Cara Memperbaiki Amplifier Mobil tidak Ada Suara dalam Waktu 5 Menit

Audio power amplifier ataupun yang disebut dengan power mobil ialah bagian yang di dalamnya terdiri dari serangkaian bagian- bagian elektronika yang dipakai untuk menguatkan tanda audio yang berawal dari head bagian mobil. Tanda yang dikuatkan itu nantinya hendak diterukan mengarah speaker, alhasil speaker bisa menghasilkan suara sampai gelombang 20 Hz- 20 kHz, yang mana ialah rentang gelombang yang bisa didengarkan oleh orang.

Dengan terdapatnya power mobil, pastinya kamu dapat menambahkan speaker- speaker ekstra yang nantinya disetarakan dengan spesifikasi energi power mobil. Mulai dari speaker subwoofer 1o inch, 12 inch, atau woofer. Untuk tipe speaker subwoofer, memanglah diperlukan power mobil disebabkan pada umumnya tipe speaker subwoofer membutuhkan energi yang besar.

Tidak cuma itu saja pemakaian power mobil pastinya wajib disesuaikan dengan kebutuhna energi speaker, bila pada speaker tertuliskan energi nya 1000 w 40 ohm, hingga power mobil yang dipakai pastinya wajib setara apalagi diatas dari 1000 watt. Bila energi power yang dipakai di bawahnya, hingga membuat power mobil bekerja keras yang setelah itu bakal jadi pemicu power audio mobil cepat panas.

Kesimpulannya hal ini akan menimbulkan protek atas konslet, sebab panas yang melampaui dari batasnya. Di dalam power mobil ada bagian termoswitch yang bisa membuat power mobil otomatis protek.

Serupa halnya dengan benda elektronika yang lainnya, power mobil pula bisa mengalami kehancuran yang mana harus diperlukan koreksi. Tidak hanya pemicu diatas sedang banyak faktor- faktor yang lain yang menimbulkan mulai dari pemasangan yang salah, pemakaian yang sangat ekstrim, serta yang lain sebagainya.

Cara memperbaiki power mobil protek pasti saja wajib diketahui terlebih dulu faktornya dan setelah itu mencari penyelesaian yang pas untuk membetulkannya. Nah inilah beberapa pemicu power mobil yang protek.


  • Karna trasnsistor final yang rusak ataupun mengalami konslet. Ilustrasi dari transistor final merupakan TIP 31 atau TIP32, TIP 41 atau TIP 42.
  • Transistor mosfet pada power suppky inverter mengalami terbakar ataupun konslet
  • Kapasitor filter power telah rusak serta beroperasi tidak normal
  • IC inverter TL494 mengalami kerusakan ataupun tidak normal
  • Diode fast rectifier alami konslet
  • Switch temperatur yang salah membaca. Normalnya termoswitch tidak tersambung kala keadaannya dingin atau belum bekerja.


Dari sebagian penyebab power mobil yang protek serta konslet, yang sering terjadi yaitu permasalahan pada transistor mosfet serta transistor final yang menimbulkan inverter tegangan power menjadi konslet ataupun terbakar.

Seringkali pula sebab pemasangan halte speaker yang salah alhasil menimbulkan konsleting pada halte speaker. Pemakaian yang berlebihan semacam menghidupkan power sampai volume yang sangat keras pula menjadi aspek faktor kerusakan. Nah selanjutnya ini tahap serta cara mengatasi power mobil protek yang bisa kamu lakukan di rumah.

10 Cara Memperbaiki Power Amplifier yang Rusak tidak Ada Suara sama Sekali


Sediakan perlengkapan yang diperlukan terlebih dulu, mulai dari gunting, obeng, solder( dengan timah), kabel, tang, serta multitester.

Pertama kali yang bisa kamu lakukan ialah membongkar pada bagian box power amplifier, anda bisa memakai obeng.

Sesudah box power amplifier telah dibuka, kamu dapat melaksanakan pemeriksaan pada bagian kabel- kabel di dalamnya, apakah seluruh kabel serta sekring tersambung dengan situasi baik ataupun tidak. Bila benar terjadi kerusakan pada bagian itu, kamu dapat mengubah kabel dengan yang baru

Sesudah itu kamu dapat memeriksa tegangan AC yang masuk ke dalam trafo, bila memanglah sesudah dicoba pengecekan nampak wajar, hingga kamu dapat mencoba memeriksa pada tegangan keluar dari trafo dengan memakai tester. Cek apakah terdapat tegangan yang keluar ataupun tidak. Bila tidak terdapat tegangan yang keluarn, membuktikan bila trafo alami kerusakan serta sebaiknya segera tukar dengan yang baru.
  • Bila amplifier masih mati serta konslet, hingga selanjutnya kamu dapat melaksanakan pengecekan pada bagian rute PCB. Cermati apakah terdapat bagian PCB yang putus ataupun terbakar. Bila kerusakan PB disebbakan karna terdapat bagian yang terputus, hingga kamu dapat membetulkannya dengan menerapkan jumper dengan kabel.
  • Sehabis memulihkan bagian rute PCB, hingga tahap cara mengatasi power mobil protek lainnya yang dapat kamu jalani yakni dengan memeriksa transistor penguat akhir. Kamu dapat melakukannya dengan melepas kedua transistor serta setelah itu ukur dengan multitester.
  • Janganlah lupa pula untuk mengukur kedua resistor yang bercorak putih apakah masih tersambung ataupun tidak.
  • Bila kamu tidak mengetahui, transistor penguat akhir ialah transistor yang terpasang pada heatsink atau pendingin yang berhubungan dengan loaud speaker. Bila transistor pada bagian ini mengalami kerusakan hingga kamu dapat segera mengubahnya dengan yang baru.
  • Sesudah seluruh perbaikan berakhir dilakukan, sehingga kamu dapat memasang kembali bagian- bagian pada posisinya semula. Sehabis itu tutup kembali box power amplifier.
  • Tak diperbolehkan lupa untuk menerapkan pengetesan pada amplifier apakah hasil suara yang diperoleh bagus ataupun tidak.
  • Selain itu penting pula buat memakai sistem audio dengan mutu yang terbaik sehingga membuat hasil suara yang kekuar berkualitas. Kamu dapat mempelajari panduan memilah audio yang berkualitas serta cocok dengan detail mobil kamu. Nah itu tadi cara memperbaiki amplifier mobil yang bisa kamu jalani. Mudah- mudahan data diatas bisa berguna buat kamu. 

No comments for "Cara Memperbaiki Amplifier Mobil tidak Ada Suara dalam Waktu 5 Menit"

Berlangganan via Email