Makanan Terwajib Ada Saat Lebaran

Lebaran sebentar lagi! Idul Fitri merupakan momentum suci nan agung. Umat Islam di seluruh penjuru Tanah Air pastinya memiliki cara tersendiri untuk menyambut datangnya hari kemenangan tersebut. Tidak hanya mempersiapkan pakaian baru, Lebaran juga disambut dengan berbagai macam menu khas yang menggoyang lidah.

Menghidangkan menu spesial Lebaran seakan sudah menjadi suatu keharusan. Tanpanya, perayaan Lebaran terasa kurang semarak. Makanan biasanya dinikmati bersama keluarga besar sembari berbincang.

Lalu, apa sja menu makanan yang umumnya ada pada saat Lebaran? yaitu sebagai berikut :

1. Ketupat

Perayaan hari raya Idul fitri rasanya belum lengkap apabila tidak ada ketupat. Begitu pula dengan ketupat yang sudah sangat identik dengan perayaan hari raya lebaran ini. Ketupat merupakan jenis makanan yang dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa (janur) yang dibuat berbentuk kantong yang kemudian dimasak, dalam Pembuatan ketupat cukup memakan waktu, Sedikitnya perlu waktu 4 sampai 9 jam untuk merebus beras menjadi ketupat.

Sejarawan Universitas Padjadjaran Bandung Fadly Rahman mengatakan, menurut cerita rakyat, ketupat berasal dari abad ke- 15 hingga ke- 16, semasa hidup Sunan Kalijaga." Sunan Kalijaga menjadikan ketupat sebagai budaya sekaligus filosofi Jawa yang berbaur dengan nilai keislaman," kata Fadly yang juga menulis buku Jejak Rasa Nusantara: Sejarah Makanan Indonesia. Lebih lanjut, ketupat mewakili dua simbolisasi, yakni ngaku lepat yang artinya mengakui kesalahan, dan laku papat atau empat laku yang juga tecermin dari wujud empat sisi ketupat. Empat laku atau sisi dari ketupat bukan hanya karena bentuknya yang segi empat, melainkan terdapat empat makna yang mengartikan:

* Lebaran( kata dasar lebar) berarti pintu ampun yang dibuka lebar terhadap kesalahan orang lain.

* Luberan( kata dasar luber) berarti melimpahi, memberi sedekah kepada orang yang membutuhkan.

* Lebaran( kata dasar lebur) berarti melebur dosa yang dilalui selama satu tahun.

* Laburan( kata lain kapur) ialah menyucikan diri, putih kembali layaknya bayi.

Bahan- bahan yang diperlukan adalah seperti janur kelapa muda, beras, kapur sirih, dan garam.


2. Opor Ayam

Santapan wajib lainya saat Lebaran adalah opor ayam. Santapan ini kerap disandingkan dengan ketupat pada saat Lebaran. Menu ini menjadi hal yang harus ada saat Lebaran tiba. Santapan ini berbahan dasar daging ayam, santan dengan campuran rempah- rempah lainnya. Tidak hanya pada saat Lebaran, santapan yang mempunyai cita rasa khas gurih ini juga bisa Kamu jumpai pada hari- hari biasa.

Bahan:

1 ekor ayam kampung, potong- potong, mencuci bersih

3 sdm minyak, buat menumis

500 ml air

1 lt santan lagi dari 1 butir kelapa

3 lembar daun salam

3 lembar daun jeruk 2 batang serai, memarkan

1 ruas jari lengkuas, memarkan 1/ 2 sdt gula pasir

1 sdt kaldu bubuk praktis rasa ayam Bumbu halus 10 butir bawang merah

8 siung bawang putih

1 sdm merica

1 sdm ketumbar

2/ 4 sdt jintan

2/ 4 biji pala

1 bunda jari jahe

1 bunda jari kunyit

50 gr kemiri

Garam secukupnya

Cara membuatnya:

    1. Tumis bumbu halus dengan daun salam, daun jeruk, serai, serta lengkuas sampai harum. Masukkan         ayam, aduk sampai berganti warna.

    2. Tuang air, masukkan asam jawa, gula pasir, serta kaldu bubuk, aduk kembali. Masak dengan api            lagi sampai ayam lunak serta air menurun.

    3. Tambahkan santan, masak kembali sampai matang serta bumbu menyerap. Angkat, taburi dengan         bawang goreng. Sediakan.


3. Rendang

Makanan yang berasal dari Padang ini ialah makanan yang sudah mendunia. Makanan ini bahkan dikenal menjadi salah satu makanan terenak di dunia dari negara lain.

Lebaran memanglah identik dengan berbagai kuliner. Jika Kamu membuat kue nastar sebagai cemilan, Kamu juga bisa membuat rendang sebagai makanan berat untuk dimakan di hari raya. Isian rendang sebenarnya bisa bermacam- macam, seperti daging, telur, tempe, ayam. Akan tetapi saat lebaran, biasanya orang lebih identik membuat rendang daging yang menggunakan daging sapi.

Rendang biasanya bisa dibuat dari daging sapi ataupun kerbau menggunakan berbagai bumbu rempah. Makanan ini dihasilkan dari proses masak yang dipanaskan berulang- ulang dengan santan kelapa.

Bumbu- bumbu yang biasanya digunakan pada rendang antara lain cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe dan bawang. Rendang mempunyai cita rasa khas campuran dari berbagai macam rempah, akan tetapi rasa yang dominan ialah asin, manis, dan gurih.


4. Sambal Goreng Kentang Ati

Salah satu hidangan yang sering ada disaat lebaran dan relatif cukup mudah dimasak yaitu sambal goreng kentang hati sapi. Kadangkala bisa dilengkapi juga dengan petai jika kamu suka. Supaya lebih terjangkau, kamu bisa mengganti hati sapi dengan ati ampela ayam.


5. Jenis Kue Lebaran

Begitu banyak jenis-jenis kue yang ada dimeja saat lebaran saking banyaknya sampai pusing harus makan yang mana terlebih dahulu. Akan tetapi kue yang identik atau pasaran yang selalu ada disetiap rumah sebagai berikut : 

* Kue Kastangel

Kue Kastangel ialah kue kering yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan juga parutan keju. Kue yang berbentuk lonjong seperti stick ataupun batang dengan taburan parutan keju chedar diatasnya ini menjadi salah satu kue favorite untuk hari raya besar seperti hari raya Idul fitri dan Idul Adha.

* Kue Salju

Kue yang berbentuk bulan sabit berwarna putih dengan cita rasa manis. Kue ini dibuat dari adonan tepung, margarin, telur, gula halus, dan bahan lainnya ini sangat mudah kita temui di hari Lebaran.

* Kue Nastar

Kue nastar, kue berbentuk bulat dengan warna kuning keemasan mengkilap di permukaan atasnya. Berisi selai nanas yang manis serta gurih dan terkadang terselip hiasan cengkeh diatasnya. Dibuat dari adonan tepung dan margarin dengan teknik khusus saat pembuatannya, membuat kue ini saat dimakan begitu gurih, manis, dan lembut di mulut.

* Kacang- kacangan

Saat lebaran, kacang biasanya disajikan sebagai pelengkap kue kering yang manis seperti kacang bawang, kacang tanah goreng, dan kacang mete.



Berlangganan via Email