Skip to main content

Do'a Niat Puasa Sunah di Bulan Sya'ban bertuliskan Arab Lengkap dengan Artinya 

Do'a Niat Puasa Sunah di Bulan Sya'ban bertuliskan Arab Lengkap dengan Artinya 

Assalamualaikum sobat mas ngguh dimanapun anda berada salam sejahtera bagi kita semua. Di kesempatan kali ini saya akan membagikan kembali bacaan Do'a Niat Puasa Sunah di Bulan Sya'ban Bertuliskan Arab Lengkap dengan Artinya. Puasa sunah bulan sya'ban ini dilakukan sebulum datangnya bulan Ramadhan.

Rasulullah Saw sangat menyukai puasa di bulan Sya'ban ini, nabi besar Muhammad SAW sering mengamalkan atau berpuasa pada bulan Sya'ban ini sob. Sebagai umat muslin yang taat harusnya kita juga menteladani Rasulullah untuk berpuasa di bulan Sya'ban ini.

Banyak hikmah dan keutamaan pada seseorang yang berpuasa di Bulan Sya'ban ini, salah satunya untuk melatih kita atau bisa disebut pemanasan sebelum memasuki bulan Ramadhan. Apabila seseorang sudah terbiasa melakukan puasa di bulan Sya'ban ini maka ia akan bersemangat dan lebih kuat untuk menjalankan puasa wajib di bulan Ramadhan.

Baca Juga :: Tahukah kamu apa Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan ! Inilah Beberapa Keutamaan Puasa pada saat Bulan Ramadhan

Do'a Niat Puasa di Bulan Sya'ban

نويت صوم شهر شعبان سنة لله تعالى

NAWAITU SAUMA SYAHRI SYAHBAN SUNNATAN LILLAHI TA'ALA

Yang Artinya  ::

" Saya niat berpuasa di bulan sya’ban sunnah karena Allah ta’ala "
Mengingat ada banyaknya riwayat  puasa sunah bulan sya'ban ini, pendapat yamg paling kuat mengenai hadist dari puasa Sya'ban menurut hadist dari Utsamah bin Zaid beliau bertanya: “Wahai Rasulullah, saya belum pernah melihat Anda berpuasa dalam satu bulan sebagaimana Anda berpuasa di bulan Sya’ban" Anda berpuasa di bulan Sya’ban".

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ، وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ، فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Yang Artinya ::

" Bulan Sya’ban adalah bulan di mana manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.” (HR. An Nasa’i. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan) "

Baca Juga :: Do'a Niat Puasa Senin dan Kamis Bertuliskan Arab Lengkap dengan Artinya

Perlu diketahui bahwasanya bulan Sya'ban ini adalah bulan ke delapan sebelum bulan Ramadhan. bulan Sya’ban adalah bulan yang paling banyak diisi dengan puasa sunnah oleh Nabi Muhammad SAW, seperti puasa senin-kamis, shaum daud, dan puasa sunnah lainnya.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يُفْطِرُ ، وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يَصُومُ . فَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلاَّ رَمَضَانَ ، وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِى شَعْبَانَ

Yang Artinya ::

" Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa, sampai kami katakan bahwa beliau tidak berbuka. Beliau pun berbuka sampai kami katakan bahwa beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya’ban. (HR. Bukhari dan Muslim) "

Itulah Niat Puasa Sunah di Bulan Sya'ban Bertuliskan Arab Lengkap dengan Artinya  serta sedikit ulasan mengnai puasa sunah bulan sya'ban ini sob, semoga dengan ada nya artikel ini dapat memberikan dampak positif untuk temem temen setia pembaca sobat mas ngguh dimanapun anda berada terima kasih dan nantikan artikel lainnya sob. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar