Skip to main content

Kuliah Sambil Kerja? Ini 7 Langkah Mengatur Waktu Agar Pekerjaan Tidak Kerepotan

Kamu mahasiswa yang tergoda upah cukup dari job sampingan? Tentunya kamu mesti dapat mengelola waktu sebaik-baiknya agar kuliahmu masih lancar serta job sampinganmu sukses. Tidak ingin kan pekerjaan kuliahmu kerepotan serta bisa nilai jeblok? Langsung deh, kamu baca beberapa panduan penting ini! Pas sekali untuk kamu yang kerja part time sambil kuliah.
7 Langkah Mengatur Waktu Agar Pekerjaan Tidak Kerepotan

1. Mengatur rencana harian dengan teratur. Konsistensinya mesti kamu jagalah!

Lakukan keharusan kuliah sekaligus juga kerja pasti membuat waktu luangmu menyusut. Sebab minimnya itulah, kamu butuh manfaatkan waktu sebaik-baiknya. Membuat rencana harian lewat cara mencatat apa yang akan kamu lakukan besok, bisa membuat badan serta pikiranmu beberapa langkah lebih siap.

Cukuplah sempatkan diri 5 menit untuk membuat rencana yang bisa meminimalisir pemborosan waktumu keesokan hari. Agenda yang termonitor akan membuat kamu melawan kegiatan lebih santai serta percaya diri. Yakin, deh!

2. Berani menolak ajakan di luar prioritasmu, terkecuali kamu memang sungguh miliki waktu senggang 

Mengawasi ketekunan supaya kegiatan harianmu sesuai dengan rencana, bukan tanpa masalah. Kamu akan disajikan beberapa ajakan yang dapat memalingkanmu dari arah awal. Bila ajakan itu memang tidak begitu penting, ketegasanmu untuk menolak begitu dibutuhkan. Menjadi orang yang termasuk sibuk, kamu memang seharusnya miliki prioritas dalam memisah manakah pekerjaan yang menekan serta manakah yang kurang.

3. Lantaran waktumu hanya terbatas, kerjakanlah pekerjaan kuliah dalam tempat yang membuat kamu khusyuk tanpa masalah 

Job sampingan pasti membuat kamu tidak miliki waktu sekitar temanmu yang fokus kuliah. Waktu yang kamu pakai untuk menyelesaikan pekerjaan mesti betul-betul terpakai efektif tanpa masalah. Kamu dapat mematikan gadget sesaat supaya tidak ada chattingan atau notif sosmed yang mencuri waktu. Kala kamu rasa rumah kos kurang aman, kamu dapat berubah ke tempat yang lebih tenang seperti perpustakaan universitas atau taman. Konsentrasi kerjakan pekerjaan pasti membuat selesai lebih cepat, kan?

Baca Juga :: Inilah Tips Nyaman berada di Tempat kerja yang baru

4. Janganlah sungkan minta pertolongan rekan universitas bila kamu kurang memahami pekerjaan kuliahmu 

Dibanding kamu memakan banyak waktu tekuni satu pekerjaan yang kamu sendiri kurang memahami, coba tidak untuk sungkan menanyakan atau mendatangi rekan serta minta bantuannya. Ingat, hanya dibantu, ya! Bukan ditangani rekan dengan utuh. Karena yang penting itu tidak cuma pekerjaan kuliahmu tuntas, tetapi kamu juga memahami ilmunya.

Memiliki rekan menjadi partner belajar begitu penting, lho! Ia tidak cuma akan menolong tugasmu, tetapi ikut mengingatkanmu kalau kesibukkan kerja membuat kamu lupa atau lupa pada pekerjaan kuliah. Jadi, milikilah partner belajarmu dari saat ini!

5. Waktu kamu diterpa capek, berbanggalah karena waktu mudamu tidak terbuang sia-sia 

Kadang-kadang kamu tentu merasa capek serta kewalahan waktu pekerjaan kuliahmu menumpuk, tengah waktu yang kamu miliki tidak banyak! Kamu lalu menggunakan tiap-tiap detikmu dengan usaha keras sampai kurang tidur. Peristiwa perjuangan ini tidak butuh kamu keluhkan berlebihan.

Kamu malah mesti bangga sebab dapat beberapa langkah semakin maju dari mereka yang tidak kerja. Syukurlah, karena waktumu lebih berharga serta tidak terbuang sia-sia. Tuhan sudah memberimu kesehatan serta kemampuan, itu berarti kamu memang mampu melalui perjuangan ini.

Tidak sedikit temanmu yang malah terperosok pada perihal negatif sebab kesenggangan waktu mereka, kan?

6. Gunakan waktu senggangmu sebaik-baiknya untuk santai tanpa gadget, tubuhmu perlu istirahat

Buka sosmed atau info di internet waktu waktu senggang sudah jadi rutinitas generasi milenial. Sah-sah saja kamu bermedsos, tetapi batasi saatnya! Lebih baik kamu rilekskan tubuh, tidur-tiduran atau istirahat sesaat supaya badan lelahmu kembali fresh.

Kuliah serta job sampingan sudah pasti menguras energimu, kan? Karenanya sayangilah tubuhmu dengan memberikannya waktu beristirahat.

Baca Juga :: Cara Menghilangkan Rasa Gugup Saat Interview Kerja

7. Menyicil pekerjaan sebelum deadline serta menghilangkan rutinitas menunda 

Kamu tentu seringkali mendapatkan pekerjaan besar dari dosen dengan deadline spesifik, kan? Menyicil penyelesaiannya ialah kunci untuk kamu yang repot dengan job sampingan. Kamu dapat memecah perampungan pekerjaan ke beberapa bagian kecil sehari-harinya. Menghilangkan rutinitas menunda sebab waktumu tidak banyak!

Dengan melakukan pekerjaan dengan bertahap, kamu dapat masih mengirit daya serta tugasmu tidak kewalahan kala deadline hadir. Bahkan juga kamu mungkin masih tetap miliki waktu untuk mengevaluasi hasil kerjamu. Coba pikirkan bila kamu justru menunda pekerjaan sampai akhir deadline tengah waktumu sempit? Kamu tentu depresi sendiri!

Itu dia cara-cara mengatur waktu buatmu yang repot kerja sembari kuliah. Mudah-mudahan berguna serta masih semangat, ya!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar