Pemicu serta Langkah Menangani AC Bocor Indoor di Rumah Anda

Pemicu serta Langkah Menangani AC Bocor Indoor di Rumah Anda

Salah satunya permasalahan yang seringkali muncul pada pemilik AC / Air Conditioning ialah AC tidak dingin serta kebocoran pada AC.

Benar-benar tidak nyaman sekali rasa-rasanya jika ada permasalahan pada AC, tidak hanya panas, anda harus juga menempatkan ember untuk menyimpan tetesan air. Ditambah lagi jika tetesan air AC tersebut menetes diatas tempat tidur, atau perlengkapan rumah tangga yang lain. Akan begitu beresiko jika AC bocor tersebut menetes di perlengkapan elektronik, seperti colokan, TV, dan lain-lain.
Langkah Menangani AC Bocor Indoor

Umumnya jika ada permasalahan ini, mungkin Anda akan segera memanggil tukang service AC. Permasalahannya terkadang AC yang telah diperbaiki itu memperlihatkan tanda-tanda yang sama dalam tempo beberapa minggu lalu. Jika sudah begini, mungkin Anda akan merasa jengkel kan? Tidak hanya rugi waktu, Anda juga akan rugi biaya perbaikan AC tersebut,ingatlah bahwa biaya service ac pun membutuhkan banyak biaya loh.

Nah pada saat ini, Saya akan mengajak para pembaca setia sobat mas ngguh semua untuk mengetahui pemicu AC bocor serta tidak dingin bersama langkah menanganinya. Jika Anda tahu langkah menangani AC bocor itu jadi mungkin Anda bisa melakukan perbaikan kebocoran AC tersebut serta menurunkan cost pengeluaran rumah tangga Anda.

Akan tetapi sebelum mengulas lebih jauh, saya akan mengingatkan kembali jika ada 2 sisi AC yakni indoor serta outdoor. Nah yang akan dibicarakan pada kesempatan ini ialah langkah menangani kebocoran AC di unit indoor ya

Di bawah ini ialah beberapa pemicu AC bocor serta tidak dingin yang umum terjadi pada beberapa AC di rumah Anda bersama langkah memperbaikinya

Pemicu AC Bocor Yang Pertama adalah Aliran Pembuangan Kurang Miring

Aliran pembuangan yang sangat landai atau selang yang sangat panjang akan menghalangi pembuangan air AC, yang akan mengakibatkan air AC menetes dibagian indoornya.

Langkah menangani AC bocor sebab pemicu ini yaitu dengan instalasi lagi salurang pembuangan air AC lewat cara buka cap unit AC indoor serta pastikan selang AC dibagian outdoor juga miring alias tidak landai atau ada sisi yang tergulung. Jika selang aliran pembuangan sangat panjang semestinya potong saja. Mengatur kembali kemiringan selang itu supaya air yang menetes dapat mengalir keluar.

Pemicu AC bocor ini sering berlangsung dari waktu saat instalasi AC waktu memindahkan atau menempatkan unit baru.

Baca Juga :: Tips Menghapal PK Ac pada Ac Split dengan Mudah

Pemicu AC Bocor Yang Kedua adalah Air Pembuangan AC Tidak Keluar / Mampet

Kebocoran AC pada unit indoor sering dikarenakan oleh tersumbatnya saluran pembuangan air tetesan AC karena debu atau kotoran. Jadi air tetesan yang semestinya dibuang lewat aliran pembuangan justru terhalang sebab terdapatnya kotoran tersebut serta mengakibatkan kebocoran AC.

Langkah menangani AC bocor lantaran air pembuangan AC tidak keluar yaitu dengan langkah membersihkan debu / kotoran yang tersumbat pada pembuangan air. Tidak hanya lewat cara membersihkan sisi indoor AC, Anda juga butuh menyemprot talang pembuangan air sampai semua kotoran yang melekat serta menutup hilang.

Oke di bawah ini beberapa langkah langkah menangani AC bocor sebab tersumbatnya selang pembuangan, yakni: 


  1. Yakinkan tetap mencabut steker listrik AC untuk menjauhi resiko kesetrum 
  2. Membuka cap / penutup AC sisi indoor serta turunkan ke bawah 
  3. Semprot aliran pembuangan air dengan air mengalir atau jet cleaner sampai semua kotoran keluari. Yakinkan tidak ada kotoran tersisa dalam selang tersebut. 
  4. Pasang kembali beberapa bagian unit indoor AC. 


Pemicu AC Bocor yang Ke Tiga adalah Terdapatnya Kondensasi Pipa

Kondensasi / tetesan air di pipa sebenarnya adalah proses alami yang berlangsung sebab ketidaksamaan suhu yang cukuplah tinggi pada suhu di luar serta suhu dalam pipa. Umumnya permasalahan kondensasi ini sering berlangsung pada penggunaan AC yang telah lama atau lebih dari 5 tahun sebab keadaan pembungkus pipa (Armaflex) yang telah aus.

Langkah menangani AC bocor sebab permasalahan ini yaitu dengan mengganti pembungkus pipa yang baru. Akan tetapi ingat, pembungkusan pipa tersebut mesti dikerjakan dengan benar, yakinkan tidak ada sela yang belum terbungkus ya!.

Baca Juga :: Apa Pengertian dari Ac Split inilah penjelasannya 

Pemicu AC Bocor yang ke Empat Pompa Drain Tidak Berfungsi

Kebocoran AC dapat juga dikarenakan oleh tidak bekerjanya pompa drain.

Langkah menangani AC bocor sebab permasalahan ini semestinya percayakan pada layanan service AC saja.

Pemicu AC Bocor ke Lima adalah Sebab Terdapatnya Sela air yang atau ada retakan pada Talang air

Nah jika langkah menangani AC bocor diatas telah dikerjakan tetapi masih saja masih tetap ada tetesan air AC, jadi kemungkinan ada sela yang mungkin tidak terlihat.

Langkah menangani AC bocor untuk permasalahan ini memang dibutuhkan kesabaran serta kecermatan. Anda butuh membuka cap AC lantas check selang pembuangan serta pipa dengan cermat untuk mencari sumber kebocoran. Jika telah bertemu sumber kebocoran AC nya jadi lebih gampang diperbaiki. Sebab susah, semestinya untuk melakukan perbaikan kebocoran AC sebab pemicu ini diserahkan pada teknisi AC langganan serta memiliki pengalaman.

Itulah 5 pemicu AC bocor serta cara melakukan perbaikan kebocoran AC yang perlu untuk diketahui. Dikit panduan jika Anda meminta pertolongan layanan service AC, mintalah mereka untuk memoto sumber kebocoran serta tunjukkan bukti yang lain seperti hasil cek tekanan refrigrant, suhu, dan lain-lain hingga rasa keyakinan pada kedua pihak bisa terjaga serta tidak lagi ada prasangka tidak menyenangkan. Semoga penjelasan langkah menangani AC bocor diatas bisa berguna untuk Anda.

No comments