Cara Mengedit Livery BussID Pakai Photoshop



Bus Simulator Indonesia merupakan sebuah game android yang memiliki fitur – fitur keren dan banyak diminati oleh penggemar Indonesia. Fitur keren tersebut di antaranya adalah latar yang bertempat di Indonesia. Fitur tersebut dibarengi dengan jalan permainan yang mengharuskan pemainnya berkeliling ke berbagai penjuru Indonesia. Cocok dimainkan dalam kondisi pandemi seperti ini yang memaksa untuk tetap di rumah dan tidak bisa jalan – jalan.

Fitur keren lainnya adalah fitur mendesain livery BussID sendiri. Game ini memberikan ruang bagi para pemainnya untuk bisa berkreasi memodifikasi livery bus sesuai dengan selera masing – masing. Pemain hanya perlu mengunduh template livery BussID yang telah banyak tersedia di internet dan kemudian mengeditnya. Untuk mengedit sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan Photoshop. Berikut adalah langkah mengedit menggunakan Photoshop.

1.      Siapkan perangkat lunak Photoshop di PC. Siapkan pula template livery yang terdiri dari sejumlah bagian, depan, belakang, samping dan atas. Siapkan pula berbagai gambar tambahan, seperti logo, corak, ataupun motif tulisan yang akan di masukkan ke dalam template.

2.      Buka Photoshop
3.      Geser template ke dalam Photoshop atau bisa dengan klik “File”, kemudian “Open” dan pilih template livery
4.      Buat bagian depan terlebih dahulu. Bagian depan terdiri dari bagian kaca dan bagian badan. Bagian kaca bisa dibiarkan transparan atau diberi warna abu – abu atau hitam. Untuk bagian badannya bisa diberi logo bus ataupun tulisan penyemangat seperti “Doa Ibu”. Masukkan logo dengan cara menggeser gambar logo ke dalam Photoshop. Untuk mewarnai bisa digunakan Paint Bucket Tool atau kombinasi antara Magic Wand dan Brush Tool.
5.      Bagian belakang juga terdiri dari bagian kaca yang lebih kecil dan bagian bodi yang cukup besar. Biasanya warna kaca depan dan belakang sama, namun kebanyakan diberi warna hitam. Bagian badannya bisa diberi logo yang cukup besar.
6.      Bagian samping terdiri dari bagian kaca penumpang dan bagian badan. Bagian kaca penumpang bisa diberi gambar fitur – fitur dalam bus. Bagian badannya bisa diberi corak sesuka hati. Tuangkan kreasi pada bagian paling luas dari bus ini. Untuk membuat corak bisa menggunakan Pen Tool untuk membuat garis – garis. Pastikan garisnya tersambung seluruhnya. Kemudian klik kanan dan pilih Fill untuk mewarnai.
7.      Kumpulkan layer - layer yang ada menjadi satu grup.
8.      Pada bagian samping yang satunya, duplicate grup yang telah dibuat dengan menekan Ctrl+J. Kemudian, pilih Transition Tool atau klik Ctrl + T dan cerminkan gambar sehingga menghadap arah yang berbeda. Sesuaikan posisi grup layer ini ke dalam template gambar samping satunya.
9.      Simpan file dengan format PNG.

No comments for "Cara Mengedit Livery BussID Pakai Photoshop"

Berlangganan via Email