Cara Mudah Membaca Jalur Skematik pada Sebuah Rangkaian Elektronika seperti PCB

Hallo teman pembaca setia Sobat mas ngguh pasti kalian sempat menciptakan rangkaian elektronika kan  misalnya saja membuat bagian driver motor robot ataupun hanya sekedar lampu flip- flop dengan LED beraneka warna. Ataupun bisa jadi Anda lebih suka menjadi“ Mac Gyver” yang membuat gesekan ajaib pada sesuatu perlengkapan agar dapat“ hidup” kembali. Dari 2 kerjaan tadi, mungkin sobat sempat mengalami Salah dalam mendisain susunan PCB ciptaan sahabat ataupun kit PCB yang telah jadi.

Tentu karna bukan hasil nge- desain sendiri, pasti bimbang pula mengenai penaruhan bagian, kaki- kakinya, kabel jumper, dan lain sebagainya. Terlebih lagi itulah termasuk susunan yang asing untuk sobat serta tak ada sablonan atau ciri ciri yang nyata pada bagian atas PCB. wah serasa negeri akhir zaman ya? hmm tentu tidak! Calon pendekar solder wajib mampu menyelesaikan permasalahan  skematik yang ada pada rangkaian elektronika.

Untuk dapat membaca skematik, terdapat beberapa Tips nih, Berikut tipsnya :

Cara Mengetahui Jalur PCB yang Putus


 VCC vs GND

Contoh saja pada sesuatu rangkaian, terdapat pin molex buat baterai tetapi Anda tidak mengerti mana plus, mana minus? Jangan dilema, cukup melihat lihat secara dekat pin molex, apakah pada pin tersebut terdapat Dioda ataupun Elco, LED pula bisa, yang berarti cari bagian yang memiliki polaritas positif- negatif. Biasanya, kutub negatif sesuatu bagian pada rangkaian tersebut tandanya garis bercorak putih, semacam contohnya pada diode serta kapasitor elco.

Rute yang dilewati kaki elco yang negatif tentu ialah rute ground atau bisa disebut GND, sehingga telusuri rute semula hingga ke pokok permasalahan, sang pin molex. Kalau telah sukses menemukan plus- minus pin, Anda dapat memberi tanda dengan spidol di bagian atas PCB- nya supaya tak lupa atau bimbang lagi menemukan mana plus minus pada rangkaian.

Di sebagian PCB, terdapat yang mengenakan ratnest semacam ilustrasi ini:

Jadi rute GND( biasanya di ratnest) memutari semua PCB, bagian PCB yang kosong diisi GND. Nah, misalkan Anda menemukan PCB sejenis ini, amat gampang untuk mencari mana GND, mana VCC nya kan?

Google serta Datasheet

IC serta transistor dalam sesuatu rangkaian dapat membuat pusing kepala. Sebab kaki kakinya banyak sekali, serta konfigurasinya beda- beda. Untung ada Google serta orang baik di internet yang menyediakan datasheet atau komponen- komponen, what a wonderful world!

Dikala kita bimbang ingin masang IC atau transistor, amati isyarat di badan komponennya. Jika bimbang, catat aja seluruh kodenya dalam pencarian di search engine- nya, supaya Google yang fungsinya untuk mencari permasalahan kita. Dikala sudah terdapat hasil serta berbau- bau datasheet, coba klik aja. Datasheet sesuatu bagian umumnya berupa PDF, jadi kalau sudah ahli mencari datasheet, dapat mengetikkan:” isyarat komponen<spasi
filetype: pdf”


Di halaman awal maupun kedua datasheet, umumnya terdapat gambar bentuk kaki- kaki komponennya, tinggal pasang yang bener deh.

Kanibal

Ini jurus yang lebih besar tingkatannya, Anda harus udah memiliki dasar mengenai Teknik Kelistrikan, betul minimun berpangkat Jendral hehe. Contoh lagi membereskan sesuatu rangkaian, sering saja terdapat bagian cacat yang kode ataupun sablonannya yang lenyap, nah double trouble tuh. Permasalahan jadi semakin besar, pasti perjuangannya menemukan permasalahan pula memerlukan tenaga yang besar hehe. Jika udah gitu, si komponen wajib dicabut dari PCB, tetapi janganlah sampai cacat fisik serta kakinya.

Jika memiliki LC meter, zener tester, ataupun perlengkapan bantu lain yang kerjanya khusus untuk melihat angka sesuatu bagian khusus sih enak, tetapi jika tak memiliki apa- apa? Pasti wajib membuat susunan uji coba tambahan. Rangkaian tambahan itu pada intinya bersumber pada sifat dasar bagian yang ingin dicoba tadi.

Feeling

Semakin besar tingkatan“ sabuk” seseorang pesilat solder, tentunya karna sudah makan banyak asam- garam dalam menyelesaikan permasalahan, terdapat sense of technology yang tercipta dalam dirinya. Kalau udah sabuk item gitu, yang bermain bukan logika ataupun filosofi, tetapi malah feeling, betul feeling dari pengalaman bertahun- tahun lah yang membuat kita menjadi bisa nantinya.

Jika sobat memiliki senior ataupun guru yang“ bersabuk hitam” gitu, astaga pasti enak sekalee. Dateng aja sembari berlatih sama dia, tetapi pasti cari durasi yang balance pas serta janganlah lupa membawa“ sogokan” hidangan hehe. Jurus ke- 4 ini tak bisa dipakai orang yang masih“ bersabuk putih”, sok pinter justru keblinger ntar. Lumayan belajar saja sama senior- senior, enhance your sense and intersight dude!

No comments for "Cara Mudah Membaca Jalur Skematik pada Sebuah Rangkaian Elektronika seperti PCB"

Berlangganan via Email