Kumpulan Komponen yg Ada Pada pada Elektronika Lengkap beserta Fungsinya

Pada saat kita menekuni elektronika, yang awal wajib kita lakukan merupakan mempelajari serta memahami terlebih dulu bagian- bagian dasar elektronika. Dengan seperti itu maka kita bakal lebih gampang menekuni elektronika serta membuat sesuatu sistem elektronika yang bisa diimplementasikan dalam kehidupan tiap hari. Berikut ini merupakan 5 tipe bagian dasar elektronika turut fungsi dan simbolnya yang wajib kalian tahu, terdiri dari Kapasitor, Induktor, Resistor, Dioda, serta Transformator.

5 Komponen Elektronika Beserta Fungsi dan Simbol


1. Kapasitor

Kapasitor ialah salah satu dari 5 bagian dasar elektronika yang gunanya berarti buat kalian ketahui sebab kerap dipakai. Kapasitor ataupun disebut pula dengan kondensator ialah bagian yang bisa menyimpan serta membebaskan muatan listrik.

Satuan dari kapasitor disebut dengan Farad, yang membuktikan keahlian kapasitor dalam menaruh muatan listrik ataupun kapasitansi. Farad didapat dari julukan Michael Faraday, seseorang ilmuan yang menciptakan kapasitor.

Simbol dan Gambar Kapasitor pada Elektronika


2. Induktor

Induktor merupakan bagian yang dipakai sebagai beban induktif. Induktor berperan bagaikan penyimpanan energi dimedan magnet dampak tegangan listrik yang melaluinya. Induktor yang sempurna terdiri dari kawat yang dililit tanpa terdapatnya angka ketahanan. Sifat- sifat listrik dari suatu induktor ditentukan oleh panjangnya induktor, diameter induktor, jumlah lilitan, serta bahan yang mengelilinginya. Angka induktansi suatu induktor diklaim dalam dasar Henry.

Simbol dan Gambar Induktor

3. Resistor

Resistor apabila diterjemahkan maksudnya tahanan ataupun hambatan, yang berperan untuk membatasi arus yang mengalir dalam sesuatu rangkaian tertutup. Kemampuan resistor membatasi sesuatu arus kita disebut ketahanan yang dinyatakan dalam dasar Ohm(Ω). Besarnya angka ketahanan sesuatu resistor bisa kita amati dari gelang- gelang corak yang ada pada badan resistor.

Simbol dan Gambar Resistor

4. Dioda

Dioda merupakan bagian elektronika yang berperan untuk mengahantarkan arus listrik ke satu arah serta membatasi arus listrik dari arah kebalikannya. Dioda dapat pula dipakai untuk mengendalikan arus, yaitu sebagai saklar elektronik. Dioda terdiri dari 2 bagian elektroda yakni Anoda serta Katoda.

Simbol dan Gambar Dioda

5. Transistor

Transistor ialah bagian dasar elektronika yang wajib kalian tahu sebab mempunyai banyak guna serta merupakan bagian yang menggenggam peranan amat berarti dalam dunia elektronika modern ini. Pada prinsipnya transistor terdiri atas 2 buah dioda yang disatukan. Transistor terdiri dari 3 kaki ialah Basis( B), Colector( C), serta Emitor( E). Supaya transistor bisa bertugas, pada kaki- kakinya wajib diberikan tekanan, tekanan ini dikenal bias voltage. Basis- Emitor diberikan forward voltage, sebaliknya Basis- Colector diberikan reverse voltage. Sifat transistor ialah kalau antara Colector serta Emitor bakal terdapat arus( transistor akan menghantarkan) apabila terdapat arus basis. Makin besar arus dasar makin besar penghantarannya.

Beberapa peranan transistor antara lain ialah sebagai penguat arus, sebagai Switch, stabilitasi tekanan, modulasi indikasi, penyearah serta lain serupanya.

Simbol dan Gambar Transistor

No comments for "Kumpulan Komponen yg Ada Pada pada Elektronika Lengkap beserta Fungsinya"

Berlangganan via Email