Mengerti Exposure Dalam Memfoto Suatu Objek

Mengerti Exposure Dalam Memfoto Suatu Objek

Bila kamu baru kali pertama dengar kata exposure, jadi coba terlebih dulu untuk mencari ketidaksamaan dari tiga foto yang sama berikut ini.
Mengerti Exposure Dalam Memfoto Suatu Objek

Oke ini untuk menguji konsentrasi kamu, sebab ingin haus atau tidak, semestinya kamu dapat memperbedakan ke-3 photo tersebut.

Mari lihat kembali, dengan simpel photo yang sangat kiri ialah photo yang sangat gelap, sedang yang sangat jelas ialah photo yang sangat kanan.

Exposure sendiri ialah basic dari photografi atau dapat dikatakan sebagai dasar dalam mengerti photografi.

Exposure dalam pandangan yang begitu simpel ialah jelas serta gelap dari satu foto.

Bila foto terlihat gelap maka seringkali dimaksud foto itu under exposure, demikian pula sebaliknya bila sangat jelas maka disebut over exposure, entahlah kenapa bila sudah sesuai tidak disebut exposure saja tanpa over atau under, hehehe.

Baca Juga :: Cara Melakukan Teknik Recompose Pada Teknik Fotografi

Exposure pada dasarnya memberikan berapa banyak cahaya yang masuk dalam camera, atau berapa banyak cahaya yang dapat diamankan oleh sensor dalam camera.

Dalam photografi, yang memastikan besarnya nilai exposure pada saat kita mengambil satu foto ada tiga. Ke-3 komponen itu seringkali diketahui menjadi segitiga exposure.

1. Aperture
2. Shutter Speed
3. ISO

Ketiganya sangat berperan serta sama-sama mempengaruhi satu sama lain, dalam memastikan hasil exposure atau jelas serta gelap dari satu photo. Meski tentu saja ada pula faktor-faktor lainnya yang ikut terlibat dalam menentukan exposure dalam satu karya photografi, tapi sebagai basic atau dasar tetaplah ke-3 komponen itu.

Saat kamu merubah salah satunya nilai dari ke-3 komponen barusan, itu akan berefek pada komponen yang lainnya hingga memengaruhi seluruh nilai exposure selanjutnya.

Bila kamu meningkatkan nilai shutter speed berubah menjadi makin cepat, umumnya itu akan menurunkan tingkat exposure pada foto, atau foto bisa menjadi lebih gelap. Untuk mengimbanginya karena itu kita mesti merubah nilai aperture atau merubah nilai ISO supaya exposure pas.

Baca Juga :: Cara Memfoto Tanpa Flash Tapi Hasilnya Malah Bagus

Oh ya exposure pun tidak cuma semata-mata makna photography bila memakai camera DSLR, semua photo yang kita hasilkan baik memakai handphone, smartphone, tablet, atau camera pocket/saku serta mirrorless tentu mempunyai nilai exposure.

Yang jadi keuntungan DSLR serta camera pocket modern atau mirrorless ialah kita dapat dengan gampang mengendalikan ke-3 komponen tersebut, dalam segitiga exposure sesuai dengan kemauan kita sendiri.

Dan saat kita memakai handphone atau smartphone, umumnya ke-3 komponen tadi telah ditata dengan automatis oleh program serta software handphone.

Kebebasan mengendalikan ke-3 komponen itu, yang membuat kita dapat lebih gampang berkreasi dalam mengendalikan exposure poto yang akan kita ambil. Demikian keterangan simpel mengenai eksposure dalam fotografi mudah-mudahan dapat meningkatkan pengetahuan buat kita semua.

No comments