Beberapa ciri Makanan Mempunyai kandungan Formalin serta Boraks dan Gambarnya Skip to main content

Beberapa ciri Makanan Mempunyai kandungan Formalin serta Boraks dan Gambarnya

Sangat banyak beberapa bahan pengawet yang tersebar di market. Bahan pengawet itu ada dua jenis, yakni bahan pengawet alami serta bahan pengawet sintetis (buatan). Bahan pengawet alami ialah yang sangat aman untuk dipakai menjadi pengawet makanan. Bahan yang dipakai umumnya gula atau garam.
Beberapa ciri Makanan Mempunyai kandungan Formalin serta Boraks dan Gambarnya

Mengenai bahan pengawet sintetis, sangat banyak jenisnya seperti natrium benzoat ataupun asam sorbat. Pengawet yang terbuat dari beberapa bahan kimia ini bisa dipakai pada makanan dengan kandungan spesifik, sesuai dengan yang diperbolehkan oleh Kementerian Kesehatan atau BPOM. Selain itu ada juga pengawet sintetis yang dilarang dipakai untuk mengawetkan makanan, salah satunya formalin.

Belakangan ini formalin seringkali dipakai untuk mengawetkan makanan, seperti tahu, mi basah, ikan serta daging ayam. Formalin sebetulnya bahan kimia yang cuma bisa dipakai untuk kepentingan diluar badan, berarti formalin tidak bisa masuk ke pada tubuh manusia sebab akan begitu mengakibatkan kerusakan organ-organ yang ada.

Formalin biasa dipakai untuk mengawetkan mayat serta organ-organ makhluk hidup, menjadi penghilang hama, disinfektan dalam industri plastik serta busa dan untuk sterilisasi ruang. Beberapa pedagang nakal menyengaja pilih formalin sebab harga nya yang tambah murah bila di banding pengawet makanan yang diijinkan, seperti asam sorban atau natrium benzoat. Tidak hanya murah, formalin juga lebih hemat, gampang dipakai sebab berupa larutan dan gampang didapat di beberapa toko kimia.

Akan tetapi di balik keringanan serta harga yang murah itu formalin menaruh segudang bahaya buat badan manusia. Formalin mempunyai dampak toksik yang tinggi sekali serta berbentuk karsinogenik yang akan menyuburkan perkembangan beberapa sel kanker. Didalam formalin terdapat 37% formaldehid di air, apabila dipakai untuk mengawetkan, ditambahkan metanol sampai 15%. Jika beberapa bahan ini masuk ke pada tubuh manusia, maka menyebabkan fatal. Beberapa penyakit kronis ataupun akut akan menyerang badan.

Ciri Makanan Yang Memiliki kandungan Formalin

Buat kita orang pemula, mungkin agak kesusahan untuk tahu berapa kandungan formalin yang ada pada satu type makanan. Akan tetapi lantaran besarnya bahaya yang diakibatkan oleh formalin, butuh kiranya kita tahu beberapa ciri makanan yang memiliki kandungan formalin.

Untuk menguji ada atau tidaknya kandungan formalin pada makanan, kita dapat gunakan kertas tanda pada air rendaman makanan itu. Kertas tanda ini bisa kita dapatkan di apotek atau toko obat. Jika kertas tanda itu lalu beralih warna sesudah di celupkan ke rendaman, jadi dapat diyakinkan makanan itu memakai formalin. Lantas bagaimana bila kita tidak sudah sempat menguji? Sesaat di muka kita ada makanan yang mencurigakan? Tersebut beberapa ciri makanan yang mempunyai kandungan formalin.

Baca Juga :: Tips Diet Cepat Kurus Alami Tanpa Olahraga Ekstrim Yang Efektif

Ikan


  1. Berwarna putih bersih serta dagingnya kenyal
  2. Insang tidak berwarna merah fresh tetapi merah tua
  3. Pada suhu 25° dapat tahan sampai beberapa hari
  4. Menjadi uji simpel, coba suguhkan ikan yang barusan Anda beli pada kucing. Jika kucing tidak ingin mengonsumsi bahkan juga pergi, itu tandanya ikan yang Anda beli memiliki kandungan formalin atau beberapa bahan kimia lainnya
  5. Tidak ada berbau amis ciri khas ikan, tetapi berbau menusuk ciri khas formalin


Ayam potong


  1. Berwarna putih bersih
  2. Pada suhu kamar dapat awet sampai beberapa hari



Tahu


  1. Mempunyai bentuk yang begitu bagus serta kenyal
  2. Struktur begitu halus, tidak gampang hancur
  3. Pada suhu 25° dapat tahan sampai 3 hari, didalam pendingin tahan sampai 2 minggu
  4. Berbau cukuplah menusuk dan aroma ciri khas kedelai tidak demikian berasa lagi


Mie basah


  1. Baunya dikit menyengat
  2. Pada suhu ±25° (suhu kamar) dapat tahan sampai 2 hari, sedang jika disimpan didalam pendingan (suhu 10°) dapat awet sampai lebih dari 15 hari
  3. Mie terlihat mengkilap seperti diberi minyak, tidak lengket serta begitu kenyal (tidak gampang putus)


Sebetulnya ada banyak type makanan lagi yang biasa ditambah formalin. Akan tetapi beberapa ciri diatas cukup sudah untuk dipakai menjadi referensi dalam menguji apa makanan itu memiliki kandungan formalin ataukah tidak.

Beberapa ciri Makanan Memiliki kandungan Formalin serta Boraks

Boraks ialah serbuk kristal putih, tidak bau, larut di air, tidak larut dalam alkohol, PH : 9,5.
Pemakaian :


  1. Boraks digunakan menjadi pengawet kayu, anti septik kayu serta pengatur kecoa. Bahaya Boraks pada kesehatan diserap lewat usus, kulit yang rusak serta selaput lendir.
  2. Dampak pada kesehatan :
  3. Sinyal serta tanda-tanda kronis :
  4. Muntah, diare, merah dilendir, konvulsi serta depresi SSP(Susunan Syaraf Pusat) 
  5. Sinyal serta tanda-tanda kronis
  6. nafsu makan menurun
  7. Masalah pencernaan
  8. Masalah SSP : bingung serta bodoh
  9. Anemia, rambut rontok serta kanker.


Boraks adalah senyawa yang dapat melakukan perbaikan struktur makanan hingga membuahkan rupa yang bagus, contohnya bakso serta kerupuk. Bakso yang memakai boraks mempunyai kekenyalan ciri khas yang berlainan dari kekenyalan bakso yang memakai banyak daging. Bakso yang memiliki kandungan boraks begitu renyah serta disenangi serta bertahan lama tengah kerupuk yang memiliki kandungan boraks jika digoreng akan mengembang serta empuk, teksturnya bagus serta renyah.

Baca Juga :: Cara Menghilangkan Rasa Takut dan Gelisah dengan melakukan cara simpel ini

Menurut Dra. Euis Megawati, Apt., boraks ialah bahan solder, bahan pembersih, pengawet kayu, antiseptik kayu, serta pengatur kecoak. Sinonimnya natrium biborat, natrium piroborat, natrium tetraborat. Sifatnya berwarna putih serta dikit larut di air.

Seringkali konsumsi makanan berboraks akan mengakibatkan masalah otak, hati, lemak, serta ginjal. Dalam jumlahnya banyak, boraks mengakibatkan demam, anuria (tidak terbentuknya urin), koma, merangsang skema saraf pusat, memunculkan depresi, apatis, sianosis, desakan darah turun, rusaknya ginjal, tidak sadarkan diri, bahkan juga kematian.

Ciri Makanan Memiliki kandungan Boraks

Sama dengan formalin, cukuplah susah memastikan apa satu makanan memiliki kandungan boraks. Cuma melalui uji laboratorium, semua dapat jelas. Akan tetapi, penampakan luar masih memang dapat diamati sebab ada ketidaksamaan yang dapat jadikan pegangan untuk memastikan satu makanan aman dari boraks ataukah tidak.

Bakso


  1. Lebih kenyal di banding bakso tiada boraks.Jika digigit akan kembali pada bentuk sebelumnya. 
  2. Bertahan lama atau awet beberapa waktu.
  3. Warnanya terlihat lebih putih. Bakso yang aman berwarna abu-abu fresh rata di semua sisi, baik di tepi ataupun tengah.
  4. Berbau berasa tidak alami. Ada berbau lainnya yang muncul.
  5. Jika dilemparkan ke lantai akan memantul seperti bola bekel.


Gula Merah


  1. Begitu keras serta sulit dibelah.
  2. Tampak butiran-butiran mengkilap dibagian dalam.


Panduan pilih makanan bebas boraks serta formalin

Supaya terlepas dari makanan yang memiliki kandungan zat beresiko, customer juga mesti pintar pilih. Janganlah asal-asalan beli bahan makanan. Ditambah lagi, memang benar ada beberapa ciri meresahkan bahan makanan itu memiliki kandungan zat beresiko. Berikut langkah pilih makanan sehat dari Tubuh Pengawasan Obat serta Makanan (BPOM):
Pilih bahan makanan mentah yang fresh dengan warna yang cerah.
Untuk ikan serta hasil laut yang lain, pilih yang masih tetap kenyal, sisik ikan masih tetap utuh, tidak mengelupas, mata ikan masih tetap menonjol.

Untuk pilih daging sapi, yakinkan jarak waktu pada penyembelihan serta penjualan tidaklah terlalu lama. Daging yang baik tampak berwarna merah fresh.
Untuk daging ayam, pilih yang berwarna putih fresh, tidakada luka/kulit yang membiru
Pilih makanan yang tidak diawetkan.
Kalau beli makanan yang berwarna, baca type serta jumlahnya pewarna yang dipakai dalam produk itu.
Lihat label pada tiap-tiap paket produk. Yakinkan di label tertera izin dari Tubuh POM. Umumnya tercatat: POM disusul nomer izin pendaftaran. Untuk produk hasil industri rumah tangga, yakinkan juga terdapatnya tulisan P-IRT serta nomer izin pendaftaran.
Untuk produk makanan atau minuman yang tidak dikemas dengan spesial, semestinya pilih makanan/minuman yang warnanya tidaklah terlalu mencolok. Jauhi makanan dengan warna merah, kuning, hijau yang tampak ngejreng. Karena tidak tertutup peluang warna yang sangat mencolok itu berasal berbahan pewarna non food grade seperti pewarna tekstil yang beresiko buat kesehatan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar