Apa Hukumnya Puasa apabila Tidak melaksanakan Sholat? Skip to main content

Apa Hukumnya Puasa apabila Tidak melaksanakan Sholat?

Hukum Puasa Apabila Tak Sholat 5 Waktu - Tidak sedikit di tengah tengah kaum muslimin ketika menjalani ibadah puasa masih saja ada yang meninggalkan sholat nya. Mungkin mereka sangka sholat dan puasa adalah ibadah tersendiri. Jika salah satunya di tinggalkan maka dia kira mungkin tidak akan berpengaruh pada dirinya.
Bagaimana hukum puasa apabila tidak sholat

Di bulan ramadhan ini puasa itu wajib di laksanakan umat muslim, tetapi jangan pula kau tinggalkan sholat, percumah saja puasa mu apabila kamu meninggalkan sholat mu.


Apa hukumnya apabila tidak melaksanakan solat di bulan puasa? 

Apakah puasanya sah ataukah tidak?

Mungkin akan ada orang banyak bertanya seperti itu, untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama teman.

Hukum Berpuasa Tetapi Sholat Nya Di Tinggalkan


Puasa yang di lakukan oleh seseorang dan ia meninggalkan kewajiban dholat 5 waktu nya maka puasanya pun tidak akan di terima oleh Allah SWT. Karena meninggalkan sholat hukumnya kafir hal ini ada dalam hadistnya berikut adalah hadist nya,

بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِّرْكِ وَالْكُفْرِ تَرْكُ الصَّلاَةِ

Yang Artinya ::
Pembatas antara seorang muslim dengan kesyirikan dan kekafiran adalah meninggalkan shalat.” (HR. Muslim no. 82)

الْعَهْدُ الَّذِى بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمُ الصَّلاَةُ فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ

Yang Artinya ::
Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) adalah mengenai shalat. Barangsiapa meninggalkannya maka dia telah kafir.” (HR. Ahmad, At Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Majah.

Dikatakan shahih oleh Syaikh Al Albani)
Pendapat yang mengatakan bahwa meninggalkan shalat adalah suatu kekafiran adalah pendapat mayoritas dari para sahabat Nabi, bahkan dapat dikatakan pendapat tersebut adalah ijma’ (kesepakatan) para sahabat.

Oleh karena itu apabila seseorang berpuasa tetapi tidak melaksanakan kewajiban sholat nya maka puasa yang ia lakukan sama saja tidak sah atau tidak akan di teriman oleh Allah SWT. Amalan puasa ini tidaklah bermanfaat pada hari kiamat nanti.


Maka dari itu saya mengingatkan kepada temen temen pembaca setia sobat mas ngguh untuk melaksanakan sholat serta puasa agar amalan puasa mu insyaallah di terima oleh Allah SWT amiiiiin.

Note ::


Alhamdulillah sekarang sudah tau kan apa hukumnya apabila berpuasa tidak melaksanakan sholat?, semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama para pembaca setia sobat mas ngguh. Nantikan artikel mengenai Seputar Islam ini hanya di www.sobatmasngguh.com.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar