Inilah Gejala Depresi Ringan Yang Harus Di Waspadai Dan Tips Menghindarinya

Inilah Gejala Depresi Ringan Yang Harus Di Waspadai Dan Tips Menghindarinya

Inilah Gejala Depresi Ringan Yang Harus Di Waspadai


Assalamualaikum sobat mas ngguh dimanapun anda berada salam sejahtera bagi kita semua, berbicara tentang depresi, depresi adalah suatu rasa sedih dan kesepian pada suatu hal yang wajar dialami oleh setiap orang di dunia ini.

Kejadian yang berjalan tidak sesuai rencana seringkali membuat seseorang merasa berkecil hati dan kecewa, Tapi bila dirasakan dalam jangku waktu yang cukup lama, sebaiknya kalian berhati-hati sob.

Temen temen perlu memahami tanda-tanda depresi yang mungkin saja terjadi pada kamu atau anggota keluarga kamu son. Depresi bisa menyebabkan seseorang kehilangan gairah dalam melakukan aktifitas sehari-hari sob.

Baca Juga :: Waspadai 5 Dampak Buruk Mengkonsumsi Telur Secara Berlebihan

Depresi memanifestasikan dirinya dalam berbagai cara yang subjektif bagi setiap penderitanya, dan sementara Anda mungkin tahu gejala fisiknya, ada beberapa tanda psikologis umum yang tidak boleh Anda abaikan.

Tahukah kamu sob menurut salah satu doktor dari The London Psychiatry Centre, yang bernama Dr. Rafael Eubaberikut inilah  beberapa tanda dan gejala depresi yang patut kamu waspadai sob seperti dilansir laman MSN.

1. Kehilangan minat

Ketidakmampuan untuk menikmati hal-hal yang pernah Anda nikmati, ditambah dengan hilangnya minat terhadap kegiatan sosial Anda yang biasa, seperti menghabiskan waktu bersama teman, merupakan salah satu sinyal utama yang menarik diri Anda.

2. Kelelahan dan ketidakberdayaan

Entah Anda menyadarinya atau tidak, pikiran berat dan kekhawatiran di pikiran Anda bisa menyebabkan kesulitan tidur dan insomnia, karena Anda tidak bisa mematikannya.

Meskipun Anda mungkin mengalami ketidakpedulian dan rasa tidak bahagia, Anda mungkin mendapati bahwa reaksi Anda terhadap berita negativ menghasilkan reaksi yang tinggi, yang bisa menyebabkan reaksi emosional.

3. Pesimisme yang terus-menerus


Meskipun perasaan putus asa, mudah tersinggung dan sedih adalah bagian dari pengalaman manusia, kunci untuk melihat mereka sebagai gejala dari masalah yang lebih dalam adalah dalam menyadari ketika mereka berjalan lebih lama dari biasanya, selama beberapa minggu atau beberapa hari.

4. Reaksi Mental yang parah

Meski Anda mungkin mengalami ketidak pedulian dan rasa tidak bahagia, Anda mungkin mendapati reaksi terhadap berita negatif menghasilkan reaksi yang tinggi, yang bisa menyebabkan reaksi emosional atau keasyikan dengan masalah ini.

Itulah beberapa gejala depresi ringan yang mungkin wajib kamu waspadai temen temen sobat mas ngguh, tapi ada baiknya saya juga membagikan tips menghindari gejala depresi ringan ini sob bagaimana tips nyaa mari kita simak kembali sob.

Tips Menghindari Gejala Depresi Ringan
 

Penyesalan itu adanya di akhir, karena kalau di depan namanya pendaftaran. Kalimat tersebut saya dapat dari Ustadz Yusuf Mansur. Kita seringkali menyesali sesuatu. Dan seringkali penyebab penyesalan itu adalah terburu-buru mengambil keputusan, tidak mempertimbangkan rencana secara matang, dan lain sebagainya.

Dalam tulisan ini saya ingin berbagi tips untuk menghindari gejala depresi ringan. Berikut ini tipsnya:

1. Jangan terburu-buru

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya bahwa terburu-buru adalah faktor yang sering membuat kita menyesal di akhir. Maka dari itu, ketika hendak melakukan sesuatu atau hendak membuat rencana, jangan terburu-buru. Terburu-buru seringkali membuat kita tidak berpikir panjang.

2. Pertimbangkan secara matang

Selanjutnya pertimbangkanlah hal yang akan kita lakukan atau kita rencanakan tersebut. Pertimbangkan secara matang dilihat dari beberapa aspek, perhatikan juga dampak positif dan negatifnya.

3. Berdoa dan meminta petunjuk

Selanjutnya jangan lupa untuk berdoa kepada Allah sekaligus meminta petunjuk pada-Nya, manakah yang harus kita ambil, atau apa yang harus kita lakukan.

Baca Juga :: Tahukah Kamu Kenapa Orang Benar Susah Menjadi Kaya?

4. Minta saran orang lain

Jangan lupa juga untuk meminta saran dari orang-orang yang terpercaya, atau orang yang ahli di bidangnya.

5. Siap menerima

Setelah melalui langkah satu sampai empat, selanjutnya adalah siap menerima hasil atau akibat dari perbuatan yang kita lakukan atau kita rencanakan atau yang kita ambil. Sebagaimana kita ketahui bahwa kita harus siap menghadapi apapun. Jangan hanya siap menang dan berhasil. Dengan begitu ketika hasil yang kita terima tak sesuai harapan, kita tak akan terlalu sakit hati atau menyesal, karena kita telah mempersiapkan diri sebelumnya.

6. Siapkan alternatif

Saya sering mempersiapkan alternatif untuk sesuatu yang saya lakukan atau saya pilih, jika hasilnya sesuai maka saya bersyukur namun jika belum berhasil maka saya akan melakukan rencana lain. Selalu siapkan alternatif terhadap apapun yang akan kita lakukan.

Itulah tips menghindari gejala depresi ringan sob, Semoga bermanfaat tentunya  apabila sobat ingin menambahkan tips menghilangkan gejala depresi lainnya monggo bisa di tambahkan di kolom komentar sob terimakasih. 

No comments