Cara Mengenal Diri Sendiri dalam 5 Langkah Skip to main content

Cara Mengenal Diri Sendiri dalam 5 Langkah

Mengetahui diri sendiri adalah proses memahami Anda - manusia - pada tingkat yang lebih dalam dari pada permukaan.
Ini adalah jalan tak terduga yang harus Anda jelajahi. Ini membawa Anda ber hadap-hadapan dengan keraguan diri dan ketidaknyamanan yang mendalam. Itu membuat Anda memandang serius pada cara Anda menjalani hidup dan mempertanyakannya.

Semuanya dapat menyedot untuk sementara waktu tetapi kemudian menjadi lebih baik, dan seperti hal lain, sedikit kerja keras di awal membayar dividen dalam kelimpahan selama sisa hidup Anda.
Mengetahui diri sendiri berarti menghormati nilai-nilai Anda dalam kehidupan, keyakinan Anda, kepribadian Anda, prioritas Anda, suasana hati Anda, kebiasaan Anda, tubuh Anda yang luar biasa, dan hubungan Anda.
Cara Mengenal Diri Sendiri dalam 5 Langkah

Mengetahui diri sendiri berarti memahami kekuatan dan kelemahan Anda, gairah dan ketakutan Anda, hasrat dan impian Anda. Itu berarti menyadari eksentrisitas dan keanehan Anda, kesukaan dan ketidaksukaan Anda, serta toleransi dan keterbatasan Anda.

Mengetahui diri sendiri berarti mengetahui tujuan hidup Anda. Atau datang sangat dekat untuk menemukannya!

Anda tidak dilahirkan mengetahui diri Anda sendiri. Lupakan saja.

Anda tidak bisa mengenal diri sendiri hanya dengan bertumbuh dan menjadi tua. Mengetahui diri sendiri adalah upaya sadar. Anda melakukannya dengan niat dan tujuan.

Tidak mengetahui diri Anda menjadi jelas cepat atau lambat. Rasa frustrasi yang tenang hidup dalam hati Anda ketika Anda tidak mengenal diri sendiri. Anda dapat memilih untuk hidup dengannya dan mengabaikannya - atau Anda dapat memilih untuk mulai mengenal diri sendiri.

Cara Mengenal Diri Sendiri dalam 5 Langkah


1. Kenali Kepribadian Anda

Memahami kepribadian Anda sendiri adalah kunci pertama. Anda memiliki pendapat kolektif orang lain yang merupakan salah satu aspek.

Anda juga memiliki basis data informasi Anda sendiri tentang seperti apa kepribadian Anda sebenarnya, dan siapa Anda di saat-saat pribadi Anda maupun di publik Anda.

Idenya adalah untuk mengenal kepribadian Anda dari dalam dan di luar, untuk mengetahui siapa diri Anda dan apa yang tidak Anda sukai.

Pahami apa yang membuat Anda bereaksi dengan cara tertentu dalam berbagai situasi kehidupan. Tanyakan pada diri Anda “Mengapa saya melakukan itu?” Dan menjawabnya sendiri.

Siapa kamu dibalik namamu? Apa ciri khas Anda? Siapa kamu di antara teman-teman kamu?

Bagaimana saya dekat dengan orang asing? Apa kepribadian yang Anda gambarkan ke dunia luar?

Apa yang benar-benar Anda sukai di hari yang baik dan juga hari yang buruk, dalam menghadapi tantangan atau hadiah besar? Bagaimana reaksi Anda terhadap dunia di sekitar Anda?

2. Ketahuilah Nilai Inti Anda

Nilai inti Anda adalah kode moral dan prinsip-prinsip yang Anda pegang dekat dan sayang untuk hati Anda. Ketika saya bekerja dengan klien saya, salah satu hal pertama yang saya tanyakan sebelum sesi pelatihan kami adalah daftar delapan nilai inti teratas mereka.

Anda mungkin memiliki lebih dari delapan nilai, tetapi delapan besar memainkan peran besar dalam pengambilan keputusan, memengaruhi, membujuk, resolusi konflik, komunikasi, dan menjalani kehidupan sehari-hari Anda.

Dalam pekerjaan Anda, di rumah Anda, di semua aspek kehidupan Anda, nilai-nilai mana yang tidak dapat Anda kompromi? Itu adalah nilai inti Anda.

Apakah itu kejujuran, integritas, keamanan atau fleksibilitas? Apakah itu dedikasi kepada orang lain, kebijaksanaan dan pembelajaran, kenyamanan finansial atau kesenangan? Apakah Anda menghargai kesetiaan di atas keunggulan, tanggung jawab di atas ambisi, atau inovasi di atas peningkatan?

3. Kenali Tubuh Anda


Masa muda adalah kebodohan. Di usia 20-an, saya berpikir saya tahu tubuh saya. Saya hanyalah seorang anak kecil. Semakin saya belajar tentang tubuh saya, semakin misterius itu menjadi dan semakin saya mendorong tubuh saya untuk berkembang, semakin itu mengejutkan dan menyenangkan dan mengherankan saya. Anda juga bisa.

Seberapa baik Anda mengenal tubuh Anda, pernapasan Anda, kemampuan Anda, batas keseimbangan dan fleksibilitas Anda?

Pernahkah Anda mengatakan “tubuh saya tidak dapat melakukan ini” dan bahwa “jenis tubuh saya tidak akan melakukan itu” tanpa mencoba tantangan fisik? Sebelum Anda menutup pintu ke kemungkinan-kemungkinan yang luar biasa, coba lihat lagi. Luangkan waktu untuk menjadi diri anda sendiri.

4. Ketahuilah Mimpi Anda

Mimpi dan harapan Anda menciptakan jalan menuju masa depan Anda. Mereka membantu Anda membangun kehidupan yang dapat Anda banggakan untuk hidup.

Mimpi Anda itu penting. Mimpimu itu penting. Mimpi Anda layak untuk dicari. Jangan percaya apa pun yang kurang.

Dan mulailah mengenal mimpimu dengan baik. Kenali detail dan spesifikasinya.

Jika Anda ingin menjadi seorang musisi, tanyakan pada diri Anda: Instrumen apa yang ingin Anda mainkan? Tingkat kemahiran apa yang ingin Anda pelajari? Seberapa besar bagian dari hidup Anda itu? Dan terus dan terus sampai Anda tahu segalanya tentang impian Anda.

Jadikan impian Anda bagian dari pengejaran harian Anda. Tangkap mereka dengan serius. Bekerja pada mereka. Memuliakan mereka bukannya menyembunyikan mereka dan merasa malu pada mereka.

5. Kenali Suka dan Tidak Suka Anda

Apa yang Anda suka dan sama pentingnya, apa yang tidak Anda sukai? Pertanyaan sederhana, tidak berdosa tetapi mengetahui hal ini tentang diri Anda memberi Anda banyak kepercayaan pada siapa diri Anda. Banyak orang menjalani hidup menyukai apa yang populer dan tidak menyukai apa yang bukan "keren". Jangan lakukan itu.

Luangkan waktu untuk menentukan suka dan tidak suka Anda, dan jangan memasangnya untuk memilih di antara keluarga dan teman. Kamu putuskan.

Menentukan kesukaan Anda sendiri dan terutama tidak suka membutuhkan keberanian. Mungkin tidak sopan untuk tidak suka menghadiri baby shower lain atau menghabiskan 3 jam dengan keluarga yang lebih besar, tetapi lihat alternatifnya. Jika Anda terus membuat Anda frustrasi dan mengabaikan apa yang membuat Anda bahagia, Anda menyerahkan sebagian dari diri Anda. Ini adalah jalan yang paling mungkin menuju kebahagiaan apa pun.

Tetap setia pada suka dan tidak suka Anda. Tidak ada yang harus menyukai mereka kecuali kamu!
Mengenal diri sendiri memungkinkan Anda untuk memasuki sumur kebahagiaan di luar imajinasi Anda.

Itulah cara mengenali diri sendiri dalam 5 langkah, semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama para pembaca setia sobat mas ngguh dimanapun anda berada. Nantikan artikel menarik lainnya hanya di www.sobatmasngguh.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar