Jenis Mesin Bubut dari Harga Murah Sampai yang Termahal di Indonesia

Jenis Mesin Bubut - Mesin bubut adalah sebuah mesin pemotong atau pengikis suatu bendabyang berbahan dari besi dll. Cara kerja dari mesin bubut adalah benda kerja yang di cekam kemudian di putar dengan spindel yahg menghasilkan perputaran pada benda kerja tersebut. Benda kerja yang berputar kekudian di tabrakan dengan pahat yang membuat pengikisan pada benda kerja.

Mesin bubut secara garis besar di bedakan beberapa jenis ada 7 jenis mesin bubut yang ada di negara kita yaitu:

1. Mesin Bubut Ringan

Mesin yang digunakan hanya dalam pembubutan ringan. Pembubutan ringan yaitu pembubutan yang dilakukan di benda yang kecil saja. Bukan hanya itu mesin bubut ringan ini juga bisa di gunakan untuk pembelajaran dalam proses menjalankan mesin bubut.

Ukuran dari mesin bubut ini tidaklah terlalu besar melainkan kurang lebih hanya 1/2 metersaja. Dari bentuknya yang sederhana ini kita jadi dapat memahami bagaimana cara kerja mesin bubut ringan.

2. Mesin Bubut berukuran Sedang

Mesin bubut berukuran sedang ini lebih besar ukurannya ketimbang mesin bubut yang ringan. Mesin bubut ini sudah di lengkapi dengan beberpa mechanical nya yang memudahkan kita dalam menggunakannya bagian bagian pada mesin bubut ini juga mudah sekali di pahami.

Mesin bubut ini sudah bisa di gunakan untuk mengikis benda kerja yang diameternya hanya 20cm. Mesin bubut ini sudah banyak di jual di toko online dengan harga yang terjangkau.

3. Mesin Bubut Standar Lathe

Mesin bubut standar lathe adalah jenis mesin bubut yang di sediakan di pabrik kecil maupun pabrik besar. Karena dari kegunaan mesin bubut standar lathe ini yang cukup lengkap dilengkapi dengan adanya lampu penerangan, hendel otomatis, hendel pengereman dan lain sebagainya.

4. Mesin Bubut Long Bed Lathe

Jenis mesin bubut ini kebanyakan di gunakan di pabrik pabrik besar yang memungkinkan pengerjan benda kerja yang besar serta berukuran panjang. Mesin bubut ini sudah di lengkapi dengan kecepatan otomatis dan mudah di pahami cara kerjanya.

Mesin yang terolong mahal ini mungkin saja hanya di beli oleh kalangan pabrik industri dengan harga nya yang sangatlah mahal.

5. Mesin Bubut Center Lathe

Mesin bubut ini terdiri dari berbagai macam bentuknya. Kebanyakan mesin bubut center ada di industri kecil maupun besar. Mudah di gunakannya adalah menjadi daya tarik tersendiri dari mesin bubut center lathe. Cara kerja dari mesin bubut ini menggunakan poros spindel.

Dari poros spindel itu mempunyai sebuah chuck yang dapat mencekam benda kerja yang akan kita bubut.

6. Mesin Bubut Belt

Mesin bubut yang dilengkapi dengan belt yang berfungsi untuk memutar roda gigi. Mesin  ubut ini sudah jarang di temukan karena membahayakan oprator. Penggunaan belt dan roda gigi di luar lah yang berbahaya tidak di gunakan cover penutup dari belt dan roda gigi ini sangatlah berbahaya untuk oprator yang menjalankan mesin.

mesin bubut ini sudah ada inovasi nya yg lebih aman seperti mesin bubut center.

7. Mesin Bubut Boring dan Milling Robotic

Mesin bubut borring ini bisa disebut mesin bor yang dapat di jalankan secara otomatis. Mesin yang dijalankan menggunakan sistem robotic ini dapat memudahkan oprator dalam penggunaan nya. Hanya dengan mendisain bagaimana benda kerja yang akan di bubut mesin robot milling bubut ini dapat dengan otomatis membentuk benda kerja yang akan di buat.

Mesin bubut termahal yang ada ini di gunakan di kalangan pabrik pabrik besar yang ada di indonesia.

Itulah beberapa jenis mesin bubut dari yang termurah hingga yang termahal. Semoga bermanfaat dan bagikan keteman teman pembaca setia kami.

No comments for "Jenis Mesin Bubut dari Harga Murah Sampai yang Termahal di Indonesia"

Berlangganan via Email