Agar tubuh sehat saat berpuasa konsumsi 6 nutrisi berikut




Apa sih nutrisi itu? 

Nutrisi biasa disebut dengan istilah Gizi. Nutrisi atau gizi adalah kandungan zat dalam makanan sehat yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan organ tubuh secara optimal.

Memiliki tubuh yang sehat jelas merupakan impian setiap orang. Impian ini dapat diwujudkan dengan menerapkan pola hidup sehat. Salah satu pola hidup sehat yang paling mudah untuk diterapkan yaitu mengkonsumsi makan-makanan bergizi dan kaya nutrisi.

Kebutuhan akan makanan sehat saat berpuasa menjadi semakin penting mengingat asupan nutrisi yang diperlukan tubuh hanya bisa didapatkan dari dua kali waktu makan saja, yakni saat sahur dan berbuka. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ini penting terpenuhi bukan hanya untuk menghilangkan lapar dan dahaga tapi juga untuk membuat tubuh jadi lebih sehat.

Macam-macam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh yaitu:

1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh untuk menjalankan berbagai aktivitas. 
Tubuh membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi utama. Tanpa asupan karbohidrat yang cukup, kamu akan merasa kurang bertenaga dan lesu.

Jenis makanan sumber karbohidrat terutama berasal dari biji-bijian, umbi dan kacang-kacangan.

Contoh: Nasi, Ubi, singkong, pisang, gandum, jagung, kurma, kentang dan 
sebagainya.

2. Vitamin

Vitamin adalah zat gizi penting yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh, berkembang, dan menjalankan fungsinya dengan normal.
Tanpa vitamin manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya tidak akan dapat melakukan aktifitas hidup dan kekurangan vitamin dapat menyebabkan memperbesar peluang terkena penyakit pada tubuh kita. Vitamin ada banyak macam dan manfaatnya masing-masing. Vitamin sendiri banyak bersumber dari buah-buahan dan sayur-sayuran.

Contohnya adalah kegunaan vitamin A, C dan E yang membantu mencegah penyakit arteri koroner, dimana ketiganya terus memperkuat dinding arteri. Selanjutnya, yaitu vitamin B1 yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dan syaraf tubuh Anda.

Vitamin B2 membantu menormalkan pertumbuhan sel. Vitamin B3 berfungsi sebagai detoksifikasi bagi tubuh Anda. Kemudian, vitamin D membantu penyerapan kalsium dan vitamin K dapat membekukan darah.


3. Protein

Protein adalah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi protein untuk tubuh yaitu mengatur metabolisme dalam tubuh agar selalu optimal, membentuk sel dan jaringan baru pada tubuh, juga membantu sistem imunitas. 

Menurut sumbernya, protein dapat dibedakan menjadi nabati dan hewani. Jenis protein nabati yang dapat dikonsumsi diantaranya adalah kacang-kacangan, padi-padian dan sayur mayur. Sementara itu, konsumsi protein hewani dapat Anda penuhi dari daging hewan. Namun, konsumsi protein dalam bentuk daging sebaiknya juga dilakukan secukupnya guna meminimalisir resiko terserang kolesterol.


4. Lemak

Meskipun kata lemak lebih sering diasosiasikan sebagai sesuatu yang jahat, sebenarnya tidak semua lemak buruk. Sedikit lemak adalah bagian penting dari pola makan yang sehat dan seimbang. Sebab, lemak adalah sumber asam lemak esensial, yang tidak dapat dibuat oleh tubuh sendiri.

Lemak adalah nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Lemak memiliki beberapa jenis, mulai dari lemak yang baik bagi tubuh hingga lemak jahat yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Contoh lemak sehat diantaranya seperti buah alpukat, ikan, minyak zaitun, telur, coklat hitam dan keju.


5. Mineral dan trace elemen lainnya

Mineral juga sangat penting untuk pertumbuhan dan proses metabolisme dalam sel tubuh kita, mulai dari rambut, kulit, tulang hingga sel darah membutuhkan Mineral dalam kesehariannya. Mineral juga meningkatkan fungsi saraf dan membantu mengubah makanan menjadi energi.

Kedua mineral tersebut dapat Anda temukan pada makanan yang dikonsumsi, namun akibat trace elemen tubuh hanya membutuhkannya dalam jumlah sedikit. Nutrisi terakhir yang juga dibutuhkan oleh tubuh Anda yaitu garam. Namun, dalam mengkonsumsi nutrisi yang satu ini tidak boleh melebihi 2400 miligram per hari karena dapat meningkatkan tekanan darah.


6. Air

Air didalam tubuh memiliki fungsi penting di antaranya membawa nutrisi dan oksigen ke dalam sel-sel tubuh, mengatur suhu tubuh, membantu proses pencernaan dan masih banyak lainnya.
Disamping itu, air juga dapat mengontrol jumlah kalori, memperlancar fungsi ginjal, meningkatkan energi hingga membuang racun.

Kekurangan air bisa menyebabkan gangguan dan kerusakan pada banyak sel dan organ seperti otak, mata, darah, dan saluran pencernaan.

Ciri-cirinya bisa terlihat dari daya konsentrasi yang lemah, moody, mata kering, darah kental, tekanan darah rendah, konstipasi, air kencing yang kuning, sakit batu ginjal, dan sakit ketika kencing.

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami.

No comments for "Agar tubuh sehat saat berpuasa konsumsi 6 nutrisi berikut"

Berlangganan via Email