Cara Mudah Mengatasi AC yang Mati Hidup Sendiri atau Timer Menyala Kedip Kedip

Cara Mudah Mengatasi AC yang Mati Hidup Sendiri atau Timer Menyala Kedip Kedip

Cara mengatasi timer ac berkedip

Assalamualaikum sobat mas ngguh dimanapun anda berada salam sejahtera bagi kita semua. Waah sudah beberapa hari ini saya jarang posting artikel ya soob maaf sebelumnya karna badan saya yang tidak begitu enak yang membuat saya tidak ada mood untuk menulis. Tetapi alhamdulillah setelah beberapa hari saya mengistirahatkan diri saya badan saya pun sudah kembali pulih hehehe.

Iyaa temen temen pada kesempatan kali ini yang tentunya akan di bahas dalam artikel ini seperti dalam judul, bagaimana caranya mengatasi AC yang timer nya kedip kedip atau AC hidup mati sendiri?

Iya itu sering terjadi pada AC yang bermasalah, masalah nya pun banyak sob dari timer berkedip ini,  bisa dari AC indoor yang sudah kotor, bisa dari Termisthor yang sudah jelek atau shooot, bisa juga dari tertekan nya tombol timer pada remot AC kamu sob.

Baca Juga :: Tips sederhana mengetahui PK AC

Oke sob di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan apa saja si penyebab nya AC sering mati hidup mati hidup sendiri, dan juga saya akan membagikan sedikit tips cara untuk menangani nya sob, supaya tidak terjadi kerusakan yang amat sangat parah pada AC Split sobat mari kita bahas simak artikel ini baik baik yaa sob.

Cara Mengatasi Timer AC Berkedip Dengan Sendirinya 


1. Termisthor AC sudah tidak normal atau berfungsi semestinya

Termisthor adalah suatu bagian yang menurut saya penting, karena apa, fungsi Termisthor ini untuk mengatur suhu ruangan sob. Kerusakan Termisthor yang sering saya jumpai di tempat pabrik saya bekerja adalah merek AC Panasonic. Kerusakan Termisthor juga bisa saja karena masa dari Termisthor tersebut sudah sudah habis dan harus di ganti sob.

Untuk menangani nya bersihkan Termisthor yang berupa tembaga dengan yang di bungkus nya dengan kain di lap saja supaya bersih setelah itu jauhkan ke dua bagian Termisthor tersebut dari evaporator, dan hiduokan kembali apabila AC sudah normal alhamdulillah tapi apabila masih kedip kedip lakukan dengan cara menganti bagian Termisthor AC nya sob dengan Termisthor yang baru.

2. Tombol On Off Switch pada Bagian Indoor tidak Normal

Baca Juga :: Cara Mengecek Tekanan Refrigerant pada AC Split 

Kerusakan ini jarang terjadi pada merek AC yang baru, tetapi sering pada AC yang lama, Tombol On Off yang tidak normal dapat juga menyebabkan AC sering mati hidup mati hidup dengan sendirinya sob.

Untuk cara mengatasi nya lepaskan tombol Switch pada PCB Indoor dengan menyolder  bagian switch AC nya sob.

3. Error karena kurangnya tegangan yang masuk pada mesin AC indoor

Masalah ini jarang saya alami di lapangan, tetapi ada teman teknisi saya yang pernah mengalami nya sob, ya ac bisa saja terkena tegangan yang tinggi, atau bisa jadi voltase pada AC listrik rendah di bawah 220 voltase.

4. Timer pada AC Split bagian Indoor kedip kedip, nyala terus

Nahh ini nih sob kerusakan yang sering terjadi yang saya temukan di lapangan sob, biasanya pengguna AC menyalakan timer nya atau lupa tertekan tombol timernya. Untuk cara ini mengatanya pun cukur  mudah sob dimana ngan cara menekan tombol reset pada remot AC nya sob.

Setelah itu apakah masih berkedip,  kalo tidak alhamdulillah, tetapi kalo masih berkedip sobat lakukan dengan cara menurunkan MCB AC tersebut atau memutuskan arus listrik nya sob tahan selama 10 menit di jamin Ac akan kembali normal dan tidak kedip kedip lagi sob.

Nah sekarang sudah tau kan bagaimana cara mengatasi permasalahan tentan AC yang berkedip kedio timernya atau AC yang tidak normal kadang hidup kadang mati, apabila masih kurang jelas silakan sobat bertanya di kolom komentar sob. Semoga artikel ini membantu menyelesaikan masalah yang sedang kamu alami ya sob. 

No comments