Cara Mencegah Kebocoran  Pada AC Split

Cara Mencegah Kebocoran Pada AC Split

Assalamualaikum sobat mas ngguh dimanapun anda berada salam sejahtera bagi kita semua. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai masalah yang sering terjadi pada para pengguna AC Split yaitu adanya kebocoran pada bagian Indoor AC. Bagaimana solusinya menghilangkan kebocoran pada AC Split tersebut?. Oke temen temen mari kita bahas secara santai sambil duduk minum kopi 😂.

Cara mudah mencegah bocor pada AC Split


Semua unit Indoor AC Split telah di rancang sedemikian rupa oleh pabrikan AC agar terlihat rapih bagus dan efisiensi. Setiap unit AC indoor sudah di lengkapi dengan saluran pembuangan air atau biasa di sebut oleh para teknisi AC yaitu Talang Air. Fungsi Talang Air pada AC Split adalah untuk menyimpan atau menampung tetesan air pada evaporator yang kemudian air akan mengalir melalui selang pada Talang Air ke pembuangan Air.

Baca Juga :: Cara Mengecek Tekanan Refrigant Ac Split

Ada satu pertanyaan untuk saya sendiri dan sayapun bingung, Talang Air sudah di buat serapih dan seaman mungkin oleh pabrikan AC agar tidak ada kebocoran pada AC, tetapi tidak ada yg tidak mungkin pasti ada saja AC baru yang sudah bocor. Untuk penyebab kebocoran AC yang lain bisa saja dikarnakan banyak nya lumut atau kotoran di bagian talang airnya.


AC yang dinyalakan terus menerus akan mengalami penguapan hal ini yang menyebabkan tetesan air akan mengali secara terus menerus pada bagian evaporator. Dingin nya evaporator pada bagian unit indoor apabila AC dinyalakan secara terus menerus akan muncul suatu kotoran pada bagian evaporator seperti lumut, lumut ini lah yang akan menghalangi jalannya air ke pembuangan air.

Saya pun punya beberapa cara agar dapat mengantisipasi terjadinya kebocoran pada AC. Yang mungkin ini bisa temen temen sobat mas ngguh peraktekan di rumah. Yuukk simak caranya.

Bac Juga :: Cara Mudah Mengetahui PK pada AC Split 

Cara Mencegah Kebocoran Air pada AC Split bagian Indoor 100% AC kembali normal


1. Pastikan pemasangan AC unit indor rata pada barket bagian belakang nyanoun harus rata, apabila ingin lebih aman agak di miringkan sedikit ke arah pembangunan air.

2. Selalu menjaga kebersihan AC unit Indoor maupun Outdoor, dengan cara Cleaning AC kurang lebih 3 bulan sekali.

3. Wajib perhatikan filter udara pada penutup evaporator AC Unit Indoor, apavila sudah terlihat kotor cucuilah segera.  Saringan filter udara dicuci secara rutin lurang lebih 2 minggu sekali

4. Pengecekan selang pembuangan Air AC kurang lebih 1 bulan sekali, apabila tersumbat masukan masukan saja kabel kecil ukuran 5mm.

5. Meminta kepada jasa sevice AC untuk memastikan talang pembuangan air di bersihkan apabila AC sedang di service.

Yups itulah ke 5 cara mudah mengantisipasi terjadi nya kebocoran pada AC, untuk tips atau cara lainnya akan menyusul sob. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.  Apabila sobat ingin bertanya jangan ragu silakan bertanya di kolom komentar sob. Apabila artikel ini bermanfaat silahkan sobat share ketemen temen teknisi sobat terimakasih.

No comments