Tips Mengatasi V-Belt Motor Matic agar tidak cepat Putus Skip to main content

Tips Mengatasi V-Belt Motor Matic agar tidak cepat Putus

Mengatasi V-Belt Motor Matic Agar Tidak Cepat Putus - V-Belt merupakan sistem yang bisa di bilang penting pada motor matic, v-belt juga disebut sistem transmisi dari mesin menuju ban belakang yang dimana v-belt berbentuk karet.
Mengatasi V-Belt Motor Matic Agar Tidak Cepat Putus

V-Belt bekerja secara otomatis, fungsi nya untuk memutar atau mengerakan ban motor belakang. V-belt biasanya berfungsi dengan baik di jarak kilometer kurang lebih 20.000 km setelah melebihi 20.000 km saya sarankan menganti langsung v-belt ke bengkel resmi terdekat.

Agar v-belt tidak mudah putus atau bisa di bilang awet tahan lama, maka yang harus kamu lakukan adalah merawat nya.

Merawat v-belt secara rutin dan berkala bisa membuat v-belt awet bertahun tahun, tapi bagaimana cara merawat v-belt motor matic agar awet setiap harinya?

Baiklah dalam artikel ini saya akan memberikan beberapa tips perawatan v-belt agar awet tahan lama.

Cara Perawatan V-Belt Motor Matic Agar Tidak Putus


1. Pergantian V-Belt setelah km melebihi angka 25.000 km

Penggatian v-belt di jarak 25.000 km ini penting guna mengantisipasi terjadinya v-belt putus di tengah jalan.

Selalu cek v-belt setiap di service apakah v-belt masih terlihat bagus, tanpa adanya goresan goresan yang menyeba kan putusnya v-belt motor.

2. Memberi Pelumas V-Belt Secara Rutin

Mengatasi V-Belt motor matic agar tidak mudah putus dengan cara memberinya pelumas juga adalah cara terbaik untuk merawat v-belt motor matic kita.

Memberi pelumas di bagian v-belt motor cukup dilakukan dikala service saja tidak usah setiap hari.

Oleskan sedikit saja pelumas dan jangan berlebihan, karena apa? Apabila memberi terlalu banyak pelumas hal ini akan menyebabkan suara v-belt yang terdengar keras.

3. Memberi Cairan Khusus V-Belt

Cairan khusus biasanya di tawarkan setiap bengkel di kala service, cairan ini biasanya di semprotkan di bagian area v-belt.

Cairan khusus v-belt agar v-belt motor matic kamu kuat dan tidak mudah adanya goresan goresan yang membuat v-belt motor cepat putus. 

Cara mengunakan cairan khusu untuk v-belt ini biasanya digunakan disaat motor dalam keadaan hidup,  lalu semprotkan cairan tersebut di area v-belt motor matic nya.

Perlu di ketahui jangan terlalu banyak menyemprotkan cairan nya karena dapat membuat v-belt kotor di kemudian hari.

4. Berkendara lah Dengan Bijak

Tahukah kamu bahwa berkendara dengan bijak juga adalah cara ampuh merawat v-belt motor matic awet. Ya kamu tidak harus melakukan gas secara spontan hal ini membuat v-belt motor matic bekerja secara spontan juga.

Jadi ada baiknya pengguna motor matic membuka gas dengan cara perlahan lahan jangan sampai di tarik langsung gas pool hal ini bisa membuat v-belt mu cepat mudah putus.

Note ::


Itulah tips menghindari putusnya v-belt di kemudian hari, agar v-belt motor matic kamu awet lakukan tips di atas ya sob. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama para pembaca setia sobat mas ngguh dimanapun anda berada. Nantikan artikel lainnya mengenai Seputar Otomotif lainnya hanya di www.sobatmasngguh.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar