Outdoor dengan Indoor AC berbeda Merk apakah AC masih bisa Bekerja secara Normal

Outdoor dengan Indoor AC berbeda Merk apakah AC masih bisa Bekerja secara Normal

Outdoor dengan Indoor AC berbeda Merk apakah AC masih bisa Bekerja secara Normal

Apakah bisa digunakan apabila bagian Outdoor dengan Indoor AC beberda merk?

Mungkin banyak sekali temen temen pembaca setia sobat mas ngguh yang bertanya tanya soal pertanyaan di atas.

Jawaban dari pertanyaan nya tentu saja bisa, sangat bisa malahan tetapi harus dilihat dari berbagai aspek terlebih dahulu.

Jangan sembarang asal pasang intinya, yang ada apabila salah pasang bisa bisa AC di rumah kamu tidak normal. Yang seharusnya dingin malaham panas kan gawat.

Outdoor dan Indoor yang berbeda merek apabila di pasang tidak akan masalah,  asalkan PK indoor dengan Outdoor nya sama.

Baca Juga :: Bagaimana Cara Mengetahui PK pada AC Split ? Inilah tips menghapal PK pada AC Split

Misalnya Indoor Ac merk Panasonic 1 PK kamu bekerja normal atau masih dalam kedaan sehat, tetapi Ac merek Panasonic 1 PK Outdoor nyaa bermasalah.

Nah apabial Outdoor nya diganti dengan merk LG apakah bisa?

Tentu saja bisa. Tetapi Outdoor AC Merk LG nya pun harus sama sama 1 PK sob. Hal perbedaan AC antara Outdoor dengan Indoor tidak akan masalah selagi PK sama.

AC dapat bekerja secara maksimal dan dapat mendinginkan suatu ruangan.

Ohh iya sob cara ini hanya untuk digunakan di AC Split biasa yang tanpa inverter ya, untuk yang AC inverter tidak saya sarankan untuk berbeda merk. Karena rangkaian kelistrikan dari berbagai merk ac inverter berbeda sob.

Lain halnya dengan AC Split biasa yang mudah apabila harus menyilang merk nya asalakan PK nya sama AC Split akan bekerja normal secara maksimal.

Selain dari aspek PK yang sama,  ada juga beberapa aspek atau hal yang harus kamu perhatikan untuk mengganti unit Outdoor dengan unit Indoor AC yang berbeda merk.

Inilah beberapa Aspek mengganti unit Indoor dan Outdor AC yang berbeda Merk nya

1. PK pada AC harus sama antara Indoor maupun Outdoor

Untuk aspek pertama yang harus kamu lihat apabila ingin mengganti indoor dan outdor dengan berbeda merek adalah melihat PK pada ac yang rusak terlebih dahulu.

Misalnya bagian Outdoor ac merk Sharp nya rusak dengan ukuran 1Pk, maka kamu harus mencari Ac yang ber merek LG atau Panasonic atau merk lainnya dengan ukuran 1Pk pula.

Aspek ini bertujuan untuk mensetabilkan karena ukuran evaporator serta kapasitas mesin konvresor yang sama bisa membuat ruangan dingin secara maksimal.

2. Tipe Refrigerant harus sama dengan Tipe Refrigerant AC sebelumnya

Melihat aspek refrigerant dalam memilih mengganti bagian indoor dan outdoor ac dengan berbeda merk adalah aspek penting.

Jadi misalnya indoor atau outdor ac yg rusak sebelumnya jenis refrigerant nya R32, maka harus diganti juga indoor maupun outdoor nya yang berjenis refrigerant R32 pula. Begitupun dengan jensi freon seperti R22 dan R410a.

Baca Juga :: Tips Membeli serta Memilih AC Bekas agar tidak Tertipu oleh si Penjual

Namun apabila menggunakan jenis freon yang berbeda pun bisa sebenarnya tetapi tidak akan maksimal hasil dingin di dalam ruangannya.

Misalnya Indoor dan Outdor AC kamu bertipe refrigerant R22 dan bagian outdoor nya yang rusak terus kamu ganti dengan jenis tipe refrigerant R32 tidak akan masalah. Tetapi ac bagian Indoor tidak akan bertahan lama.

Kerana pada dasarnya jenis freon R32 memiliki tekanan psi yang tinggi, dibandingkan dengan R22 yang memiliki tekanan psi yang rendah. Sehingga bagian evaporator indoor yang hanya bisa digunakan jenis freon R22 tidak akan kuat mengunakan jenis freon R32. Karena ketebalan pipa nya oun berbeda.

Hal ini dapat menyebabkan kebocoran ac pada bagian Indoor evaporator. Perlu hati hati yaa temen temen.

3. Daya listrik yang dibutuhkan AC sesuai dengan daya listrik yang ada pada tempat kamu

Faktor menggati indoor dan outdor dengan berbeda merek juga melihat aspek ke 3 ini. Ac dengan daya yang sama yang dibutuhkan oleh ac akan bekerja secara maksimal.

Untuk aspek ini mungkin sobat tidak terlalu berpengaruh, manjarnya kebutuhan listrik pada ac split sekarang biasanya menggunakan tegangan 220volt.

Baca Juga :: Cara mudah Mengatasi Sensor AC yang terkena Air saat di Cleaning

Jadi kesimpulannya adalah apabila unit indoor atau outdoor AC kita rusak, kita bisa menggantinya dengan unit lama walaupun merk nya berbeda dengan unit sebelumnya. Walaupun begitu, ada beberapa aspek yang perlu kita perhatikan juga, yang mana seperti yang sudah dijelaskan pada 3 aspek di atas.

Kenapa harus dengan unit indoor atau outdoor yang bekas ? Karena dari segi biaya lebih murah dibandingkan ac baru, selain itu unit AC baru juga tidak ada yang di jual secara terpisah misalnya indoor dan outdoor sendiri-sendiri. Sehingga kalau mau yang baru otomatis harus beli AC satu set indoor dan outdoornya.

Note  ::

Semoga artikel ini dapat membantu mememcahkan masalah apakah bisa menganti unit Indoor dan Outdor AC yang berbeda merk semoga bermanfaat nantikan artikel artikel lainnya mengenai ac dan teknik elektronika lainnya. 

No comments