Sejarah Mesin Bubut dan Penemu Pertama Mesin Bubut

Tahukah kamu mesin bubut merupakan mesin untuk mengikis suatu benda yang di putar oleh motor mesin. Cara kerja mesin bubut sendiri dengan cara memutar benda kerja kemudian mengikis demi sedikit benda kerja dengan pahat. Benda kerja yg berputar di sebut pergerakan potong relatif sedangkan pahat di sebut gerakan translasi atau pergerakan umpan.

Mesin bubut adalah mesin yang sangat kuno. Keberadaan mesin bubut pertama di yakini ada pada masa 1300SM di daerah mesir kuno. Ada juga yang menyebutkan mesin ini hadir pada abad ke 13. Bukti artefak nya di temukan saat abad ke 6 di Italia.

Pada masa masa perang negara tiongkok menggunakan mesin bubut untuk menajamkan alat perang mereka.

Henry Maudslay adalah salah satu inivator alat mesin dari Inggris. Peralatan mesin bubut moderen, snai, dan cutting di temukan oleh beliau. Dia di julki bapak teknologi alat mesin yang menjadi peralatan yg wajib da si sebuah industri perusahaan.

Henry Maudslay lahir pada tgl 27 Agustus 1771 ayah nya sendiri adalah tukang roda pengantar kayu, sedangkan ibunya hanya seorang tukang cuci keliling.

Dia mulai bekerja di umur 12 tahun dimana dia bekerja di salah satu pabrik biji besi di kota Arsenal. Pada saat umur jya menginjak 15 tahun dia di pindahkan ke toko pandai besi.

Pada tahun 1800 henry maudslay mmengembangkan industri mesin bubut skrup yang memungkinkan terjadinya standarisasi pada baut skrup hingga saat ini dan termasuk baud skrup ulir pertama kalinya.

Pada tahun 1791 dia membuat sebuah mesin bubut atau bisa kita sebut screw cuthing lathelathe,  alat buatanya pun berkembang di inggris.

Mesin pemotongan skrup pertama yang di ciptakan henry pada tahun 1797. Ia berhentu  ekerja di salah satu perusahaan di Inggris pada saat itu ia lebih memilih untung mengembangkan alat mesin bubutnya.

Mekanisme Alat Mesin Bubut Era Modern


Mesin bubut era modern seperti sekarang ini yang menggunakan sistem mekanisme rack & pinion adalah temuan Henry. Di era moderen ini modifikasi modifikasi di lakukan pada alat mesin bubut yang di tambahkan mesin listrik. Pada jaman henry untuk menjalankan mesin bubut di butuhkan tenaga kincir air.

Dengan mengatur kecepatan pada benda kerja, kemudian menepatkan pahat dengan pengukuran yang pas akan mendapatkan hasil ulir yang kita inginkan.

Kecepatan pada benda kerja bisa di atur dalam roda gigi tuas yang ada pada mesin bubut modern. Pada umumnya roda gigi pada mesin bubut sangat bervariasi jumlah nya.

Prinsip Kerja Mesin Bubut


Pada saat poros bekerja piringan pada spindel akan bekerja hal ini membuat benda kerja memutar roda gigi pada poros spindel. Melalalui roda gigi penghubung putaran akan di alirkan ke roda gigi poros ulir yang kemudian di ubah menjadi gerak translasi. Hal ini akan mengakibatkan benda kerja yang ter sayat kemudian akan menjadi uliran.

Bagian yang Ada pada Mesin Bubut

Mesin bubut terdiri dari meja dan kepala cak atau biasa di sebut kepala tetap yang berfungsi untuk menempelkan benda kerja, Di dalam nya terdapat benda kerja seperti transmisi roda gigi untuk memutar spindel. 

No comments for "Sejarah Mesin Bubut dan Penemu Pertama Mesin Bubut"

Berlangganan via Email