7 Adab Amalan Rasulullah Sebelum Tidur sesuai dengan Sunnah Nabi dan Rasul Skip to main content

7 Adab Amalan Rasulullah Sebelum Tidur sesuai dengan Sunnah Nabi dan Rasul

Biasanya, sebelum kita tidur tentu saja membaca doa sebelum tidur, dan ini adalah salah satu adab dalam islam yaitu tetap berdoa sebelum mengerjakan suatu, termasuk juga sebelum tidur.

Akan tetapi adab sebelum tidur yang dikerjakan Rasulullah SAW bukan sekedar membaca doa sebelum tidur saja, namun banyak sekali amalan-amalan yang Rasulullah SAW lakukan sebelum tidur, seperti berwudhu, membaca surat-surat Al-Qur'an dan lain sebagainya. Sebab pada intinya tidur bukan sekedar memejamkan mata serta/atau melepas capek semata-mata, namun tidur juga mengikut sisi dari beribadah kepada Allah SWT.
7 Adab Amalan Rasulullah Sebelum Tidur sesuai dengan Sunnah Nabi dan Rasul

Dengan memperbanyak amalan-amalan yang baik sebelum tidur semata-mata cuma melaksanakan ibadah pada Allah SWT, pasti tidur kita akan terbangun sesaat dari gangguan-gangguan syaitan. Serta berikut ini saya jelaskan adab-adab sebelum tidur yang pantas kita amalkan seperti Rasulullah SAW sudah mengamalkannya.

1. Membaca Basmalah Sebelum Beranjak Tidur

Sudahlah tidak asing kembali untuk kita semua, jika sebelum melakukan suatu hal apa pun, dimulailah dengan membaca basmalah (Bismillah Hirrohmaanir Rohiim). Hal ini berdasar pada kisah dari Abu Hurairah R.A, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda :

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ بِـ : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فَهُوَ أَبْتَرُ

Mempunyai arti :
“Setiap masalah penting yang tidak diawali dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan itu terputus barokahnya.” (HR. Al-Khatib dalam Al-Jami’, dari jalan Ar-Rahawai dalam Al-Arba’in, As-Subki dalam tabaqathnya)

Dalam Al-Mawsu’ah Al-Fiqhiyyah dikatakan, beberapa fuqaha setuju jika membaca bismillah disyari’atkan untuk (mengawali) tiap-tiap masalah penting, untuk hal beribadah.

Baca Juga :: Inilah Adab serta Batasan laki laki untuk Melihat Calon istrinya yang perlu Kamu Ketahui sebelum Menikah

2. Berwudhu Sebelum Tidur Membuat Kamu Terjaga Dari Gangguan Syaiton

Umumnya kita berwudhu saat akan melaksanakan sholat, baik itu sholat fardhu 5 waktu ataupun sholat sunnah, atau saat akan mengaji (membaca) Kitab Suci Al-Qur'an. Akan tetapi nyatanya, kita ikut disarankan untuk mengambil air wudhu sebelum tidur.

Ibnu Baththal dalam Syarah Shahih Bukhari menuturkan, sebenarnya wudhu sebelum tidur hukumnya sunnah serta begitu disarankan oleh Rasululah SAW, sebab waktu tidur ruh ada dalam genggaman Allah jadi alangkah baiknya bila berwudhu serta berdoa jadi amalan terakhir yang kita kerjakan sebelum tidur. Hingga kalau saat itu ialah malam terakhir kalinya memejamkan mata, maka insyaallah dia akan wafat dalam keadaan suci.

Mengenai dalil yang menjelaskan saran berwudhu sebelum tidur ialah seperti berikut

حدثني البراء بن عازب رضي الله عنهما قال قال رسولالله صلى الله عليه وسلم
إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلَاةِ ، ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الْأَيْمَنِ

Mempunyai arti :
Dari Barra bin Azib radiallahu ‘anhuma, jika Rasulullah shalallahu alaihi wa salam bersabda, “Apabila engkau akan tidur, berwudhulah seperti wudhu saat akan melaksanakan shalat. Lalu berbaringlah miring ke kanan"

Baca Juga :: Memutuskan Tali Silaturahmi Bisa Menjauhkan Kita Dari Pintu Surga Beginilah Penjelasannya

3. Membaca Ayat Kursi sebelum Tidur

Ayat Kursi adalah salah satu ayat Al-Qur'an yang sangat Agung, ada dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat ke-255. Isi dari ayat kursi sendiri yaitu mengenai Keesaan Tuhan dan kemampuan Tuhan yang mutlak atas semua hal dan jika Dia tidak kesusahan sedikitpun dalam memeliharanya.

