5 Cara Menyimpan Hasil Unduhan langsung masuk ke Memori Eksternal di Android Skip to main content

5 Cara Menyimpan Hasil Unduhan langsung masuk ke Memori Eksternal di Android

Setelah kamu susah-susah mengunduh, lalu menunggu hasil download-nya lama, eh hasil download nya malah tidak langsung tersimpan ke kartu memori eksternal. Sempat merasakannya kan ? Memang, terkadang ada-ada saja masalah serta permasalahan waktu memakai smartphone. Tetapi, yakin lah jika tiap-tiap permasalahan tetap ada jalan keluarnya, seperti permasalahan hasil unduhan yang tidak langsung tersimpan di kartu memori.
5 Cara Menyimpan Hasil Unduhan langsung masuk ke Memori Eksternal di Android

Ada banyak jalan keluar serta langkah menaruh hasil unduhan ke kartu memori eksternal dengan gampang serta simpel. Bahkan juga, Anda dapat mengerjakannya sendiri tanpa butuh pertolongan dari professional. Nah, untuk memahami langkah menyimpan hasil unduhan ke kartu memori eksternal disini saya miliki beberapa panduan serta jalan keluarnya, nih. Dibaca artikelnya sampai akhir, ya!

5 Langkah Menyimpan Hasil Unduh ke Kartu Memori Eksternal di HP

1. Pindahkan Dengan Manual

HP Anda tidak mempunyai fitur menaruh hasil unduhan dengan cara langsung ke kartu memori eksternal? Tenang saja, masih tetap ada jalan menuju Roma, ya ada banyak langkah dan diantaranya ialah menempatkan dengan manual. Walau terkesan repot, tetapi langkah tersebut juga cukuplah efisien serta gampang dikerjakan.

Anda cuma butuh membuka mentahaan file (tiap-tiap HP namanya berlainan). Lalu, masuklah ke internal storage >> unduhan. Lantas, Anda langsung bisa pilih tiap-tiap file hasil unduhan yang ingin Anda taruh ke eksternal storage.

Bila telah tuntas menentukan, langsung pindahkan / cut hasil unduhan itu ke eksternal storage. Beres deh, saat ini hasil unduhan di HP telah dipindahkan ke kartu memori. Bagaimana, gampang kan?

Baca Juga :: Menemukan Jodoh Secara Cepat! Cara Memperoleh Beberapa ribu Kontak WhatsApp Baru dengan Sekali Klik

2. Mengandalkan PC / Laptop

Mari teruskan lewat cara lainnya, langkah menaruh hasil unduhan ke kartu memori eksternal yang satu ini tentu dapat dikerjakan oleh semua HP. Tetapi sayangnya, langkah yang satu ini akan tidak membuat hasil unduh langsung tersimpan di kartu memori, ya. Juga, Anda mesti lewati tahap-tahap yang cukuplah repot. Berikut triknya:


  • Hubungkan kabel USB HP ke Port USB di PC atau Laptop.
  • Lalu, cek di PC / laprtop Anda serta langsung membuka file-file yang berada di HP lewat PC. 
  • Sesudah itu, pilih internal storage.
  • Lantas, Anda langsung bisa memindahkan file-file di internal storage lewat cara cut atau CTRL + Z.
  • Paling akhir, baru Anda lakukan perpindahan ke eksternal storage lewat cara CTRL + V di dalam eksternal storage.


Tuntas sudah, sekarang semua file hasil unduhan Anda di internal storage telah dipindahkan ke eksternal storage alias kartu memori.

3. Memakai Aplikasi Advanced Unduh Manager

Spesial buat pemakai Android, bila Anda terasa ribet mesti memindahkan hasil download ke kartu memori dengan memakai PC / laptop, jadi cobalah aplikasi yang ada di PlayStore. Masalahnya PlayStore ini juga miliki aplikasi bagus yang dapat digunakan menjadi salah satunya langkah mengalihkan hasil unduh ke kartu memori di HP, Advanced Unduh Manager.

Aplikasi gratis yang dapat didapat di PlayStore ini dapat dibuktikan cukuplah menolong untuk pemakai Android yang ingin hasil unduhan langsung disimpan ke kartu memori. Masalahnya Advanced Unduh Manager ini miliki fitur penyusunan dimana Anda tidak perlu repot memakai PC atau memindahkan dengan manual untuk hasil unduhan.

Biarlah aplikasi ini yang mengalihkan hasil download-an Anda ke kartu memori. Nah, langkah memakainya cukuplah simpel. Pertama, tentu saja Anda mesti miliki aplikasinya dahulu, silahkan unduh aplikasinya lewat PlayStore. Sesudah itu pasang aplikasinya di hp Anda.

Sekarang Anda dapat meneruskannya dengan membuka serta masuk ke aplikasi. Pilih menu pengaturan / setting. Selanjutnya, Anda langsung bisa click pada menu Undahan / Unduh. Lantas, masuk pada menu Folder File Unduhan serta click pada simbol folder.

Telah selesai? Nah, saat ini waktunya Anda pilih folder manakah yang ingin dijadikan tempat untuk menaruh hasil unduhan, berarti di step ini jadi Anda pilih kartu memori. Langkah paling akhir, sekarang Anda cuma butuh click OK. Beres deh, saat ini hasil unduhan Anda telah dipindahkan ke kartu memori, bahkan juga waktu mendownload file baru akan langsung masuk ke kartu memori eksternal.

4. Mengatur di Pengaturan

Sebetulnya langkah menaruh hasil unduhan ke kartu memori eksternal yang satu ini tidaklah terlalu efisien. Kenapa? Karena, langkah tersebut jarang ada di sejumlah HP baru. Akan tetapi, ada banyak HP juga yang masih tetap menyiapkan fitur setting untuk menaruh hasil unduhan dengan cara langsung ke kartu memori eksternal.

Triknya cukuplah gampang serta cuma perlu beberapa kali click saja. Pertama, Anda dapat masuk ke menu pengaturan. Sesudah itu, baru Anda mencari menu Penyimpanan / Storage. Bila telah ketemu, langsung pilih pengaturan Kartu SD. Selesai, sekarang semua hasil unduh Anda akan disimpan dengan automatis ke kartu memori eksternal.

Baca Juga :: Cara Memperbaiki Lampu Lcd Ponsel Yang Mati Karena Ngeblank

5. Langkah Memindahkan Hasil Unduhan di HP Xiaomi

Jika 4 cara tersebut dapat dipakai oleh HP merk apa pun, akan tetapi langkah yang satu ini cuma untuk beberapa pemakai Xiaomi saja, ya. Masalahnya HP Xiaomi miliki fitur sendiri untuk merubah tempat penyimpanan hasil unduh. Menjadi, semua file yang telah didownload akan langsung disimpan ke kartu memori serta Anda tak perlu ribet mengalihkannya lagi dengan manual.

Ganti Pengaturannya

Ada dua acara memindahkan hasil unduhan ke kartu memori eksternal pada HP Xiaomi, yang pertama yaitu dengan merubah pengaturannya. Beginilah langkah merubah pengaturan supaya semua hasil unduh bisa terpindah ke kartu memori eksternal.

Pertama, mencari aplikasi Unduhan/Downloads (umumnya berada di folder Alat/Tools). Bila telah ketemu, teruskan dengan click lambang titik tiga pada sudut kanan atas, lalu pilih setting. Setelah itu, Anda pilih Save to a custom location. Langkah paling akhir, pilih tempat penyimpanan hasil unduhan di kartu memori. Selesai sudah, gampang serta sederhana, kan?

Menggunakan Aplikasi Bawaan

Membuka Setelan, lalu gulir ke bawah serta pilih Sistem Aplikasi. Sesudah itu, Anda dapat pilih Browser >> Setelan Penambahan >> Tempat Unduhan. Nah, pada step itu jadi pilih kartu SD / kartu memori untuk tempat menaruh hasil unduhan. Selesai, sekarang Anda telah mengalihkan serta langsung menaruh hasil unduhan di kartu memori eksternal.

Itulah barusan beberapa cara memindahkan dan menaruh hasil unduhan di kartu memori eksternal, ada yang memindahkan dengan manual atau langsung menaruh hasil unduhan ke kartu memori eksternal. Jika Anda lebih senang melalui langkah yang manakah untuk memindahkan file ke kartu memori eksternal?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar