengan lapisan enamel dan dentin: hendak dilakukan penambalan

3. Kerusakan gigi yang sudah mengenai pulpa: hendak dilakukan perawatan akar gigi

4. Gigi berlubang serta rusak parah: hendak dilakukan pencabutan gigi


Untuk itu, sebaiknya segera memeriksakan gigi Anda ke dokter gigi terdekat untuk mengetahui jenis tindakan dan juga pengobatan yang Akan diberikan untuk Anda. Sehingga keluhan yang Anda rasakan dapat membaik dan teratasi.

Upayakan tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi, sikat gigi sesudah makan dengan pasta gigi yang cocok dengan kondisi gigi dan mulut Anda, jaga kerbersihan gigi dan mulut, hidari minuman bersoda/ alkohol/ kafein, dan lakukan olah raga.

Mudah- mudahan bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung kesitus kami.

No comments for "Penanganan Gigi Berlubang sebaiknya dicabut atau ditambal ?"

Berlangganan via Email