Bagaimana cara Menghentikan Sakit Gigi dari Gigi yang Patah

Bagaimana cara Menghentikan Sakit Gigi dari Gigi yang Patah

Bagaimana cara Menghentikan Sakit Gigi dari Gigi yang Patah
Gigi pada umunya sangatlah kuat, tetapi suatu saat apa bila sedang mengunyah, gigi bisa saja patah. Ini bisa terjadi karena hal hal berikut ini,

1. Menggigit sesuatu yang keras
2. Ditabrak di wajah atau mulut
3. Jatuh
4. Memiliki gigi berlubang yang melemahkan gigi
5. Memiliki tambalan yang besar yang tidak mendukung pada gigi yang tersisa

Ketika serpihan gigi patah, mungkin tidak ada salahnya. Namun, lidah Anda biasanya merasakan area tajam dengan cukup cepat. Lubang kecil pada gigi biasanya tidak menyebabkan rasa sakit, tetapi jika potongan gigi yang besar terlepas, dapat terasa sakit. Saraf di dalam gigi mungkin akan rusak. Ketidaknyamanan juga dapat terjadi ketika ujung saraf di dentin terkena udara, atau makanan atau minuman panas atau dingin.

Nyeri dari gigi yang patah atau retak mungkin akan datang dan pergi. Banyak orang merasa kesakitan ketika mereka mengunyah karena mengunyah memberi tekanan pada gigi.

Apa Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Bisa Menghentikan Rasa Sakit Pada Gigi


Gigi Retak

Tidak ada cara untuk mengobati gigi yang retak di rumah. Anda perlu menemui dokter gigi Anda. Kadang-kadang gigi terlihat baik-baik saja, tetapi sakit hanya ketika Anda makan atau ketika suhu di mulut Anda berubah (karena Anda minum sesuatu yang panas atau dingin, misalnya). Jika gigi Anda sakit sepanjang waktu, mungkin ada saraf atau pembuluh darah yang rusak. Ini adalah tanda peringatan serius. Anda akan tahu jika Anda memiliki gigi yang retak jika tidak ada salahnya menggigit gigi, tetapi rasa sakit terjadi ketika Anda melepaskan gigitan.

Gigi Rusak

Jika Anda memiliki gigi yang patah, temui dokter gigi Anda sesegera mungkin. Dokter gigi Anda dapat mengetahui apakah rasa sakit pada gigi disebabkan oleh rongga, dan jika saraf gigi dalam bahaya. Saraf yang rusak biasanya akan membutuhkan perawatan saluran akar.

Baca Juga ::  Benang Putih Pada Pisang, Ternyata Ini Manfaatnya!

Apa yang harus di lakukan ketika gigi terasa sakit pada gigi yang berlubang?

Bilas mulut Anda dengan air hangat.

Berikan tekanan pada gigi dengan sepotong kain kasa di area yg berdarah selama sekitar 10 menit atau sampai pendarahan berhenti.

Kompres lah menggunakan kain yang di rendam air dingin ke pipi atau bibir di atas gigi yang patah. Ini akan membantu mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit.

Jika Anda tidak dapat segera mendatangi dokter gigi, tutuplah bagian gigi yang berlubang ada di mulut Anda dengan kapas sementara. Anda dapat menemukannya di apotek terdekat.

Ambil pereda nyeri yang dijual bebas di apotik terdekat.

Itulah caranya menghentikan sakit gigi dari gigi yang patah serta berlubang, adapun beberapa jenis patahnya tulang gigi dan patahnya tulang pada gigi, masing-masing memerlukan perawatan yang berbeda.

Retakan kecil -  ini adalah retakan permukaan yang hanya memengaruhi permukaan putih luar gigi, yang disebut enamel. Retakan kecil jarang membutuhkan perawatan. Namun, dokter gigi Anda dapat memoles area tersebut untuk menghaluskan semua bintik kasar.

Gigi retak - Jenis fraktur ini melibatkan seluruh gigi, dari permukaan mengunyah sampai ke saraf. Potongan-potongan tetap di tempatnya, tetapi retakan itu secara bertahap menyebar. Retak kadang-kadang bisa diperbaiki dengan bahan pengisi. Gigi sering membutuhkan mahkota untuk mencegah retak menjadi lebih buruk. Jika pulpa (saraf dan jaringan hidup lainnya) rusak, Anda mungkin memerlukan saluran akar juga.

Broken cusp - Hal ini mempengaruhi permukaan mengunyah runcing (cusp) dari gigi. Mereka biasanya tidak mempengaruhi pulpa dan tidak menyebabkan banyak rasa sakit. Dokter gigi Anda dapat memperbaiki kerusakan untuk mengembalikan bentuk gigi. Namun, sering kali onlay atau mahkota diperlukan.

Baca Juga :: 5 Tips Menurunkan Berat Badan yang bisa kamu lakukan Setelah Lebaran

Berlubang yang serius - Gigi berlubang ini cukup dalam untuk mengekspos saraf. Mereka hampir selalu menyebabkan gigi terluka dan sensitif. Biasanya, bagian gigi yang patah akan berdarah. Anda akan memerlukan perawatan saluran akar untuk mengangkat saraf yang terbuka dan mungkin mahkota untuk mengembalikan gigi ke fungsi normal sehingga Anda dapat makan dan mengunyah dengan benar.

Gigi terpisah - Ini berarti bahwa gigi telah membelah secara vertikal menjadi dua bagian yang terpisah. Beberapa gigi, seperti gigi belakang Anda, memiliki lebih dari satu akar. Dimungkinkan untuk mempertahankan salah satu akar, yang kemudian akan ditutupi dengan mahkota. Pertama, Anda akan membutuhkan perawatan saluran akar. Kedua, dokter gigi akan menghilangkan akar yang tidak dapat disimpan. Ketiga, Anda akan membutuhkan mahkota untuk menutupi akar dan mengganti gigi. Dalam beberapa kasus, ketika akar tidak dapat disimpan, gigi harus dihapus.

Pecahan vertikal atau akar terbelah - Retakan ini mulai di akar gigi dan memanjang ke arah permukaan lidah. Hal ini sering menyakitkan karena daerah di sekitar akar mungkin meradang atau terinfeksi. Dalam banyak kasus, gigi harus segera di cabut.

NOTE ::

Nah sekarang temen temen sobat mas ngguh sudah mengerti kan bagaiman caranya menghentikan sakit gigi dengan mudah, semoga dengan adanya artikel ini membantu kamu meredakan gigi yang berlubang.
Nantikan artikel lainnya seputar kesehatan, hanya di www.sobatmasngguh.com

No comments