Cara Mengatasi HP/Smartphone Mati Total dengan Mudah Skip to main content

Cara Mengatasi HP/Smartphone Mati Total dengan Mudah



Cara Mengatasi HP/Smartphone Mati Total dengan Mudah

Cara Mengatasi HP Mati Total - Smartphone kini telah menjadi kebutuhan utama untuk setiap orang. Bahkan bisa dikatakan bahwa setiap individu remaja atau dewasa pasti memiliki ponsel sedikitnya satu buah. Hal tersebut dikarenakan fungsi dari hp yang sangat penting. Mulai dari untuk berkomunikasi, eksis di sosial media, bermain game hingga dalam hal ilmu pengetahuan. Lalu bagaimana jika HP atau Smartphone yang kita gunakan rusak ?

Ada berbagai macam jenis kerusakan pada smatphone seperti bootloop, hang, lag, force close pada beberapa aplikasi, memori penuh dengan sendirinya dan yang paling parah yakni mati total atau yang sering kita sebut "Matot". 

Jika ponsel anda mengalami beberapa hal tersebut dan terutama mati total, jangan terburu - buru untuk membawanya ke service langganan anda. Karena apa ? hal - hal tersebut sebenarnya masih bisa kita atasi sendiri. Nah, berikut akan saya sampaikan beberapa cara memperbaiki hp mati total atau bootlop.

Cara Mengatasi HP Mati Total

Mati Total pada dasarnya sangat sering dialami para pengguna smartphone terutama android, Hal tersebut karena system yang ada di android cukup komplek dan ada beberapa merk hp yang rawan atau mudah terserah penyakit sehingga menyebabkan mati total. 

Penyebab HP Mati Total diantaranya yakni penggunaan yang diluar batas. Artinya anda menggunakan ponsel tersebut 24 Jam non-stop. Barang elektronik terutama smartphone juga sama seperti manusia, membutuhkan istirahat. Gagak update ROM atau Frimware juga menjadi salah satu penyebab smartphone mengalami bootlop atau matot. Hal ini terjadi karena penginstalan ROM tersebut belum selesai atau bahkan sudah selesai tetapi ponsel anda tidak kuat. Kemudian penyebab terahir yakni kerusakan pada hardware. Jika yang terjadi adalah kerusakan pada hardware anda hanya perlu mengganti komponen tersebut. Berikut adalah Cara Mengatasi Ponsel Mati Total dengan Mudah :

          1. Cek Konektivitas Daya

Cek Konektivitas Daya

Cek Konektivitas Daya yang dimaksud disini yakni apakah jika ponsel anda di charger bisa terhubung atau tidak. Apabila ponsel anda Matot dan dicharger masih mau masuk itu tandanya masih ada harapan untuk anda perbaiki sendiri. Namun jika tidak, kemungkinan besar bermasalah di hardwarenya bisa IC Powernya ataupun Batterainya yang sudah mulai lelah. Selain itu, juga bisa karena terkunci / lock di mode tertentu.

Baca Juga :: Inilah Kode Rahasia dalam Smartphone Android yang Belum kamu ketahui

Jika di Charger masih mau masuk, anda cukup masuk dalam mode recovery dengan memencet kombinasi antara volume, power ataupun home sesuai merk ponsel anda. Kemudian lakukan flashing dengan frimaware yang cocok terhadap ponsel anda bisa anda cari di forum resmi merk ponsel anda tersebut.

Kemudian jika khasusnya terkunci / lock di mode tertentu anda hanya perlu menekan tombol kombinasi ya bisa anda coba sendiri dengan posisi ponsel dalam keadaan di charger.

          2. One Click Unbrik Sofware PC

Untuk cara yang kedua yakni menggunakan bantuan sofware komputer yang bernama One Click Unbrik . Merupakan salah satu sofware yang cukup ampuh untuk mengatasi hp yang mati ataupun bootlop. Sistem kerjanya yakni dengan membuat ponsel yang eror memaksa masuk kedalam mode recovery kemudian melakukan perbaikan sofware ponsel dari dalam. Setelah itu semua selesai anda juga masih perlu untuk melakukan flashing agar ponsel dalam keadaan seperti baru lagi.

          3. Lepaskan Baterai Ponsel Anda

Lepaskan Baterai Ponsel Anda

Cara selanjutnya yakni cukup simple dan mungkin anda tidak akan menyangkanya. Ya, yakni dengan melepaskan baterai ponsel. Cara ini cukup ampuh untuk memperbaiki ponsel yang mati total. Namun, tidak semua ponsel matot bisa diatasi dengan cara ini.

Baca Juga :: Tahukah kamu Aplikasi Yang tidak penting ternyata Banyak di Instal di Android

Cara ini hanya bekerja jika ponsel anda terjebak dalam mode booting sehingga untuk menuju ke layar menu utama atau destop istillah dalam komputer tidak sampai. Dengan melepaskan baterai secara paksa sama dengan mematikan ponsel. Kemudian anda bisa menghidupkannya kembali dengan cara seperti biasanya.

          4. Melakukan Flashing Android

Mungkin dari awal saya sering menyebutkan mengenai flashing dan flashing. Mungkin juga dari sebagian anda tahu bagaimana caranya dan tidak sedikit juga yang kebingungan dalam prakteknya. 

Flashing android pada dasarnya adalah proses uprage dataupun downgrade rom/frimware ponsel. Dengan begitu otomatis ponsel yang mengalami kerusakan atau matot bisa kembali beroperasi setelah dilakukannya flashing. Nah, untuk caranya adan harus dengan bantuan komputer. Yakni menyiapkan frimware serta aplikasi flashing seperti Odin, Xiaomi Flash dan lain sebagainya.

Demikian ulasan mengenai Cara Mengatasi HP/Smartphone Mati Total dengan Mudah, jika anda telah mencoba cara diatas, tetapi ponsel masih tetap tidak mau menyala bisa dipastikan kerusakan terletak pada hardware anda. Kemungkinan EMMC-nya ataupun IC Powernya yang rusak. Nah, untuk memperbaiki kedua hal tersebut saya sarankan untuk ke service ponsel yang profesional.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar