Pentingnya Teknologi dalam Bisnis Internasional

Pentingnya Teknologi dalam Bisnis Internasional

Teknologi telah merevolusi kehidupan konsumen dan bisnis. Semakin banyak produk di rak, semakin rendah biaya barang dan jasa, dan kemudahan mengakses informasi adalah salah satu dari beberapa contoh teknologi yang telah meningkatkan di masyarakat.
Pentingnya Teknologi dalam Bisnis Internasional

Bidang bisnis internasional sangat sensitif terhadap inovasi teknologi.

Pada awal 1700-an, perdagangan internasional dihalangi oleh kekuatan ekonomi yang mencakup fluktuasi nilai tukar mata uang liar, korespondensi tulisan tangan melalui layanan pos yang tidak dapat diandalkan, dan gangguan rantai pasokan umum seperti pencurian dan vandalisme kapal yang lewat.


Seperti yang dijelaskan Douglas Irwin dalam artikel "Perpustakaan Ekonomi dan Kebebasan", impor dulu sangat diatur dan dikenakan pajak untuk mencegah negara-negara dari defisit perdagangan.

Perbaikan dalam sistem hukum yang diizinkan untuk kontrak dengan transparansi dan penegakan yang lebih besar, dan perbaikan dalam hal transportasi memungkinkan barang untuk diangkut dalam waktu yang lebih singkat.

Mode paling penting dari teknologi dalam bisnis internasional termasuk komunikasi elektronik seperti email, teks, faks, dan konferensi virtual.

Metode pelacakan untuk pengiriman dan pembelian adalah inovasi teknologi besar lainnya, karena memungkinkan bisnis untuk memverifikasi pengiriman barang dan jumlah persediaan yang dibeli.

Spreadsheet elektronik dan basis data adalah penemuan lain yang memungkinkan perusahaan internasional untuk mengelola dan menyimpan informasi mereka dengan lebih mudah.

Peningkatan teknologi tentang komunikasi adalah inti dari bisnis internasional. Kemampuan untuk berkomunikasi secara instan dengan seorang manajer di China atau pabrik di Singapura, misalnya, memungkinkan perusahaan untuk memperluas ke luar negeri.

Meskipun perusahaan multinasional ada sebelum Internet, kemudahan komunikasi memungkinkan perusahaan untuk melakukan outsourcing operasi mereka dengan jaminan yang lebih besar: Pemantauan video pabrik dan kondisi kerja, panggilan konferensi murah untuk konsultan yang bekerja di berbagai negara, laporan melalui email ke vendor asing, dan panggilan telepon jarak jauh hanyalah beberapa cara teknologi telah memfasilitasi perdagangan dan operasi bisnis internasional.

Perusahaan multinasional memiliki rantai pasokan yang jauh lebih kompleks daripada bisnis bata-dan-mortir lokal.
Perusahaan internasional sering memiliki vendor, pabrik, pelanggan, dan konsultan di berbagai belahan dunia. Melacak bagaimana suatu produk dikembangkan, diproduksi, dikirim dan dibeli dapat melibatkan ratusan langkah di beberapa negara.

Inovasi teknologi merampingkan rantai pasokan dengan memungkinkan hasil terbaru pada perakitan suatu produk, dan teknologi pelacakan global menyoroti di mana produk tersebut bergerak.

Teknologi RFID membantu perusahaan seperti Wal-Mart Stores dengan kontrol inventaris. Jack Plunkett, penulis "Transportasi, Rantai Pasokan, dan Almanak Logistik Plunkett," menyatakan bahwa Wal-Mart memberi mandat kepada 600 pemasoknya untuk menerapkan teknologi RFID untuk melacak dan memantau pengiriman dan pengiriman.


Teknologi memungkinkan perusahaan memproduksi produk dengan uang lebih sedikit. Sebagaimana Sudalaimuthu dan Anthony Raj jelaskan dalam buku teks "Manajemen Logistik untuk Bisnis Internasional," biaya pengiriman barang dapat mencapai 25 persen dari biaya produksi; dengan demikian, pengurangan biaya pengiriman secara signifikan mengurangi biaya produksi barang.

Lebih jauh lagi, perusahaan memiliki pilihan vendor yang lebih luas dari mana untuk memilih mana yang menurunkan biaya juga. Misalnya, inovasi teknologi memungkinkan perusahaan pakaian untuk memilih dari pabrik tekstil di Vietnam, Singapura, Taiwan dan beberapa lokasi lainnya.

Peningkatan seleksi menurunkan biaya ketika perusahaan-perusahaan asing ini menawar dengan yang lain untuk kontrak.


Note ::

Dengan begitu betapa pentingnya teknologi di jaman sekarang yang makin berkembang, dunia teknologi pun ternyata dapat memudahkan dalam bisnis kita tentunya seperti belaja online dll sebagiannya, semoga artikel ini bermanfaat nantikan artikel teknologi lainnya hanya di www.sobatmasngguh.com

No comments