Cara Maksimal kan Ventilasi Udara pada Rumah Minimalis di Kamar Tidur dan di Atas Jendela Kamar Mandi Skip to main content

Cara Maksimal kan Ventilasi Udara pada Rumah Minimalis di Kamar Tidur dan di Atas Jendela Kamar Mandi

Sirkulasi udara yang fresh begitu utama di dalam rumah, khususnya di luar ruang ke ruang lainnya yang cenderung tertutup, seperti kamar tidur. Tanpa distribusi, hawa segar mungkin tidak menggapai semua ruang didalam rumah serta bisa mengakibatkan kantong udara basah. Distribusi udara di semua rumah umumnya memerlukan pertolongan kipas angin serta skema aliran.

Menyalurkan hawa segar di dalam ruang dibutuhkan untuk mengurangi ventilasi dibawah, seperti di ruangan besar atau ruang dengan beberapa furniture atau beberapa barang yang disimpan. Kipas angin, atau lebih baik lagi, metode distribusi yang ditingkatkan bisa menunjang di sini juga.
Cara Maksimal kan Ventilasi Udara pada Rumah Minimalis di Kamar Tidur dan di Atas Jendela Kamar Mandi

Pemilik rumah yang lebih tua umumnya memercayakan buka jendela di kamar mandi serta dapur untuk memperoleh angin sepoi-sepoi untuk penuhi kebutuhan ventilasi mereka. Akan tetapi, kamar tidur seringkali diventilasi hingga beberapa macam skema ventilasi mekanis mungkin dibutuhkan. Hal seperti ini begitu penting bila rumah-rumah ini mesti atau sudah dibikin kedap hawa lewat perbaikan serta modifikasi.

Exhaust fan kamar mandi serta dapur yang melampiaskan ke sisi luar disarankan menjadi minimal untuk menghilangkan bau serta kelembapan yang dibuat di kamar-kamar itu. Akan tetapi, metode ventilasi semua rumah lebih efisien dalam menyiapkan ventilasi yang ideal.

Langkah Mengoptimalkan Ventilasi Ruangan di Rumah

Perhatian: Ventilasi cuma untuk pembuangan saja bisa mempromokan tingkat dekompresi yang tinggi, yang terpenting bila exhaust fan kuat dipakai. Tingginya tingkat dekompresi bisa mengubah saluran gas buang di cerobong dari beberapa type peralatan pembakaran bahan bakar seperti kompor kayu serta pemanas air memiliki bahan bakar gas serta menumpahkan gas kembali pada rumah. Keadaan berbahaya ini mesti dijauhi. Pemilik rumah bisa mempunyai fungsi dari HRV (heat recovery ventilator) atau ERV (energy recovery ventilator) sebab aliran ventilasi spesial dalam dimensi yang lebih kecil ada untuk skema kecepatan rendah reguler. Lebih jauh lagi, skema kecepatan tinggi tawarkan aliran hawa yang lebih kecil. Lihat jika skema mesti didesain serta dipasang dengan benar untuk menahan kebisingan dari saluran hawa.

Saluran-saluran bisa dipasang diantara lantai yang ada, di rongga dinding, ruangan pojok, almari, di atau di langit-langit bawah tanah, serta di langit-langit jatuhan tapi tidak di loteng saat terkena suhu berlebihan yang bisa mengakibatkan rusaknya kelembapan serta kehilangan energi.

Baca Juga :: Cara Mendekorasi Dapur Kecil yang Sempit pada Rumah Minimalis

Rumah yang mempunyai kipas kamar mandi serta tungku hawa dipaksakan

Memercayakan exhaust fan kamar mandi saja bukan trik ventilasi yang efisien. Skema ini bergantung pada hawa luar ruang yang bocor lewat beberapa celah didalam rumah untuk menukar hawa yang habis oleh kipas kamar mandi. Kipas tungku serta metode aliran lalu mencampurkan hawa segar infiltrasi ini dengan hawa rumah serta mendistribusikan nya didalam rumah tapi cuma saat kipas tungku tengah beroperasi.

Taktik ventilasi yang lain ialah menempatkan kipas berkualitas tinggi serta irit daya penambahan yang terdapat di pusat serta tersambung dengan elektrik dengan skema pemanas hawa paksa. Kipas ventilasi ini biasanya dipasang di langit-langit lorong lantai utama atau terdapat di dekat kamar tidur, dengan pengontrolnya terdapat di samping kontrol tungku. Kipas mesti dilepaskan ke luar. Walau memberikan kipas ventilasi penambahan yang sama-sama terkait dengan kipas tungku bukan langkah terunggul untuk menjalankan skema ventilasi, itu dapat dibikin bekerja.

Untuk beberapa rumah yang begitu kedap hawa, aliran kecil dapat juga berjalan dari sisi luar bangunan ke aliran bagasi kembali dari tungku untuk mengenalkan hawa segar langsung ke tungku. Aliran kecil ini kurangi berapa banyak hawa yang ditarik lewat kebocoran dinding serta menggerakkan tempering hawa luar sebelum sampai ruang. Akan tetapi, menambahkan aliran kecil mesti didiskusikan dengan kontraktor pemanasan untuk hindari peluang rusaknya penukar panas tungku.

HRV atau ERV tersambung ke skema aliran tungku

Ventilator pemulihan panas serta daya ialah alat mekanis yang menyiapkan ventilasi yang baik tiada memunculkan cost daya yang tinggi untuk memanaskan hawa luar yang masuk. Ke-2 ventilator ini pertama-tama memakai hawa yang habis untuk memanaskan hawa yang masuk. Mereka memulihkan 60 sampai 90 % panas dari hawa yang habis.

Mengakibatkan, hawa yang masuk pada musim dingin akan tambah lebih hangat dibanding hawa luar yang tidak dirawat (tetapi masih tetap lebih dingin dari hawa rumah).

Ventilasi yang seimbang yang disiapkan oleh piranti ini tidak bisa membuat dekompresi rumah yang bisa memengaruhi manfaat yang pas serta aman dari perlengkapan memiliki bahan bakar didalam rumah.

Diluar itu, ERV mentransfer beberapa kelembapan dari saluran hawa yang lebih lembab (hawa dalam ruang pada musim dingin serta hawa luar ruang pada musim panas) ke saluran hawa yang lebih kering, yang menolong mengatur tingkat kelembapan didalam rumah. Saat musim pemanasan, transfer kelembapan ini bisa kurangi kekeringan interior beberapa rumah kedap hawa, yang mungkin berlangsung saat HRV dipakai, terpenting di iklim yang dingin serta kering. Juga, ERV bisa tingkatkan kontrol kelembapan dalam ruang serta kurangi mengkonsumsi daya AC pada hari-hari lembab yang hangat.

Sebab HRV atau ERV memakai memerlukan aliran kerja tungku dalam penyusunan ini, kipas tungku mesti menyala atau sekurang-kurangnya bersepeda serta mematikan, untuk hawa fresh untuk didistribusikan di seputar rumah. Kontrol HRV atau ERV bisa menyalakan kipas tungku (diketahui menjadi interlocking).

Untuk tingkatkan efisiensi daya kipas tungku, pasang atau modifikasi tungku dengan motor kipas arus langsung atau pasang pengatur bersepeda kipas atau termostat yang bisa diprogram yang mempunyai feature kipas-bersepeda. Seperti dalam tungku, HRV serta ERV memerlukan perawatan serta pembersihan teratur.

Ventilasi serta kualitas hawa yang baik kadang kurang dihargai. Bila tungku rusak pada musim dingin serta rumah mulai dingin, Anda akan lihat permasalahan itu dalam beberapa saat. Akan tetapi, ventilasi yang tidak mencukupi biasanya akan tidak dilihat secara cepat sebab memerlukan waktu untuk tanda-tanda seperti hawa pengap, akumulasi kelembapan atau jamur untuk berkembang.

Baca Juga :: Disain Pagar Rumah Minimalis 1 lantai Sesuai Harga

Waktu yang pas untuk rasakan kualitas hawa dalam ruang ialah saat Anda masuk satu rumah, sebelum Anda terlatih dengan hawa dalam ruang. Apa Anda memerhatikan berbau bekas memasak, berbau sampah atau bahkan juga berbau apek dari jamur? Semestinya baunya fresh serta netral. Orang memerlukan hawa fresh setiap waktu tapi keperluan akan ventilasi penambahan akan beragam sesuai dengan musim.

Di dalam musim dingin, saat begitu dingin atau berangin diluar, tingkat PUJ (pergantian hawa /jam) rumah bisa menjadi tambah tinggi, serta Anda mungkin tidak membutuhkan ventilasi mekanis penambahan. Tingkat PUJ musim dingin yang tinggi ini ialah dampak tumpukan, yang dikarenakan oleh kemampuan naiknya hawa hangat: makin besar ketidaksamaan pada suhu interior serta exterior, makin kuat style dampak tumpukan.

Style yang lebih kuat mengakibatkan semakin banyak hawa hangat bocor ke sisi atas rumah sesaat hawa dingin disedot untuk menggantikannya dibagian bawah rumah – jadi tingkat PUJ tambah tinggi. Sering ventilasi mekanis logis pada musim gugur, musim dingin serta musim semi. Ventilasi mekanis bahkan juga berguna untuk pertengahan musim panas bila Anda memakai AC serta tidak buka jendela untuk waktu yang lama. Bahkan juga, musim panas ialah saat rumah mempunyai tingkat PUJ alami paling rendah. Angka ini rendah sebab dampak tumpukan tambah lebih dikit. Hal seperti ini dikarenakan ketidaksamaan pada interior serta exterior jadi tambah lebih kecil pada sekarang ini tahun. Menyiapkan ventilasi yang baik Ventilasi yang baik bisa ditambahkan ke rumah manakah saja, umumnya dengan cost yang lumrah. Pendapat berikut untuk beberapa rumah.

Ventilasi tidak demikian terpenting saat rumah tidak ditempati, walau beberapa rumah membutuhkan ventilasi mekanis yang tengah berjalan untuk mengatur kelembapan serta potensinya untuk mengakibatkan kerusakan rumah (contohnya kurangi pembentukan kondensasi pada jendela pada musim dingin, yang bisa mengakibatkan rusaknya pada bingkai jendela, trim serta dinding) .

Untuk menolong mengatur jumlahnya ventilasi yang diperlukan serta menahan ventilasi berlebihan, yang membuang-buang daya serta condong mengeringkan rumah, kontrol simpel sampai mutakhir, dari timer ke pengontrol yang bisa diprogram elektronik, ada. Yakinkan konsultansi dengan sang pakar sebelum menempatkan ventilasi di rumah Anda.

Akan tetapi, ada saatnya dibutuhkan tingkat ventilasi yang tinggi misalnya:

- musim gugur pertama serta musim dingin untuk rumah baru atau yang sudah diperbaiki dengan substansial, untuk menghilangkan kelembapan berkaitan konstruksi.

- rumah dengan jumlahnya penghuni yang tinggi, baik sesaat ataupun permanen - Rumah-rumah dimana pekerjaan perbaikan (drywalling, lukisan, finishing lagi lantai, dan lain-lain.) Atau perlengkapan baru membuat konsentrasi polutan yang tinggi.

- Rumah-rumah yang penduduknya alami permasalahan pernafasan. Orang yang alergi pada polutan luar memerlukan supply hawa luar yang disaring.

Bagaimana, apa anda telah temukan jalan keluarnya? Pilihan lainnya yang bisa anda coba ialah mengirit daya didalam rumah, dengan panduan di bawah ini. Mudah-mudahan berguna!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar