Bagaimana Cara Mengetahui PK pada AC Split ? Inilah tips menghapal PK pada AC Split

Bagaimana Cara Mengetahui PK pada AC Split ? Inilah tips menghapal PK pada AC Split



Assalamualaikum sobat mas ngguh dimanapun anda berada salam sejahtera bagi kita semua. Selamat malam sob di artikel sebelumnya saya membahas tentang pengertian ac split dimana mungkin sobat belum membaca nya monggo di baca dulu sob biar tau apa AC Split itu sob.

Kali ini saya akan membagikan tips dimana cara mudah mengetahui PK pada suatu AC sob, umumnya PK pada AC itu berbeda beda sob ada yang 1/2 pk, 1 1/2 pk, 2 pk, dan masih banyak lagi sob tergantung tipe dalam name plate pada ac tersebut sob. 

Tapi pada nameplate tidak akan tertera berapa pk nya melainkan hanya berupa code saja sob. Mungkin kebanyakan orang orang dirumah ada yang merasa bingung ini ac di pasang di rumah berapa pk ya?, pasti ada saja yang seperti itu hehe.

Memang sob mencari pk pada suatu unit AC memang tidak akan ada melainkan hanya akan ada satuan pendingin yang di beri nama BTU/hr sob. Tapi masyarakat lebih familiar dengan menyebut nya PK AC.



Cara mengetahui ac peka
Ex namplate code merek sharp


Baiklah sob inilah acuan BTU/hr yang akan kita ketahui berapa pk pada ac tertentu sob,

5  = 5000 BTU/hr   =1/2 pk
7  = 7000 BTU/hr   =3/4 PK
9  = 9000 BTU/hr   =   1 PK
12 = 12000 BTU/hr = 1,5 PK
18 = 18000 BTU/hr =2 PK
24 = 24000 BTU/hr =2,5 PK

Oke baiklah akan saya beri contoh PK pada AC bermerek Panasonic ini, kode yg di beri tanda biru adalah kode yg dapat mengetahui berapa Pk pada suatu unit AC sob.

Baca Juga :: Cara Mudah Menvisi Freon AC 

AC Panasonic CS PC5JKJ = 5000 BTU/hr berarti 1,5 Pk
AC Panasonic CS PC7JKJ = 7000 BTU/hr berarti 3/4 Pk
AC Panasonic CS PC9JKJ =  9000 BTU/hr  berarti 1 Pk
Nah itulah contoh nya sob kode kode di atas mungkin dapat di lihat di namplate Outdoor pada unit AC Split sob. Tidak hanya merek Panasonic saja sok AC Split bermerk samsung, sharp, national, LG dll pun bisa sobat lihat kode namplate nya dan berapa angka BTU/hr nya dan sobat sudah akan tau berapa Pk nya AC tersebut.

Baca Juga :: Cara Mengecek Ampere Pada Ac split 

Bagaimana temen temen sobat mas ngguh 😁 sekarang sudah bisa dan sudah tau kan bagaiman cara mudah mengetahu pk pada ac, semoga artikel ini dapat menambah wawasan temen temen tentang AC Split. Mungkin ada yg bisa menambahkan bagaiman tips nya supaya dapat menghapal pk pada AC Split ini monggo sob di tambahkan di kolom komentar terimakasih.

No comments