Bagian Bagian yang Terdapat pada Mesin Bubut

Sebelum kita mempelanari bagaimana cara menjalankan mesin bubut ada baiknya kita mengetahui bagian apa saja yang terdapat pada mesin bubut informasi ini sangat penting untuk kamu yang sedang memahami sejarah mesin bubut.



Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagian utama utama mesin bubut apa saja beserta fungsi nya. Mesin bubut terdapat 12 bagian. Bagian apa sajakah yang terpenting dalam mesin bubut ini :


  1. Cak Klem ( Kepala Tetap  ) 
  2. Motor Transmisi
  3. Tombol Emergency Stop
  4. Tuas
  5. Eretan
  6. Dudukan Pahat ( cak pahat  ) 
  7. Lampu
  8. Selang Pendingin
  9. Cak Bor titik center benda kerja
  10. Dudukan mesin
  11. Poros transportir
  12. Rem Kaki

Fungsi dari Bagian yang ada Pada Mesin Bubut Modern


1. Cak Klem

Cak Klem ini memiliki poros spindel dimana ketika poros spindel berputar maka cak kelm ini akan berputar. Di dalam kepala tetap ini terdapat pula transmisi motor pengeraknya. 

Untuk merubah kecepatan mesin bubut, pully akan di hubungkan dengan poros spindel melalui roda gigi di dalam gear box.

2. Motor Transmisi

Motor transmisi biasanya terdapat di bawah keala cak atau berada di bawah gear box fungsi dari motor transmisi ini merubah tegangan listrik menjadi energi mekanik yang akan memberikan tenaga mesin untuk bergerak. 

3. Tombol Emergency Stop

Tombol yang sangat berfungsi pada alat alat kerja untuk keselamatan. Dimana tombol yang di gunakan dalam keadaan darurat untuk mematikan mesin. 

4. Tuas

Tuas dari berbagai macam mesin bubut berbeda beda, tergantung dari jenis merek dan pembuatannya.Penggunaan tuas sangatlah mudah tergantung dari namplate yg sesuai di mesin bubut untuk fungsinya berikut ini:
  • Pengatur Kecepatan Spindel
  • Pengatur kecepatan pahat pengikis otomatis
  •  Pengaturan daya ulir
  •  Menyalakan dan Mematikan Mesin
  •  Pengatur arah putaran

5. Eretan

Ada 3 macam eretan, eretan lintang, eretan alas dan eretan atas

a. Eretan Lintang

Eretan ini berada di atas eretan alas dan posisi melintang dapat di gerakan ke depan maupun ke belakang secara manual maupun otomatis.

Eretan ini berguna untuk memakan pahat ke bagian yang akan di bubut. Pada bagian putar nya terdapat skala yang dapat mengatur berapa mili yang akan kita kikis.

b. Eretan Alas

Eretan ini berada paling bawah eretan yang berfungsi untuk mengerakan ke kiri maupun ke kanankanan sepanjang alas. Eretan yang dapat kita gunakan untuk mengikis ke arah dalam maupun luar. Dapat di gunakan secara maunal atau otomatis.

c. Eretan Atas

Eretan yang berada di paling atas dan di ikat oleh dua baut pengikat dan eretan ini berfungsi sebagai pembuat tirus yang sksls nya bisa di agur hinggak 360°

6. Cak Pahat

Cak pahat berada pada posisi eretan atas  cak ini berfungsi untuk memposisikan pahat yang akan di gunakan untuk mengikis benda kerja.

7. Lampu

Lampu hanya berfungsi untuk menerangi penerangan kamu apabila kamu sedang melakukan pembubutan dalam kondisi yang kurang terang. Kebanyakan penerangan wajib di gunakan agar saat melakukan pengikisan pada benda kerja yang harus tepat dalam pengikisan.

8. Selang Pendingin

Selang pendingin yang sudah di aliri air ini berfungsi sebagai pendingan apabila kita sedang dalam pengeboran benda kerja terhadap mesin bubut karena efek panas selang pendingin yang sudah di aliri air ini sangat berguna sekali loh.

Selang pendingin ini jarang di gunakan pada mesin bubut hanya dalam keperluan yang mendadak saja yang bisa di gunakan.

9. Cak Bor atau Titik Center


Cak bor ini berada di sebelah kanan tepatnya di atas alas mesin bubut, cak bor ini dapat di fungsikan untuk mengebor benda kerja atau menentukan titik center benda kerjan yang akan di bubut.

Kedudukan nya dapat berubah ubah sesuai yg di inginkan dapat di kunci menggunakan baut dan poros nyanyg berbentuk tirus dapat di gunakan sebagai titik center pada mesin bubut.

10. Dudukan Mesin

Dudukan mesin berfungsi sebagai tumpuan gaya pemakanan pada waktu pembubutan. Tidak hanya itu dudukan mesin juga berguna sebagai kedudukan eretan kepala lepas dan cak bor.

11. Poros Transportir

Poros transportir merupakan poros berulir panjang yang terletak di bawah eretan. Berfungsi sebagai pengerak eretan secara otomatis adapun poros pembawa yang berbentuk as panjang yang membentang di bawah ulir panjang nya.

Poros pembawa berfungsi sebagai  poros yang membawa eretan dan mengimbangi ulir loros transportir.

12. Rem Kaki

Rem Kaki di gunakan untuk menghentikan mesin. Rem ini sangat berguna untuk menghentikan sat pengerjaan pemahaatan dalam posisi tertentu.

Itulah pembahasan mengenai komponen penting pada mesin bubut dan fungsinya. Semoga bermanfaat dan bagikan ke teman teman yg lainnya. 

No comments for "Bagian Bagian yang Terdapat pada Mesin Bubut"

Berlangganan via Email