Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Sebagian mudah di lakukan di Rumah

Keyboard ialah salah satu bagian laptop yang lumayan rawan alami kerusakan. Mulai dari tombol yang salah memasukkan karakter, tidak beroperasi sebagian, sampai tidak berfungsi seluruhnya. Sehingga dari itu kali ini Sobatmasngguh.com bakal membahas sebagian cara membenarkan keyboard laptop yang rusak itu.

Umumnya buat memulihkan keyboard yang rusak kita wajib mengenali terlebih dulu faktornya, apakah tersiram air, terkena abu, serta yang lain. Tetapi sayangnya sering- kali keyboard laptop kerap error dengan cara seketika tanpa dikenal dengan cara tentu apa faktornya.

Bila telah seperti itu maka dengan cara otomatis kita wajib berupaya sekian banyak tahap pembetulan sementara sambil memperkirakan apakah pemicu kerusakannya itu. Nah, selanjutnya ialah beberapa tahap perbaikan sementara itu yang dapat Kamu jalani di rumah saat sebelum memutuskan untuk membawanya ke tempat reparasi.

9 Cara Mudah di Lakukan membetulkan Keyboard Laptop Yang Rusak


Restart Laptop

Merestart laptop ialah tahap awal yang harus Kamu lakukan saat sebelum melaksanakan aksi lainnya. Merestart laptop bisa memulihkan ratusan permasalahan pada sistem operasi dengan cara langsung. Bila tidak dapat direstart, Kamu bisa menekan tombol power selama beberapa detik sampai laptop itu mati. Bila sehabis direstrat permasalahan masih ada, hingga silahkan coba langkah- langkah selanjutnya.

Cek Num Lock

Keyboard yang tidak berperan dengan bagus sering- kali secara tidak disengaja dikarenakan oleh kita sendiri. Salah satu yang sangat biasa terjadi yakni aktifnya Num Lok efek kita menekan kombinasi tombol khusus. Kala Num Lock aktif, hingga karakter yang keluar umumnya berlainan dengan tombol yang ditekan.

Buat mematikan Num Lock itu, silahkan tekan tombol“ Fn” serta“ NumLk” di keyboard dengan cara berbarengan. Buat sebagian tipe laptop, menekan“ Capas Lock” serta“ NumLk” juga bisa mematikannya. Silahkan mendatangi customer support dari produsen laptop Kamu untuk mengenali metode mematikan Num Lock bila kedua kombinasi di atas tidak berperan.

Permasalahan Driver

Permasalahan pada driver pula bisa menimbulkan keyboard tidak berfungsi dengan bagus. Bagi PCMag, perihal itu umumnya terjadi kala Kamu menginstal aplikasi pihak ketiga, terserang virus, serta yang lain. Untuk mengeceknya, silahkan buka Device Manager setelah itu lihatlah bagian keyboard.

Bila di situ ada ciri segitiga bercorak kuning, maka dipastikan driver keyboard itu mengalami permasalahan. Silahkan unduh driver terbarunya di web produsen laptop yang Kamu punya. Metode ini pula bisa Kamu lakukan bila keyboard tidak terdeteksi oleh laptop.

Jalani System Restore

Bila Kamu percaya kalau keyboard tidak berperan dengan bagus sehabis menginstal sesuatu program, hingga cobalah untuk melaksanakan system restore. Triknya untuk Windows 8 serta Windows 7, buka Start Menu setelah itu search“ Recovery”. Sebaliknya untuk Windows XP klik Mulai→ All Programs→ Accessories→ System Tools, kemudian seleksi System Restore.

Dengan menerapkan system restore ini hingga laptop Kamu bakal kembali pada kondisi saat sebelum Kamu menginstal program bermasalah itu. Bermacam program yang diinstal setelah menginstal program bermasalah itu bakal dengan cara otomatis lenyap. Oleh sebab itu, back up terlebih dulu bermacam informasi yang berarti saat sebelum melaksanakannya.

Bereskan Debu serta Kotoran

Salah satu pemicu yang sangat kerap menimbulkan kehancuran pada laptop merupakan abu serta kotoran. Abu serta kotoran itu umumnya terdapat di antara tombol keyboard alhasil bakal menutupi bagian di dalamnya. Semakin berumur laptop Kamu, hingga biasanya terus menjadi banyak pula kotorannya.

Metode termudah buat membersihkannya yaitu dengan memiringkan ataupun membalikan laptop sampai 45 hingga 75 bagian sembari menggoyangkannya. Kamu pula bisa memakai pembersih spesial untuk keyboard yang umumnya berbentuk vacuum kecil buat menghilangkan debu.

Bila keyboard laptop Kamu tidak berfungsi sebab tersiram air, hingga Kamu wajib mensterilkan bagian dalamnya. Copotlah tombol- tombolnya serta setelah itu bilas papan sirkuitnya dengan memakai kain lembut ataupun cotton buds yang sudah diberi sedikit alkohol.

Membebaskan tombol- tombol pada keyboard memanglah lumayan susah serta menginginkan kemampuan khusus. Bila Kamu belum menguasainya hingga lebih baik untuk tidak melaksanakannya sebab dapat jadi justru bakal menaikkan kehancuran pada keyboard laptop itu.

Lepas Baterai Laptop

Bila ada sebagian tombol di keyboard laptop yang tidak berfungsi, cobalah untuk menerapkan reset. Dengan metode ini umumnya keyboard yang tidak berperan bakal kembali wajar seperti sedia kala. Triknya merupakan sebagai berikut:

Shut down laptop.


  • Lepaskan baterai serta kabel adapter, kemudian diamkan sepanjang 1 menit.
  • Tekan dan tahan tombol power sepanjang 60 detik.
  • Masukan kembali baterai.
  • Hidupkan kembali laptop.
  • Konektor Terlepas


Permasalahan keyboard yang tidak ditemukan umumnya bisa ditangani dengan menginstal driver. Tetapi bila keyboard Kamu sedang belum terdeteksi, hingga mungkin besar ada permasalahan pada konektornya, semacam rusak, tertekuk, renggang, ataupun apalagi dapat sampai terlepas.

Buat membetulkannya, Kamu pastinya wajib membuka keyboard itu untuk mengaitkan kembali konektornya. Silahkan buka video bimbingan yang banyak terhambur di YouTube untuk mengenali metode membuka laptop Kamu. Tetapi bila Kamu tidak berani, hingga janganlah melaksanakannya supaya tidak terjadi kerusakan yang lebih akut.

Maanfaatkan Keyboard USB ataupun Wireless

Bila seluruh metode membenarkan keyboard laptop di atas telah Kamu coba tetapi tidak sukses, hingga Kamu wajib membawanya ke tempat reparasi. Seandainya sedang dalam waktu garansi, hingga umumnya Kamu tidak akan dikenakan bayaran koreksi. Tetapi bila garansinya telah hangus, hingga Kamu wajib melunasi bayaran servis ataupun bayaran penukaran bagian keyboard baru.

Nah, bila Kamu merasa harga jasa laptop sangat mahal, hingga Kamu bisa memakai keyboard USB untuk selang waktu. Keyboard eksternal

USB ini bisa dipakai dengan cara langsung hanya dengan menghubungkannya ke port USB. Biayanya juga lumayan ekonomis pada kisaran Rp 50. 000.

Bila Kamu kurang sreg dengan keyboard USB, hingga Kamu juga bisa memakai keyboard wireless. Keyboard wireless berperan dengan memakai jaringan Bluetooth alhasil lebih efisien serta tidak sangat banyak menyantap tempat. Silahkan baca postingan ini untuk mengenali panduan serta kiat saat sebelum membeli keyboard wireless.

Maanfaatkan On- Screen Keyboard

Bila Kamu tidak pernah membeli keyboard USB tetapi Kamu betul- betul amat menginginkan keyboard buat mengetik, hingga cobalah untuk memakai on- screen keyboard. Untuk memakainya bukalah Mulai

  • Program
  • Accessories
  • Accessibility, setelah itu pilih On- Screen Keyboard.


On- Screen Keyboard ini berperan seperti keyboard normal. Hendak namun, Kamu wajib mengoperasikannya dengan memakai mouse ataupun touchpad. Lumayan menyulitkan memang, tetapi amat bermanfaat bila Kamu membutuhkannya dalam situasi terpaksa.

Itulah sebagian tahap yang bisa Kamu jalani untuk memulihkan keyboard pada notebook yang cacat. Metode memulihkan keyboard laptop di atas cumalah beberapa dari banyak metode yang dapat dicoba tergantung dari merk laptop yang Kamu punya. Silahkan mendatangi service center bila keyboard laptop Kamu telah betul- betul tidak dapat diperbaiki. Selamat berusaha! 

No comments for "Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Sebagian mudah di lakukan di Rumah"

Berlangganan via Email