Tahukah kamu apa Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan ! Inilah Beberapa Keutamaan Puasa pada saat Bulan Ramadhan Skip to main content

Tahukah kamu apa Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan ! Inilah Beberapa Keutamaan Puasa pada saat Bulan Ramadhan

Keutamaan puasa di bulan Ramadan


Assalamualaikum sobat mas ngguh dimanapun anda berada salam sejahtera bagi kita semua, beberapa minggu lagi kita umat muslim akan menjalankan ibadah puasa ramadhan tepatnya pada tanggal 15 Mei 2018.

Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang penuh dengan berkah dimana banyak pahala mengalir di bulan ke sembilan pada penangalan Hijriah ini. Bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh dirindukan oleh umat muslim di dunia ini. Amalan pada bulan ramadhan pun berbeda dengan hari hari biasa dimana di bulan ramadhan pahala akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Apabila bulan ramadan datang lalu umat manusia berpuasa sampai bulan ramadhan selesai insyaallah akan bersihlah dosa dosa kita saat kita kecil amiiiin ya rabbalalamin.


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai apa siih keutamaan puasa di bulan ramadhan ini, baiklah yuk mari kita sama sama menyimak nyaa.

Bulan Di Turunkannya Al-Qur'an

Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang penuh dengan kemuliaan. Mengapa? Karena pada bulan ramadhan ini kitab suci Islam yaitu Al-Qur'an diturunkan. Seperti yang tercantum dalam surah Al-Baqarah ayat 185 yang mengatakan bahwa di Bulan Ramadhan berbeda dengan bulan bulan yang lainnya karena bulan ini dipilih sebagai bulan diturunkannnya Al-Qur'an.

Isi dari Surah Al-Baqarah ayat 185
Allah SWT berfirman:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْۤ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَ بَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِ ۚ  فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَـصُمْهُ  ۗ  وَمَنْ کَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ  يُرِيْدُ اللّٰهُ بِکُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِکُمُ الْعُسْرَ ۖ  وَلِتُکْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُکَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰٮكُمْ وَلَعَلَّکُمْ تَشْكُرُوْنَ
syahru romadhoonallaziii unzila fiihil-qur`aanu hudal lin-naasi wa bayyinaatim minal-hudaa wal-furqoon, fa man syahida mingkumusy-syahro falyashum-h, wa mang kaana mariidhon au 'alaa safarin fa 'iddatum min ayyaamin ukhor, yuriidullohu bikumul-yusro wa laa yuriidu bikumul-'usro wa litukmilul-'iddata wa litukabbirulloha 'alaa maa hadaakum wa la'allakum tasykuruun

"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 185)

* Via Al-Qur'an Indonesia

Amal Sholeh Yang Dilipat Gandakan Pahalanya


Pada bulan ramadhan ini umat muslim berlomba lomba dalam hal kebaikan dan menjalankan amalan solehlainnya seperti Tadarusan, Dzikir dan lain lain. Dalam sebuah hadist mengatakan bahwa pada saat Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dan pahalanya pun di kalikan 7x lipat sob.

Bulan Yang Penuh Dengan Keberkahan

Inilah alasan kenapa Bulan Ramadhan disebut dengan bulan yang penuh keberkahaan, karena disaat umat muslim melakukan kebaikan pada bulan ramadhan ini ia akan mendapat keberkahan yang nilainya sama dengan malam seribu bulan.

Bulan Ramadhan adalah Bulan Pengampunan Dosa dan Di Kabulkannya Do'a - Do'a


Dalam sebuah hadist bukhari bahwa setiap umat muslim berkesempatan untuk menambah pahala sebanyak banyaknya dengan ibadah yang khusyu pada bulan ramadhan ini sob, di Bulan Ramadhan juga Allah SWT berfirman bahwa setiap Do'a yang di panjatkan maka pasti akan di kabulkan.

Bertemunya Malam Lailatulr Qadar atau Malam Seribu Bulan

Malam ini adalah malam yang di dambadambakan oleh umat muslim di seluruh dunia saat Bulan Ramadhan, Malam yang ada di salah satu dari hari ke 10 terakhir ini, merupakan malam yang baik dan malam yang penuh berkah apabila di malam ini temen temen berdo'a serta mengamalkan amalan yang baik akan Allah SWT berikam pahala yang berlipat lipat ganda tentunya sob.


Naah bagaimana temen temen sobat mas ngguh dimanapun anda berada, setelah mengetahui manfaat keutamaan puasa di bulan ramadhan, pastinya temen temen lebih bersemangat untuk beribadah kepada Allah SWT dan menjalankan amalan amalan yamg baik, sambil menunggu bulan ramadhan yang akan segera tiba mari kita sama sama berlomba lomba dalam hal kebaikan agar kita dapat hidup tentram di dunia maupun di akhirat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua terimakasih. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar