Gerobak Pengangkut Pasir Termasuk Pesawat Sederhana Jenis ?

Gerobak Pengangkut Pasir Termasuk Pesawat Sederhana Jenis ?

Assalamualaikum teman pembaca setia sobat mas ngguh dimanapun anda berada, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai ilmu pendidikan yang bertemakan Pesawat Sederhana, Menurut wikipedia indonesia pesawat sederhana ialah alat yang dapat mengubah suatu arah atau besaran dari suatu gaya.
Pesawat Sederhana

Dari kesimpulannya bahwa pesawat sederhana adalah sebuah alat yang dapat membantu kita dalam melakukan suatu hal, baiklah disini saya akan memberikan sedikit gambaran untuk kamu mengenai hal ini baiklah simak ke dua gambar berikut ini.

Pesawat Sederhana
Gambar 01

Pesawat Sederhana
Gambar 02
Bisa dilihat dari gambar 01 mengangkat batu tanpa alat apapun rasanya sangat berat, membka tutup botol tidak bisa dengan hanya menggunakan tangan, mencabut paku pun terasa berat dilakukan. Tapi pada gambar 02 hal yang di lakukan pada gambar nomor 01 terasa mudah dilakukan nah alat alat yang membantu melakukan aktivitas pada gambar 02 itulah yang di sebut pesawat sederhana.

Bagaimna sudah mengerti teman penjelasan singkat dan jelas mengenai pesawat sederhana ini, selanjutnya mengenai jenis jenis pesawat sederhana, mungkin banyak teman teman yang tidak tahu ada berapa jenis dalam pesawat sederhana.

Pesawat sederhana ada berapa jenis ?

Pesawat sederhana di bagi menjadi 4 jenis yaitu,


  1. Pesawat Sederhana Berjenis Tuas
  2. Pesawat Sederhana Bidang Miring
  3. Pesawat Sederhana Katrol
  4. Pesawat Sederhana Roda Berporos
Supaya teman teman pembaca setia sobat mas ngguh memahami ke 4 jenis tersebut saya akan menjelaskannya sebagai berikut.

1. Pesawat Sederhana Tuas

Apabila suatu saat nanti kamu ingin memindahkan suatu bongkahan batu besar, alat pesawat sederhana yang akan kamu pakai adalah linggis. Kenapa linggis ? karena lingis dapat membantu mengeserkan benda berat. Tuas ini biasa di sebut pengungkit.

Untuk Lebih jelas pengambaran pesawat sederhana jenis tuas ini bisa di lihat di bawah.

Pesawat Sederhana

Pesawat sederhana tuas digolongkan menjadi 3 golongan yaitu,


  • Tuas Golongan Pertama adalah kedudukan titik tumpu yang terletak diantara beban dan kuasa. contoh dari golongan pertama pesawat sederhana tuas adalah gunting,linggis,jungkit jungkit, dan alat pencabut paku.
  • Tuas Golongan Ke Dua adalah kedudukan suatu beban yang terdapat pada titik tumpu dan kuasa. contoh dari golongan ke dua pesawat sederhana tuas adalah gerobak dorong beroda satu, alat pemotong kertas, pembuka tutup botol dan pemecah biji bijian.
  • Tuas Golongan Ke Tiga adalah kedudukan kuasa terletak diantara titik tumpu dan beban. Contoh dari pesawat sederhana golongan ketiga ini adalah skop yang dapat memindahkan pasir.
2. Pesawat Sederhana Bidang Miring

Ketika hari libur tiba mungkin banyak teman teman pembaca setia sobat mas ngguh memilih berlibur dengan menghirup udara segar di atas dataran tinggi. Pernahkah kamu melintasi jalan tanjakan berkelok ?

Perhatikan gambar di bawah ini,

Pesawat Sederhana

Jalanan yang menanjak untuk menuju dataran tinggi pasti dibuat jalan berkelok kelok dan miring, bisa disimpulkan bahwa bidang miring adalah permukaan rata yang menghubungkan suatu tempat yang berbeda ketinggiannya. Dengan di buat berkelok kelok hal ini memudahkan para pengguna jalan untuk menuju tempat dataran tinggi.

Untuk prinsip kerja yang biasa di gunakan dalam kehidupan sehari hari contohnya sebagai berikut,
  • kampak
  • pisau
  • pahat
  • obeng
  • dan skrup
3. Pesawat Sederhana Katrol

Katrol merupakan suatu pesawat sederhana yang berupa roda yang berputar pada poros nya, di bagian katrol biasanya terdapat tali berupa karet atau rantai sebagai alat penghubung nya. Katrol sendiri di golongkan menjadi 3 bagian yaitu,
  • Katrol Tetap, adalah katrol yang tidak dapat di pindahkan posisinya. katrol tetap biasanya di pasang pada tempat tertentu seperti timbaan air sumur dan alat pengibar bendera. 
  • Katrol Bebas, adalah katrol yang dapat di ubah ubah posisinya pada suatu tempat tertentu, katrol bebas biasanya di atasnya di berikat tali atau kawat baja. Katrol bebas bisa temukan pada pengangkut alat alat berat di suatu pelabuhan misalnya. 
  • Katrol Majemuk, adalah katrol yang dapat di gunakan dengan cara tetap maupun bebas, bisa di asumsikan bahwa jenis katrol ini katrol pengabungan dari katrol tetap dan bebas.
4. Pesawat Sederhana Roda Berporos

Pesawat sederhana roda berporos ialah suatu roda yang di hubungkan dengan sebuah poros yang dapat dapat berputar secara bersamaan. Pesawat sederhana roda berporos adalah jenis pesawat sederhana yang bisa di temukan pada kendaraan umum seperti roda sepeda, roda motor, gerinda, dan lain sebagainya.

Nah itulah teman penjelasan singkat mengenai pesawat sederhana, sekarang kamu sudah tahu kan gerobak pengangkut pasir termasuk pesawat sederhana jenis ke berapa. Oke teman mungkin itu dulu pembahasan saya mengenai ilmu pendidikan mungkin saya akan menuis ilmu seputar pendidikan kembali di lain waktu nantikan artikel lainnya hanya di www.sobatmasngguh.com.

No comments