Lakukan Cara Ini Agar Tetap Sehat Saat Berpuasa Skip to main content

Lakukan Cara Ini Agar Tetap Sehat Saat Berpuasa

Puasa tapi badan sehat bagaimana caranya

Assalamualaikum sobat mas ngguh dimanapun anda berada salam sejahtera bagi kita semua. Bulan Ramadhan adalah bulan yang super sibuk dan menyita banyak waktu. Mulai dari menyiapkan menu sahur, menyiapkan menu berbuka puasa, dan masih disibukkan dengan kegiatan bekerja atau sekolah. Tapi sebenarnya, buat tetap sehat di bulan puasa dan saat mudik Lebaran itu gampang banget looh sob. Adapun beberapa tips cara agar selalu sehat saat berpuasa sob, mari kita simak beberapa tips nya.

Baca Juga :: Tahukah kamu Membayar Hutang Puasa Bagi Umat Islam Yang Berutang Wajib Untuk Membayarnya

Perbanyak minum air putih saat berbuka puasa dan sahur

Minum air putih yang banyak ini bisa mencukupi mineral yang ada pada tubuh selama berpuasa. Selama puasa pun, Kamu harus minum 8 gelas air putih. Caranya, 2 gelas saat berbuka, 4 gelas setelah salat, dan terakhir 2 gelas di waktu sahur.

Jangan minum es terlalu banyak saat berbuka. Minum es saat buka puasa memang sangat nikmat. Tapi, jika terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan. Sebab, kondisi perut kosong dan diisi banyak minum es malah akan membuat sakit. Jadi sebaiknya dihindari, ya.

Makan makanan yang bergizi


Memakan makanan yang bergizi dan mengandung banyak kandungan seperti mengandung karbohidrat, protein, zat besi, lemak, dan vitamin. Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein baik untuk mengembalikan tenaga yang hilang saat berpuasa seharian. Makanan yang mengandung zat besi, lemak, dan vitamin akan membuat kebutuhan gizi menjadi terpenuhi, sehingga kita kuat berpuasa. Jangan lupa untuk konsumsi buah dan sayuran selama berpuasa.

Baca Juga :: Inilah 11 Manfaat Buah Pisang Yang Jarang Diketahui Masyarakat Indonesia

Hindari mengonsumsi junk food

Waktu berbuka puasa sepertinya apa yang ada di depan mata terasa lezat dan nikmat, sehingga kita seakan ingin memakan semuanya. Tapi, harus banget dihindari makan junk food karena enggak ada manfaatnya bagi tubuh. Dan, jangan terlalu kenyang saat berbuka puasa. Nanti Kamu akan mengantuk saat salat tarawih, jadi ibadah pun terganggu.

Olahraga kecil

Olahraga kecil bisa dilakukan pada waktu pagi hari setelah selesai salat Subuh. Olahraga ini akan menjaga tubuh kita tetap fit selama berpuasa. Oh iya, lebih baik setelah sahur kita jangan tidur lagi, ya. Soalnya akan membuat badan kita menjadi lemas dan malas saat bangun pagi.

Membawa obat-obatan

Saat mudik, sebaiknya membawa obat-obatan secukupnya untuk berjaga-jaga selama di perjalanan mudik, untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Nah, tadi itu tips sehat selama berbuasa dan mudik lebaran dari saya. Semoga tips ini bermanfaat buat kita semua. Dan, jangan lupa berdoa agar selalu diberi kesahatan kepada Allah SWT. Karena jika berpuasa dalam kondisi sehat, beribadah di bulan Ramadan menjadi lancar dan menyenangkan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar