Cara mudah mengisi Freon AC menggunakan Manifold

Cara mudah mengisi Freon AC menggunakan Manifold

Cara mengisi freon pada AC Split

Assalamualaikum sobat mas ngguh dimanapun anda berada salam sejahtera bagi kita semua, selamat malam waah sudah lama ya saya tidak membuat artikel kembali, ya dikarnakan sibuk dalam hal tertentu yang membuat menulis pun akhir nya tertunda hehe 😂. Oke sob di artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya mengisi freon pada AC Split menggunakan Manifold, caranya tentunya sangat mudah sob untuk mengisi sebuah freon ac. Tapi sobat harus tau dulu macam macam freon yang di gunakan pada AC Split itu apa saja jangan sampai berbeda ya sob.

Jenis Freon yang harus sobat ketahui

Sebelum saya menjelaskan bagaimana caranya mengisi freon pada AC ada baiknya temem temen harus tahu dulu apa saja sih jenis jenis freon AC itu yuuk mari kita simak sob.

Jenis Jenis Refrigerant yang ada di Indonesia 


Refrigerant R22

Freon R22 sudah dilarang di produksi maupun di import dari luar pada tahun 2015, tetapi untuk para dealer atau toko AC yang masih boleh menjual jenis refrigerant R22 sampai stok barang tersebut habis. Jenis freon R22 di Indonesia sendiri boleh di gunakan sampai tahun 2030, pada tahun 2030 nanti jenis freon R22 akan di hapus di Indonesia sob.

Refrigerant R32

Refrigerant jenis R32 ini di temukan oleh perusahaan jepang yang bernama Daikin pada tahun 2012 lalu, lalu di gunakan pada produk AC mereka pada tahun 2013. Jadi pada produk AC pabrikan dari jepang yang menggunakan refrigerant R32 harus dapat lisensi dulu dari Daikin.

Refrigerant R290 dan R410A

Jarang AC Split yang menggunakan jenis refrigerant ini kebanyakan AC split sekarang menggunakan R32, saya pun bekerja di salah satu pabrik melihat mesin pendingin konvresor menggunakan refrigerant R410A

Oke sekarang sudah tau kan apa saja jenis jenis refrigerant nyaa baiklah sekarang saya akan menjelaskan bagaimana caranya mengisi freon pada AC Split.

Peralatan yang diperlukan untuk Mengisi Freon AC Split


Untuk peralatannya sobat bisa membawa alat alat sebagai berikut,

1. Manifold ( Alat Ukur Tekanan Refrigerant)
2. Kunci Inggris
3. Kunci Pas satu Set
4. Tabung Refrigerant ( disesuaikan oleh tipe AC pada namplate Outdoor)
4. Tang Ampere
5. Obeng + dan Obeng -

Baca Juga :: Cara Mengecek Ampere pada Ac split 

Langkah - langkah pengisian refrigerant Freon AC Split 


Untuk langkah langkahnya mari kita simak sob langkah langkah pengisian freon berikut ini.

1. Hidupkan AC terlebih dahulu.
2. Gunakan kunci inggris atau kunci pas untuk membuka penutup valve pada pipa bertekanan tinggi atau lipa yamg terlihat besar.
3. Hubungkan selang manifold berwarna biru atau untuk tekanan rendah ke valve yang sudah di buka penutup nya tadi, biasanya selang yang masuk ke bagian valve ini sisidi bagian manifold nya di sebelah kiri, lalu selang yg tengah di manifold di masukan ke tabung refrigerant.

Baca Juga :: Cara mudah mengetahui PK pada Ac Split 


4. Setelah itu cek di bar manifold, apabila menggunakan refrigerant R22 tekanan normal apabila freon masih ada biasanya bertekanan di kisaran 57,6 -  84,1 psi.
5. Apabila setelah di cek di bar manifoldnya kemudian tidak ada tekanan sama sekali ada kemungkinan kebecoran pada ac tersebut, mungkin lain kali saya akan menjelaskan bagaimana cara mudah mengetahui kebocoran pada ac.
6. Apabila tidak ada kebocoran dalam ac silahkan sobat melakukan pengisian freon dengan memutar kran manifold berwarna biru, lakukan pengisian secara perlahan sob sampai tekanan mencapai 84,1 psi, ohh iya sobat juga harus memasang ampere yang mengalir pada ac tersebut berapa jangan sampai melebihi batas yang sudah di tentukan pada namplate AC nya sob.
9. Setelah freon yang dimasukan sudah cukup, lepas kembali selang manifold dan tutub tabung freon lalu tutuk kembali penutup valve pada AC nya sob.
10. Selesai AC sobat sekarang sudah terisi freon dan tentunya ruangan pun sekarang menjadi dingin seperti di kutub utara hehehe 😁.

Sedikit info dari saya buat temen temen, sebenarnya AC yang telah di isi freon tidak akan habis sob karena pada AC itu sirkulasi freon akan berputar terus, apabila sobat sudah mengisi freon kemudian 1 bulan kemudian freon habis kembali itu tandanya ada kebocoran pada AC sob.

Nah bagaimana sekarang temen temen sobat mas ngguh sudah tau kan bagaimana caranya mengisi freon pada AC Split semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama para penikmat pembaca sobat mas ngguh ini. Ohh iya barang kali saya ada salah dalam penulisan atau salah dalam langkah langkah pengisian freon ini mohon di koreksi di kolom komentar ya sob.

No comments