Apa Fungsi Elco Kapasitor Pada Power Supply di Suatu Rangkaian Elektronika

Secara normal tiap tiap rangkaian yang pada power suply tentu kita sering menjumpai elco yang ukuran serta fisiknya lebih besar dari elco elco pada rangkaian driver ataupun osilatornya mengapa demikian? serta apa artinya itu?

Elco induk pada pada power supply merupakan perlengkapan untuk menstabilkan serta meratakan arus serta tegangan yang disupplykan kebeban rangkaian, secara umum seringkali banyak kita jumpai susunan susunan yang menginginkan kestabilan tekanan serta arus yang berbeda beda, sebagai ilustrasi rangkaian stabiliser pada rangkaian micro controler atau osilator sangatlah berlainan dengan rangkaian stabiliser pada rangkaian power audio.

Pada rangkaian stabiliser micro controler atau osilator dapat dibilang lebih flat ataupun dapat dibilang juga naik turunnya kebutuhan arus tidaklah relevan, akan tetapi pada power audio kebutuhan arusnya amat terkait pada kapasitas power itu sendiri.

Secara akal sehat metode gerakan listrik dapat disamakan dengan dengan gerakan air, tegangan dapat disamakan dengan kecepatan gerakan air, ampere dapat dimaksud jumlah daya muat air yang mengalir pada tiap waktu perdetik atau permenit, energi watt dapat disamakan dengan keperluan air pertimeming perdetik atau permenit, penampang kabel dapat disamakan dengan penampang peralon air. seperti itu pula elco atau condensator yang dapat saya gambarkankan atau logikakan semacam galon air atau tampungan air.

Besar kecilnya muatan listrik yang dapat tertampung pada suatu elco tergantung dari besar kecilnya angka farad atau micro farat yang tercetak pada elco, makin besar nilainya maka akan semakin besar pula muatan listrik yang bisa tersimpan.

Namun janganlah terlalu disamakan pada bateray ataupun accu. Tugasnya elco disini buat menolong meratakan arus serta tegangan atau stabiliser.

Aku contohkan elco stabiliser pada power audio yang memakai trafo 5 ampere.

Pada timeming khusus power memperoleh tanda bass yang kokoh yang menginginkan arus 6 ampere itu dapat tercukupi bila pada timeming tadinya power cuma menginginkan arus 4 ampere ataupun di bawahnya. 

No comments for "Apa Fungsi Elco Kapasitor Pada Power Supply di Suatu Rangkaian Elektronika"

Berlangganan via Email