Cara Dasar Mengecek Kerusakan Komponen Elektronik di PCB

Pinted Circuit Board ataupun PCB merupakan papan kepingan yang terdiri dari titik- titik lubang bagian elektronika yang saling tersambung kesegala arah melewati jalur- jalur tembaga. Kerapatan bagian serta rute di PCB dipengarui banyak aspek misalnya dimensi kecil ataukah besar, banyaknya bagian di PCB, ataupun pengerjaan pembuatan konsep PCB itu sendiri.

Sebagian PCB yang lebih kompleks lagi mempunyai dual layer atas serta dasar yang silih tersambung, pasti saja troubleshooting untuk tipe PCB multi- layer ini lebih susah serta diperlukan perlengkapan spesial, bagaimanapun postingan ini hendak mangulas serta menolong trik troubleshooting buat single- layer serta multi- layer cuma dengan instrumen simpel.

Instruksi Pemeriksaan Rangkaian Elektronika yang Rusak



  • Cek alur PCB memakai kaca pembesar di bawah sinar yang jelas supaya nampak rute yang rusak, konslet, ataupun ada kaki bagian yang patah. Anda harus mulai dari ujung yang termudah serta mencari dengan cara kasat mata dengan kaca pembesar. Apabila perlu tandai tandailah board yang rusak dengan spidol permanent.
  • Mengidentifikasi input power supply di board PCB sambungkan dengan power supply AC ataupun DC, umumnya dengan dorongan pengecekkan dengan power supply sangat gampang ditemui voltase pada masing- masing titik rute PCB.
  • Pergunakan multimeter serta silahkan Anda putar knop instrument ke arah pengukuran DC ke bagian 20V, taruh lead atau colokkan merah multimeter ke“ V” serta lead atau colokan hitam ke merek“ COM”
  • Men- supply alokasi energi tegangan AC ataupun DC ke kediaman rangkaian akan lebih gampang memesatkan menciptakan rute yang terputus dengan cara yang pas. Triknya colokan hitam“ COM” taruh ataupun apit ke bagian GND( ground) sebaliknya calokan merah satunya mencari titik- titik( poin) yang dicurigai tegangannya tidak terbaca di display multimeter,( untuk bagian ini diperlukan wawasan berapa tegangan wajar pada susunan itu saat sebelum kerusakan, jadi tidak asal ukur tegangannya).
  • Jalani pengecekan awal di bagian regulator bila dari titik awal ini telah tidak terdapat tekanan yang terbaca di multimeter berarti bagian regulator rusak berarti kamu perbaiki bagian regulator bagian energi ini bukan memulihkan gulungan yang lain agar tidak memperburuk kehancuran board.
  • Bila bagian web regulator berperan normal pengukuran dilanjutkan ke bagian gulungan yang lain sampai ditemui titik yang tidak normal tegangannya. Bila rusak ubah dengan bagian yang baru lakukan pengukuran tegangan lagi sampi normal. 

No comments for "Cara Dasar Mengecek Kerusakan Komponen Elektronik di PCB"

Berlangganan via Email