Cara mudah Merawat Kulkas 2 pintu Supaya Awet dan Tahan Lama bertahun tahun

Cara mudah Merawat Kulkas 2 pintu Supaya Awet dan Tahan Lama bertahun tahun

Tidak dapat disangkal kembali jika kulkas ialah salah satunya peralatan elektronik yang begitu bermanfaat keberadaanya. Dengan adanya kulkas di dalam rumah, kita dapat menaruh persediaan makanan atau minuman untuk beberapa waktu kedepan. Jadi dengan adanya kulkas kita tak akan butuh ke pasar setiap hari untuk membeli beberapa bahan masakan dan makanan yang kita taruh di kulkas juga dapat bertahan lebih lama dibanding disimpan pada suhu ruangan. 


Panduan Menjaga Kulkas Supaya Lebih Awet 


Nah, mengingat fungsinya yang spesial tersebut, kulkas tentu saja membutuhkan perlakuan serta perawatan spesial supaya terus awet. Pasalnya kulkas akan dinyalakan nonstop untuk waktu yang lama. Perawatan kulkas tersebut tidak susah serta tentu saja dengan menjaga kulkas dengan baik akan memperpanjang umur kulkas Anda serta terlepas dari beberapa permasalahan yang seringkali muncul pada kulkas. 

Untuk menjaga kulkas supaya lebih awet, di tempat ini kami telah meringkas beberapa panduan yang dapat Anda aplikasikan. 

1. Membuka kulkas pintu sekedarnya
Cara perawatan kulkas 2 pintu agar awet dan tahan lama
Sumber gambar : www.carabuas.xyz

Sebisa mungkin janganlah sangat sering membuka pintu kulkas atau membiarkan pintu kulkas kelamaan terbuka. Hal itu akan meningkatkan beban kerja mesin pendingin sebab suhu yang tidak stabil karena keluar masuknya hawa di luar kulkas. Buka pintu kulkas terlalu lama seperti ini pula dalam periode panjang dapat menyebabkan mesin pendingin rusak. Makin berat kerja mesin pendingin tentu saja dapat berimbas pada penyerapan listirk yang semakin besar. Mengakibatkan tagihan listrik yang dapat bertambah. 

2. Pakai bak freezer sekedarnya
Bak frezzer bahaya apabila di masukan air panas
Sumber gambar : http://aespe.blogspot.com

Jauhi menaruh makanan seperti buah-buahan atau sayuran ke baki freezer. Sebab sisa-sisa makanan yang ketinggalan itu nanti akan susah dibersihkan. Lalu janganlah menaruh botol kaca di freezer sebab kaca mempunyai karakter yang mudah pecah jika air didalamnya membeku. 

Baca Juga :: Cara Menjaga Kipas Angin Supaya Tahan Lama

3. Cairkan kembang es
Cara mencairkan bunga es pada kulkas 2 pintu
Sumber gambar : https://pantip.com/topic/32187303

Secara berkala Anda butuh mencairkan kembang es yang ada pada freezer. Anda dapat mencairkan kembang es itu dengan menekan tombol peleburan (defroting) yang ada di kulkas. Tetapi bila kulkas Anda tidak mempunyai feature itu, Anda dapat mencairkan kembang es lewat cara mematikan kulkas sampai kembang es mencair. Dengan begitu, kulkas bisa menjadi bersih kembali serta kapasitas kulkas dapat kembali normal. 

4. Jauhi menaruh benda panas di dalam kulkas
Menghindari benda panas dan efek nya pada kulkas
Sumber gambar : https://www.google.co.id/amp/nakita.grid.id

Sebaiknya anda tidak menaruh makanan atau minuman yang masih juga dalam kondisi panas. 

Penambahan suhu di dalam kulkas akan mengakibatkan mesin pendingin kerja lebih keras untuk menyetabilkan suhu di dalam kulkas. Perihal ini tidak hanya kurang baik untuk mesin pendingin, bisa juga menyerap listrik yang banyak sampai suhu dingin di dalam kulkas tercapai. 

Baca Juga :: Panduan Menjaga Serta Memakai Kipas Supaya Tidak Mudah Rusak

5. Kenali waktu taruh makanan
Waktu yang tepat untuk perawatan kulkas 2 pintu
Sumber gambar : https://www.google.co.id/amp/sajiansedap.grid.id

Janganlah kelamaan menaruh makanan dalam kulkas serta membiarkannya busuk. Umumnya, untuk buah-buahan serta sayuran fresh dapat bertahan 3-4 hari, ikan 1-2 hari,daging ayam 4-5 hari, dan telur ayam 2 minggu, keju keras sekitar sebulan dan untuk minuman olahan yang dapat dilihat waktu simpannya dari tanggal kadaluarsa yang tercantum pada kemasan. 

6. Membersihkan dengan teratur
Membersihkan kulkas dengan mudah
Sumber gambar : https://www.google.co.id/amp/belitung.tribunnews.com

Bersihkan kulkas dengan teratur bisa mengawasi supaya kulkas masih awet serta bertahan lama. Langkah membersihkan kulkas sangat gampang. Pertama cabut saklar dari stop kontak, serta mengeluarkan semua yang berada di dalam kulkas termasuk juga wadah serta rack plastiknya. Sesudah itu bersihkan semua wadah plastiknya serta untuk sisi luar pakai air hangat untuk membersihkannya. 

Demikian panduan yang dapat Anda aplikasikan supaya kulkas Anda di dalam rumah dapat lebih tertangani serta tahan lama. 
Mudah-mudahan bermanfaat !

No comments