Rasulullah SAW sudah menyarankan pada umatnya untuk membaca ayat kursi ini sebelum tidur. Hal ini berdasar pada hadits kisah Bukhari di bawah ini.

Rasulullah SAW bersabda 
“Apabila engkau mendatangi tempat tidur (pada malam hari), bacalah Ayat Kursi, pasti Allah akan selalu menjagamu serta setan akan tidak mendekatimu sampai waktu pagi” (HR. Al-Bukhari)

Perlu teman-teman pahami, nyatanya ayat kursi ikut mempunyai banyak kegunaannya serta keutamaan bagi siapapun yang mengamalkannya. Silahkan baca penjelasannya pada artikel yang berjudul "Faedah serta Keutamaan Membaca Ayat Kursi"

4. Mengamalkan 3 surat Pendek (Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq & An-Naas) Sebelum Tidur

Sesudah kita membaca Ayat kursi sebelum tidur, lalu diteruskan dengan membaca 3 Surat pendek, yaitu Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq & An-Naas. Hal ini berdasar pada hadits kisah bukhari di bawah ini.

Dari ‘Aisyah R.A, beliau berkata,

كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ كُلَّ لَيْلَةٍ جَمَعَ كَفَّيْهِ ثُمَّ نَفَثَ فِيهِمَا فَقَرَأَ فِيهِمَا ( قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ) وَ ( قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ ) وَ ( قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ ) ثُمَّ يَمْسَحُ بِهِمَا مَا اسْتَطَاعَ مِنْ جَسَدِهِ يَبْدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ وَمَا أَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ يَفْعَلُ ذَلِكَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ 

Mempunyai arti :
“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam saat ada dalam tempat tidur di tiap-tiap malam, beliau menyatukan ke-2 telapak tangannya lantas ke-2 telapak tangan itu ditiup serta dibacakan ’Qul huwallahu ahad’ (surat Al Ikhlash), ’Qul a’udzu birobbil falaq’ (surat Al Falaq) serta ’Qul a’udzu birobbin naas’ (surat An Naas). Lalu beliau mengusapkan ke-2 telapak tangan barusan pada anggota badan yang dapat dijangkau diawali dari kepala, muka, serta badan sisi depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak 3x.” (HR. Bukhari no. 5017)

5. Tidur Miring ke Kanan Sangat Di Anjurkan

Adab tidur setelah itu yakni, disarankan untuk tidur dengan tempat miring ke kanan. Hal ini berdasar pada hadits (poin ke 2 di atas) mengenai Wudhu sebelum tidur. Mengenai manfaatnya seperti dijelaskan oleh Ibnul Qayyim, “Tidur berbaring pada bagian kanan disarankan dalam Islam supaya seorang tidak kesulitan untuk bangun shalat malam. Tidur pada bagian kanan lebih bermanfaat untuk jantung. Sedang tidur pada bagian kiri bermanfaat buat tubuh (akan tetapi membuat seorang makin malas)” (Zaadul Ma’ad, 1/321-322)

6. Tidur Menghadap Kiblat pun Sangat Di Anjurkan

Tidak hanya tidur miring ke kanan sesuai dengan panduan Nabi, mungkin kita sempat juga mendengar bahwa jika tidur disunnahkan menghadap kiblat.

Baca Juga :: Inilah Beberapa Bacaan Wirid Pendek Yang Bisa Kamu Amalkan 

7. Membaca Doa Sebelum Tidur

Serta yang paling akhir yakni berdoa sebelum tidur. Buat temen-teman yang belumlah ingat doanya, silahkan mempelajari Lafadz Doa Sebelum Tidur.

Sesudah tuntas membaca doa sebelum tidur, lalu pejamkan mata serta janganlah berbicara kembali, sebab kelak justru tidak akan tidur.

Itulah 7 adab sebelum tidur sesuai dengan saran Nabi yang pantas kita amalkan. Mudah-mudahan dengan mengamalkan adab-adab tersebut, tidur kita jadi pulas, tetap terbangun dari masalah jin serta syaitan, serta bangun pas waktu sebelum subuh.

Demikian yang bisa saya sharing pada kesempatan kali ini yang dirangkum dari beberapa sumber. Mudah-mudahan berguna buat kita semua. Amin.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar