Skip to main content

Cara atasi Baterai Bocor agar kembali Normal seperti baru di beli

Kebanyakan dari smartphone yang baru mempunyai baterai smartphone yang menyatu dengan body HP, orang biasanya menyebutkan sebagai non-removable atau baterei tanam. Memang ada banyak smartphone paling baru yang baterainya dapat dicabut atau removable tetapi jumlahnya tidak banyak. HP dengan baterei tanam sebetulnya dapat diganti, akan tetapi rata-rata butuh berkunjung ke service center atau teknisi sebab tidak kebanyakan orang dapat mengerjakannya. Nah, bila Anda tidak ingin ribet masalah masalah perubahan baterei ini, semestinya Anda menjaga baterei Anda dengan benar. Upayakan supaya baterei smartphone Anda awet serta tidak bocor. 

Kalau bocor, kami akan menolong Anda untuk menangani permasalahan itu. Untuk memahami bagaimana smarpthone dapat bocor, semestinya Anda kenali lebih dulu mengapa suatu baterei HP dapat bocor serta beberapa ciri HP bocor. Soal ini penting supaya jadi catatan untuk Anda yang belum juga ponselnya belum bocor.


Yang menimbulkan Baterai HP Bocor 

Penyebab baterai hp bocor
Sumber gambar :https://macpoin.com


1. Menggunakan Power Bank 

Pada hp akan nerakibat bocor
Sumber gambar : https://jual-beli-murah-distributorterpercaya.blogspot.com

Menggunakan Power Bank Power bank atau juga bisa dimaksud pengisi baterei portabel ialah alat yang berguna, terpenting untuk mereka yang seringkali pergi ke luar rumah. Beberapa orang yang menggunakan power bank sebab dipandang miliki fungsi yang baik dalam isi daya. Sayangnya, pemakaian power bank nyatanya punya pengaruh pada baterei smartphone. Banyak baterei HP yang bocor karena biasanya di isi daya menggunakan power bank. Ingat, seringkali, ya! Berarti, HP Anda begitu ketergantungan sekali dengan power bank. Upayakan supaya Anda tidaklah terlalu tergantung pada power bank. Semestinya, charge HP Anda menggunakan stop kontak biasa. 

Pemakaian power bank yang terlalu berlebih akan menyebabkan pada arus daya yang tidak konstan. Bila pemakaiannya terlalu berlebih, akan begitu punya pengaruh besar pada kualitas daya baterei yang makin hari makin mengalami penurunan. Ujung-ujungnya, HP akan mengalami kebocoran. 

Baca Juga :: 25+ Cara Mengatasi agar Baterai Android Tidak Cepat Habis


2. Dipakai Menelepon atau Main Game Waktu di-Charge 

Saat cas hp menyebabkan bocor pada batre
Sumber gambar : https://www.oyetekno.com

Aspek ini pula jadi pemicu mengapa baterei HP dapat bocor. Upayakan Anda tidak melakukan panggilan telephone saat mengisi daya telephone atau digunakan sekalian bermain game. Kalau memang perlu sekali menelpon, cabut saja dayanya atau jangan pernah HP tersambung dengan charger. Atau, Anda dapat juga menunggu sampai pengisian daya mencapai 100%. 


3. Seringkali Membiarkan HP Mati Total 

Penyebab hp mati total
Sumber gambar : https://www.novusfumus.nl

Pemicu lainnya kenapa baterei HP bocor ialah sebab HP seringkali kehabisan daya sampai 0% alias mati total. Semestinya, jauhi HP sampai mati total. Melakukan segera pengisian daya bila HP Anda telah sampai 20%. Waktu HP masih tetap miliki daya 40% pun Anda masih tetap dapat isi daya alias langsung charging. 


Tanda-tanda Baterei HP Bocor

Akan bocor secara mendadak
Sumber gambar : www.amazon.com

Bila barusan diulas masalah pemicu baterei HP yang bocor, saat ini mari ulas masalah beberapa ciri baterei HP yang mengalami kebocoran. Tersebut ciri-cirinya: 


1. Baterei yang Mengembung 

Batrei hp anndroid hamil
Sumber gambar :http://multekno.blogspot.com 

Buat Anda yang masih tetap menggunakan HP dengan baterei removable, dapat cek dibagian baterainya apa terlihat menggembung ataukah tidak. Mengecheck keadaan fisik baterei ini memang paling gampang. Anda dapat mengetesnya juga lewat cara diputar. Bila diputar dapat memutar cepat serta lama, itu pertanda memang baterei menggembung yang berarti baterei smartphone telah alami babak kebocoran baterei. 


2. Persentasi Menambahkan Daya yang Tidak Biasa 

Mengakibatkan presn yang tidak stabil

Ciri lainnya kenapa baterei HP dapat alami kebocoran ialah waktu pengisian daya. Bila waktu charging daya baterei cepat terisi penuh tetapi waktu digunakan langsung drop, telah diyakinkan bila baterei HP itu telah mengalami kebocoran. 


3. Baterei yang Terasa Lebih Panas 

Bocor pada baterai hp akibat baterai panas
Sumber gambar : www.bacaterus.net

Ciri lainnya baterei HP Anda mengalami kebocoran ialah sisi dalam baterei yang terasa lebih panas. Bila Anda menggunakan smarpthone untuk main game lalu bagian baterei terasa panas, dapat disebutkan itu wajar. Berbeda narasi bila bagian baterei HP Anda berasa panas dengan tidak diduga, itu bermakna baterei smartphone Anda mengalami kebocoran. 

Baca Juga :: Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Cepat Panas, Ampuh Perlu Di Coba !

Langkah Melakukan perbaikan Baterei HP Bocor Telah diterangkan sebelumnya mengenai pemicu serta cici-ciri baterei HP bocor. Info itu pasti akan bermanfaat untuk Anda yang HP-nya belumlah mengalami kebocoran, alias Anda dapat lebih siaga pada penggunaan smartphone. Nah, spesial buat Anda yang baterei ponselnya mengalami kebocoran, sebelum Anda membeli baterei baru, Anda dapat lakukan beberapa langkah di bawah ini: 


  • 1. Langkah awal yang perlu Anda kerjakan ialah melepas baterei dari hp. 
  • 2. Pegang baterei, apa berasa panas ataukah tidak. Bila masih tetap terasa panas, semestinya diamkan lebih dulu sampai suhu baterei terasa normal. 
  • 3. Cari plastik untuk membungkus baterei. Anda dapat memakai plastik transparan yang tentu saja gampang ditemukan. Alangkah sebaiknya mencari plastik yang cukup besar lalu bungkus baterei serta jangan pernah ada ruang udara yang masuk. 
  • 4. Langkah menangani baterei bocor setelah itu yaitu dengan memasukan baterei yang telah dimasukan plastik barusan ke lemari pendingin atau freezer. 
  • 5. Taruh baterei yang terbungkus barusan di freezer selama rata-rata 540 menit sampai 720 menit atau rata-rata 9 sampai 12 jam supaya baterei berasa beku. 
  • 6. Bila telah lewat waktu yang dipastikan, keluarkan baterei dari freezer. 
  • 7. Janganlah langsung gunakan baterei, tetapi diamkan dahulu selama 120 menit di ruang supaya suhu baterai kembali normal. 8. Sesudah suhu baterei normal jadi Anda dapat pasang kembali baterei ke hp Anda. 
  • 8. Sesudah suhu baterei normal maka Anda dapat pasang kembali baterei ke hp Anda. 
  • 9. Isi daya HP Anda saat 8 jam. Dalam proses pengisian daya, hp sebaiknya dalam kondisi mati. 
  • 10. Bila sudah, silahkan nyalakan serta lihat pergantian yang berlangsung. Biasanya baterei akan kembali normal. Cara barusan akan membuat baterei kembali normal serta tidak mengalami kebocoran. Akan tetapi, jelas performnya akan tidak sebagus waktu baterei HP pertama-tama dipakai. Akan berlangsung penurunan ketahanan, tetapi tentunya lebih baik di banding saat baterei dalam keadan bocor. 


Bila cara barusan gagal, memang semestinya Anda beli baterei baru. Akan tetapi, banyak yang memakai cara itu serta biasanya kualitas baterainya lebih baik. Untuk Anda yang baterei ponselnya belumlah bocor, semestinya mengawasi kualitas baterei hp Anda. 

Kurangi penggunaan smartphone terlalu berlebih serta susunlah tingkat kecerahan layar. Perlu Anda kenali, bila tingkat kecerahan layar nyatanya akan mengonsumsi daya baterei semakin banyak. Supaya pemakaian baterei smartphone lebih maksimal, Anda dapat juga memakai aplikasi pihak ke-3 seperti aplikasi penghemat daya baterei. Terdapat beberapa aplikasi penghemat baterei smartphone yang dapat Anda pilih, tetapi semestinya pilih yang tidak sangat banyak muncul iklan. 

Demikian ulasan tentang langkah menangani baterei HP supaya tidak bocor. Satu kali lagi, langkah yang telah diuraikan itu berlaku untuk baterei HP yang dapat dicopot alias baterei removable, ya. Punya panduan yang lain? Janganlah sungkan untuk share di kotak kometar, mudah-mudahan membantu!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar