5 Cara Merawat Motor Matic Injeksi agar awet dan tahan lama hingga bertahun tahun Skip to main content

5 Cara Merawat Motor Matic Injeksi agar awet dan tahan lama hingga bertahun tahun

Motor Matic adalah motor primadonanya kaum wanita, tidak hanya kaum wanita saja si tapi kaum pria pun ikut serta dalam meramaikan penggunaan motor matic ini.

Sayapun sebagai pria memakai motor matic untuk kendaraan bekerja serta kendaraan sehari hari saya hehe 😂.
Cara Merawat Motor Matic Injeksi

Motor matic adalah motor yang sangat simpel di gunakan, karena sistem dari motor matic ini yg membuat nya simpel, kita tinggal gas saja tidak perlu memikirkan tuas gigi ataupun kopling.

Motor matic bisa dibilang motor yang simpel, tetapi untuk masalah perwatan motor matic injeksi jangan dianggap simpel juga.

Kenapa? Karena setahu saya jikalau motor matic injeksi nya rusak atau turun mesin suatu saat nanti, pasti akan membutuhkan biaya yang lumayan menguras kantong.

Maka dari itu untuk menghindari terjadinya turun mesin pada motor matic injeksi kamu, saya akan membagikan tips nya nih bagimana caranya merawat motor injeksi agar motor sehat setiap harinya.

Yuukk...  Mari kita simak beberapa cara merawat motor matic injeknya, simak baik baik artikel ini sampai selesai yaa.

Cara Merawat Motor Matic Injeksi agar awet dan tahan lama


1. Pemeriksaan Vanbelt Secara Berkala


Untuk langkah pertama dalam merawat motor matic adalah perlu diperhatikannya bagian Vanbelt secara berkala.

Kenapa kita perlu memperhatikan Vanbelt motor matic secara berkala?

Mungkin kamu akan bertanya seperti itu, iya pengecekan di lakukan secara rutin agar tidak tidak terjadi sesuatu di kemudian hari.


Apabila kamu sedang dalam perjalanan jauh tanpa persiapan apa apa,  lalu vanbelt kamu putus di tengah jalan pasti kamu akan bingung dan merasa kecewa serta emosi kan, maka dari itu lakukanlah pengecekan vanbelt secara rutin agar motor matic injeksi kanu sehat setiap harinya.

2. Pengantian Oli Secara Rutin


Oli adalah peranan penting dalam motor matic injeksi ini, karena oli berfungsi sebagai membantu menjalankan piston yang ada di dalam mesin motor.

Gunakanlah oli pelumas yang baik yang baru bila perlu, hati hati ada saja di bengkel bengkel yang menjaul oli baru padahal dalam nya bekas harap berhati hati karena ini bisa berdampak pada mesin motor matic injeksi kamu kedepan nya.

Penggatian oli untuk motor matic yang baik berapa kilometer ya?

Untuk penggantian oli pada moto matic kamu sebaiknya di lakukan ketika jarak tempuh pada km di speedometer di angka 3000, maka lakukan lah penggantian oli agar motor injeksi kamu tetap awet bertahun tahun.

3. Menggunakan Bensin Yang Baik serta Berkualitas


Untuk menjaga motor matic kamu awet dan tahan lama, kamu juga perlu melihat aspel mengenai penggunaan bensin ini.

Bensin aja ko jadi masalah?

Hehe jelas masalah apabila bensin yang kita beli bukan bensin original dari pertamina.

menurut saya bensin pun akan jadi masalah pada motor matic kita apabila bensin tersebut tidak original, tidak original disini karena bensin sudah dalam campuran, entah itu campuran sedikit oli ataupun air.

Hal ini bisa saja membuat motor matic kamu tidak akan awet dan tahan lama loh,  sooo harap di perhatikan juga untuk penggunaan bensin ini ya temen temen.

4. Pengecekan Kondisi Aki


Aki juga berperan sangat penting pada motor matic kamu, karena aki berfungsi sebagai sistem pembakaran motor.

Apabila ada masalah pada aki nya pembakaran di dalam mesin motor pun akan ada masalah nya.


Untuk itu sering seringlah di cek aki nya setiap service di bengkel terdekat atau bengkel resmi.

5. Selalu Mengecek Bahan Bakar di Speedometer 

Motor injeksi sangat penting untuk sering melihat bahan bakar kita apakah masih ada atau kosong.

Hal ini bisa kamu lihat di jarum speedometer motor matic injeksi kamu, apabila jarum menunjukkan di titik full maka bensin full, bila sebaliknya maka bensin kosong. 

Harap di perhatikan untuk motor matic injeksi jangan sesekali mengkosongkan bensin,  hal ini dapat menyebabkan adanya kerusakan di bagian dalam mesin suatu saat nanti.

Saya sarankan untuk pengguna motor matic injeksi janganlah sampai motor ksmu kebahisan bahan bakar sama sekali, karena hal ini akan berdampak buruk pada motor matic kedepannya.

Note ::


Nah itulah bagimana caranya merawat motor matic injeksi agar awet dan tahan lama hinga bertahun tahun, semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua para pembaca setia sobat mas ngguh. Nantikan artikel lainnya mengenai Seputar Otomotif hanya di www.sobatmasngguh.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar