Cara Mengecek Ampere &  Cara Mengecek Tekanan Refrigerant pada AC Split

Cara Mengecek Ampere & Cara Mengecek Tekanan Refrigerant pada AC Split



Assalamualaikum sobat mas ngguh dimanapun anda berada salam sejahtera bagi kita semua. Setelah kemarin saya sudah membahas tentang AC Split kali ini saya akan membahas kembali bagaimana caranya mengecek ampere pada ac split dan mengecek tekanan refrigerant pada ac.

Pada umumnya setelah kita melakukan tahap perawatan pada ac maka hal yang harus kita lakukan adalah mengecek keadaan tekanan ampere pada unit ac split, apakah sesuai standar atau kurang standar.

Cara Mengecek Ampere &  Cara Mengecek Tekanan Refrigerant pada AC Split


Baiklah untuk lebih jelasnya dan memperaktekan nya siapkanlah alat alat yang di perlukan sob. Seperti,

Alat - Alat Untuk Pengecekan Ampere Dan Tekanan Refrigerant 


1. Manifold ( alat ukur tekanan )
2. Kunci Inggris
3. Kunci Pas
4. Tang Ampere
5. Obeng Set

Langkah Pengerjaan Pengecekan Ampere Dan Tekanan Refrigerant 


1. Pertama tama silahkan nyalakan unit AC terlebih dahulu.

2. Buka penutup power supply outdoor, setelah itu pasangkan tang ampere pada salah satu kabel fasa ataupun netral. Cek apakah ampere dalam kondisi normal atau tidak  sesuai dengan yang tertera pada nameplate ac. Bila sobat masih binggung berapa standar ukuran ampere pada ac karena ac berbeda beda PK nya silahkan baca artikel ini agar lebih memahami berapa setandar ampere pada AC.

Baca Juga :: Cara Mengetahui Pk Pada AC Split

3. Selanjutnya bukalah penutup service valve pada pipa yang telihat besar, dengan menggunakan kunci inggris atau menggunakan kunci pas.

4. Setelah itu pasang selang manifold bertekanan rendah ke valve biasanya manifold bertekanan rendah berwarna biru selang nya, usahakan kran manifold dalam kondisi tertutup sob.

5. Selanjutnya buka kran pada selang biru  lalu cek tekanan refrigerant pada manifold nya.

6. Standar tekanan refrigrant. Dari temperature evaporasi tersebut bisa dikonversi ke tekanan kerja: Untuk R-22: (0 derajat C =3.97bar s/d 10 derajat C = 5.8bar). Jadi rangenya dari 3.97 s/d 5.8bar atau dalam satuan psig = 57.6 s/d 84.1psig. Pada 57.6 psig saat beban terendah dan 84.1 psig saat beban puncak.

7. Standar tekanan refrigrant. Dari temperature evaporasi tersebut bisa dikonversi ke tekanan kerja: Untuk R-410a dan R-32: (0 derajat C =8.97bar s/d 10 derajat C = 11.8bar). Jadi rangenya dari 8.97 s/d 11.8bar atau dalam satuan psig =130.5 s/d174psig. Pada 130.5 psig saat beban terendah dan 174 psig saat beban puncak.

8. Setelah semuanya sudah selesai di cek silahkan tutup kran pada manifold lalu lepas selang manifold pada valve dan tutup kembali valwe unit AC Outdoor.

Baca Juga :: Cara Mudah Mengisi Freon Pada Ac Split

9. Lepaskan tang ampere dari kabel power supply dan tutup kembali penutup kabel power supply.

10. Alhamdulillah sekarang kamu sudah bisa melakukan pengecekan Ampere AC dan pengecekan tekanan refrigerant pada AC Split.

Bagaimana temen temen sekarang sudah mengerti kan bagaimana caranya mengecek ampere pada ac, dan mengecek tekanan refrigerant pada ac semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan temen temen semuanya, ohh iya apabila ada kekurangan dalam penulisan artikel mohon di maaf dan apabila ingin berdiskusi mengenai ac split ini monggo mari kita berdiskusi di kolom komentar sob terimakasih.


No comments