Solusi Terbaik Memperbaiki Amplifier Mobil yang Tidak Ada Suaranya Kedip Merah menyala

Beberapa masalah umum yang sering terjadi pada sebuah amplifier mobil adalah dengan tidak adanya suara yang keluar dari ampli tersebut. Seringkali kebanyakan orang tidak akan melakukan perbaikan dikarenakan mahal biayanya, maka dari itu saya akan membagikan sedikit pemahaman mengenai perbaikan amplifier mobil. Penyebab rusak nya ampli pada mobil sering terjadi di bagian non internal seperti slot jack penghubung rusak slot jack yang rusak untuk apa di bawa ke tempat servis? benakan saja sendiri bisa jadi menghemat biaya pengeluaran.

Lalu masalah apa saja yang menyebabkan amplifier mobil cepat rusak dan bagaimana cara mengatasinya? berikut akan saya bagikan sedikit dari pengalaman saya :

8 Masalah Yang Sering Terjadi Pada Amblifier Mobil dan Cara Mengatasinya


1. Power Suplay Tidak Menyala

Power suplay yang tidak menyala bukan berarti ampli tersebut dalam kondisi rusak hanya aja ada hal hal yang menyebabkan ini terjadi seperti:
  • Cek power ground yang terhubung pada body mobil apakah baut dalam kondisi karat atau dalam kondisi tidak layak pakai bersihkan baut penghubung grond yang sudah karat tersebut
  • Cek kabel biru REM apakah sudah terkoneksi dengan antara head dengan unit power. REM sendiri berfungsi untuk memutus power ketika head unit pada posisi off
  • Cek skrin B+ yang menuju amplifier

Cara Mengatasi Power Suplay tidak Menyala dengan Baik

  • Cek apakah skrin pada amplifer dalam kondisi baik atu oputus akibat terjadinya konsleting arus pendek
  • Permasalahan ini terjadi adanya konsleting arus pendek coba ganti skrin terlebih dahulu
2. Power Amplifier Berproteksi Aktif

Lampu kedip menyala yang berarti power proteksi aktif hal ini menandakan adanya permasalahan pada amplifier tersebut yang menyebabkan audio dari ampli tidak keluar. Perlu kamu ketahui sistem proteksi aktif ini merupakan sitem bawaan pabrik yang memberitahuan adanya permasalahan pada ampli tersebut.

apa yang menyebabkan terjadinya sistem protek pada amplifier aktif dengan sendirinya lalu bagaimana cara mengatasinya?
  • hal pertama yang harus di lihat penyebabnya adalah Impedansi speaker (Ω) yang tak sesuai dengan ketentuan power ampli.
  • Mungkin cara bridge Anda salah jika dibridge, baca ketentuan pabrik bagaimana cara bridge power audio mobil yang betul. Kesalahan ini juga bisa menyebabkan sistem protek aktif.
  • Kemungkinan ada kabel speaker yang koslet atau speaker terbakar juga bisa. Periksa kabel speaker dan speakernya.
Kadang sistem protek juga bisa aktif dikala kita sedang membesarkan volume ampli loh. Adapun penyebab proteksi pada ampli aktif dikarnakan massa awet pada modul sudah berakhir dan harus diganti.

3. Suara Audio Pecah, Ngegeresek, Renyek
  • Suara audio yang ngeresek atau pecah disebabkan karena adanya kesalahan ipedansi. cara mudah mengatasi gemeresek nya seperti ini.
  • Daya speker yang tak sesuai dengan daya ampli pada mobil.
  • Kualitas speaker yang rendah, harga dari ampli tidak bisa berbohong loh harga mahal pasti kualitas mahal juga dapat di percaya dan di pertangung jawabkan oleh penjual
  • Nah apabila suara dari subwofer yang pecah lakukan cara dengan mengatur LPF memilih frekuensi yang lebih rendah.
4. Power Amplifier Mati dan Cepat Panas
  • Ampli yang cepat panas yang dapat menyebabkan proteksi aktif ini menyebabkan mati sendiri pada ampli hal ini di sebabkan oleh adanya bukaan gain yang terlalu besar. Tahukah kamu bukaan gain yang terlalu besar akan memudahkan transistor pada output menjadi berat hingga kepanasan dan menyebabkan ampli mati. Seting gain pada ampli pada posisi 2 memang sudahlah cukup besar.
  • Kesalahan yang terjadi juga karena ipedansi yang dibiarkan lama lama yang menyebabkan power ampli dan speaker rusak.
5. Suara Power Menurun padahal Sudah di seting se Maximal mungkin

Pada ampli ada beberapa powe signal yang secara otomatis akan membatasi apabila terjadinya overheat. Hal ini sangatlah bermanfaat bagi kita karena dengan adanya ini maka secara otomatis kita tidak usah khawatir akan terjadinya permasalahan di area speaker, head unit, dan isntalasinya.

Kerusakan pada potensio again dapat menyebabkan terjadinya suara yang keluar pada speaker mengecil. Kerusakan dari gain dapat di coba dengan memutar potensiogain apakah putaran pada potensiometer tersebut longak ataukah ada suara gemeresek pada saat memutarnya? hal ini bisa saja yang menyebabkan meurunnya suara spearker.

6. Penyebab Skrin Putus Pada Saat di Ganti

Penyebab terjadinya skrin putus berulang kali saat diganti adalah kondisi modul yang sudah tidak layak pakai. akibatnya skrin bis putus lagi putus lagi. Maka dari itu langkah terbaik adalah mengganti modul baru atau mengganti ampli mobil yang baru.

7. Amplifier Dapat di Hidupkan tetapi Tidak Ada Suara yang Keluar

Hal yang harus di perhatikan ketika ini terjadi adalah memastikan apakah power yang masuk pada ampli tersebut apakah sudah sesuai dengan nemplate. bukan hanya itu saja melaikan dengan mencoba mengecek kabel Rca jalur input ada yang longar atau tidak.

8. Ada Suara dengung pada Amplifier

Suara dengun pada umumnya muncul apabila saat mobil di hidupkan dan ada pula mengenai ground pada ampli tidak terpasang dengan baik, kabel RCa yang putus di jalur ground dan ada pula masalah pada pengapian sistem mobil kamu.

Itulah beberapa permasalahan yang sering terjadi pada amplifier mobil. Semoga bermanfaat dan bagikan artikel ini ke teman teman semua.

No comments for "Solusi Terbaik Memperbaiki Amplifier Mobil yang Tidak Ada Suaranya Kedip Merah menyala"

Berlangganan via Email