Larangan saat Puasa di bulan Ramadhan yang harus kamu jauhi

Larangan saat Puasa di bulan Ramadhan yang harus kamu jauhi

Larangan Puasa Ramadhan - Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang penuh berkah dan sudah selayaknya di isi dengan amalan amalan kebaikan.

Larangan puasa adalah hal hal yang harus di jauhi ketika kita sedang berpuasa, larangan puasa ini akan membatalkan puasa apabila kamu lakukan.
Hal yang membatalkan puasa

Orang yang berpuasa tidak hanya menahan makan ataupun minun, tetapi menahan pula untuk tidak melakukan perbuatan yang menimbulkan dosa.

Adapun beberapa larangan yang harus kamu jauhi saat berpuasa, untuk lebih jelasnya inilah 15 larangan yang harus kamu jauhi di bulan ramadhan ini.

7 Larangan Yang Harus Di Jauhi Di Bulan Ramadhan


1. Bersetubuh di jam jamnya berpuasa

Barang siapa kaum muslimin laki laki atau perempuan yang melakukan hubungan badan di siang hari di bulan ramadhan maka batallah puasanya.

Hubungan suami istri bagi yang telah halal hanya boleh dilakuan di malam hari, tidak boleh di lakukan di siang hari atau di jam jam nya puasa, hal ini ada dalam surat Al-Baqarah ayat 187.


Allah berfirman: “ Dihalalkan bagi Anda pada hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka.

2. Memasukan Sesuatu Benda Ke Lubang Yang Ada Pada Tubuh

Memasukkan sesuatu dengan sengaja ke suatu lubang dalam tubuh kita entah itu hidung telinga serta lubang dubur, hal ini tidak diperbolehkan dan dapat membatalkan puasa kamu.

3. Muntah Dengan Sengaja

Muntah dengan sengaja pun salah satu hal yang bisa membatalkan puasa kamu. Tetapi apabila kamu muntah tidak di sengaja insyaallah puasa tetap akan saah.

4. Murtad

Murtad dalam islam yaitu seseorang yang keluar dari agama islam, baik itu dari kata kata ataupan dari hati.

Maka barang siapa yang murtad pada bulan ramadhan otomatis puasa nya pun tidak sah.

5. Sengaja Berpuasa Pada Waktu Wanita Sedang Haid

Wanita yang sedang haid atau sejenisnya seperti nifas tidak di wajibkan untuk berpuasa, jika ia berpuasa dengan sengaja maka itu adalah tindakan dan tidak mendapatkan amal apapun.

6. Sengaja Makan atau Minum

Makan dan minum juga adalah hal yang membatalkan puasa kamu, berbeda dengan makan dan minum apabila kita lupa bahwa ini bulan ramadhan itu insyaallah tidak membatalkan puasa karena kita lupa.


Tetapi apabila makan dan minum di sengaja itulah yang membatalkan puasa kamu.

7. Puasa Tanpa Shalat Wajib

Ketika kamu melakukan ibadah puasa namun kamu juga meninggalkan kewajiban shalat 5 waktu setiap hari. Maka kamu tada ada artinya melakukan puasa itu.

Maka dari itu berpuasa lah serta menjalankan shalat 5 waktu lah supaya pahala amalan di bulan ramadhan akan terus mengalir setiap hari.

Note ::


Itulah 7 larangan yang harus kamu jauhi ketika sedang berpuasa, jangan sampai hal hal tersebut membatalkan puasa mu, semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama para pembaca setia sobat mas ngguh dimanapun anda berada. Nantikan artikel seputar Islam lainnya hanya di www.sobatmasngguh.com

No comments