Apa sih AC Split itu? Inilah Pengertian Pendingin Ruangan AC Split dan Cara Kerja AC Split

Apa sih AC Split itu? Inilah Pengertian Pendingin Ruangan AC Split dan Cara Kerja AC Split



Assalamualaikum sobat mas ngguh dimanapun anda berada salam sejahtera bagi kita semua. Air Conditoner atau yang biasa di singkat AC ini memang sudah banyak di gunakan di rumah rumah, perkantoran, bahkan di mall mall pasti di pasang barang yang satu ini, tapi mungkin kebanyakan dari pembaca setia sobat mas ngguh tidak tau apa itu pengertian dari AC Split ini?. Mari kita bahas bersama mengenai AC Split ini sob  😁

Cara kerja AC Split

Pengertian AC Spilt, Ac Split merupakan sebuah alat yang mampu mendinginkan sebuah ruangan dan mengkondisikan suhu pada suatu ruangan tertentu dimana suhu dapat di atur sesuai yang kita inginkan dimana suhu dalam suatu ruangan dapat kita rendahkan.

Dari pengertian di atas mungkin ada yang bingung dan bertanya,

" Ko bisa AC jadi mendinginkan suatu ruangan ya?  "
" Prinsip Kerja pada AC Split bagaimana ?  "

Baiklah saya akan sedikit  menjelaskan bagaimana prinsip kerja AC Split tersebut.
Prinsip kerja AC Split sendiri sama seperti mesin pendingin yang lainnya sob,  yaitu menyerap suhu udara yang panas dalam suatu ruangan kemudian membuang suhu panas tersebut lalu mengeluarkan suhu yang dingin pada AC tersebut.

Jadi pada AC Split suhu udara yang panas di sirkulasikan sob secara terus menerus oleh fan blower pada bagian unit Indoor . Melalui evaporator lah yang lebih dingin pada suatu ruangan tersebut.

Saat udara bersikulasi pada evaporator, suhu udara yang panas akan diserap oleh pendingin yang biasa di sebut dalam AC itu refrigeran , kemudian panas yang di terima evaporator di lepaskan ke luar ruangan melalui bagian bagian condensor di bagian unit outdoor.

Baca Juga :: Cara Mengecek Ampere dan Tekanan Refrigerant 

Nah jadi temperatur yang rendah atau dingin yang sobat rasakan dalam suatu ruangan yang ber AC itu adalah sirkulasi udara di dalam ruangan sob. Yaa Unit AC sendiri hanyalah tempat bersirkulasinya udara sob.

Bagaimana sob sekarang sudah mengerti kan apa itu pengertian dari AC Split ini. Baiklah kali ini mari kita lanjut ke bagian komponen AC Split ini sob.

Komponen Pada AC Split

AC Split sendiri mempunyai beberpa komponen sob di antaranya bagian Indoor AC dan Outdoor AC apa saja sih bagian Indoor dan outdoor AC mari kita simak sob.
 
Komponen Unit Pada Bagian Indoor AC Split

Bagian indoor pada AC Split terdapat beberapa komponen yaitu,

Evaporator

Fungsi evaporator adalah


Pada bagian indor AC Split ini evaporator terbuat dari pipa tembaga dengan panjang tertentu dan berliuk liuk, kenapa berliuk liuk karena agar menghemat tempat dan supaya lebih efektif menyerap suhu udara yang panas dari ruangan yang bersirkulasi melaluinya. Pipa pada evaporator ini di lewatilah refrigerant yang suhu nya memiliki suhu yg rendah segingga suhu pada evaporator pun akan rendah. Dan apabila suhu pada evaporator dinigin suhu pada ruangan pun akan menjadi dingin sob.

Motor Fan atau Fan Blower

Fungsi fan blower pada bagian unit indor AC


Motor fan pada indoor berfungsi sebagai mengsirkulasikan udara pada ruangan tertentu, dimana udara panas dalam ruangan bersirkulasi melewati evaporator, setelah udara panas di lewati oleh evaporator aliran udara di arahkan oleh pengatur aliran udara. Kemudian blower akan bekerja sesuai temprature udara sesuai yang kita inginkan sob. Fan blower pada indor akan berhenti apabila suhu telah mencapai yang kita inginkan begitu sob.



Filter Udara atau Penyaring Udara

Fungsi filter udara pada ac split


Filter udara pada AC Split ini berfungsi sebagai penyaring udara yang melewati evaporator, udara yg bersirkulasi di dalam ruangan akan menjadi bersih. Pada unit AC Model terbaru ada yang dilengkapi dengan filter anti bakteri atau anti racun yang dapat menangkal bibit penyakit yang dapat membahayakan tubuh manusia yang terbawa melalui udara ruangan tersebut.

Baca Juga :: Cara Mencegah Kebocoran Pada AC Split 

Sensor Suhu ( Termisthor )

Cara memgatasi termisthor yg rusak


Sensor suhu pada bagian AC Split Indoor ini berfungsi sebagai pengatur kerja mesin pendingin yang secara keseluruhan mengatur kerja fan blower, compressor, fan outdoor, serta fungsi timer.

Nah itulah komponen-komponen AC Split yang ada pada bagian unit Indoor sob sekarang sobat mas ngguh sudah tau kan hehe 😁, sekarang apa saja komponen-komponen yang ada pada AC Split unit Outdoor oke mari kita simak sob.

Komponen Unit Pada Bagian Outdoor AC Split

AC Split bagian Outdoor terdiri dari beberapa komponen yaitu,

Kompresor

Mengatasi kompresor yang panas


Kompresor pada AC Split bagian unit Outdoor ini berfungsi sebagai sirkulasinya refrigerant, dari kompresor refrigerant akan di pompa dan di alirkan menuju komponen komponen utama pada bagian Outdoor seperti, kondensor, pipa kapiler, evaporator dan kembali lagi menuju Kompresor sob. Refrigerant akan secara terus menerus atau bersirkulasi selama AC dalam kondisi menyala sob.

Kondensor

Fungsi kondensor pada ac bagian Outdoor


Kondensor dalam AC Split bagian Outdoor ini juga sama seperti evaporator dalam unit Indoor, di bagian outdoor pipa ini terbuat dari tembaga dan berbelok belok serta di lengkapi dengan sirip sirip yang berfungsi sebagai melepas suhu panas yang terdapat pada ruangan sob.

Fan Blower

Fan blower bunyi cara mengatasinya bagaimana


Pada AC Split bagian Outdoor fan blower ini berfungsi sebagai pembuang panas bagian kondensor ke udara bebas. Jadi coba sobat rasakan apabila berdiam di kipas outdoor AC yang berjalan pasti kipas itu terasa panas sob. Kenapa? Karena suhu udara yang terdapat pada pipa kondensor di dinginkan oleh kipas fan blower ini sob.

Accumulator

Cara kerja akumulator bagaimana


Pada bagian Outdoor AC Split Accumulator berfungsi sebagai mengaturnya sirkulasi aliran refrigerant agar bisa keluar masuk melalui saluran isap kompresor.

Pipa Kapiler

Fungsi pipa kapiler


Pada bagian Outdoor AC Split pipa kapiler berfungsi sebagai menurunkan tekanan refrigerant, merubah wujud zat cai menjadi uap pada refrigerant tersebut ketika zat pendingin melewati katup pipa kapiler dan memasuki evaporator.


Nah bagaimana sob sekarang sudah tau kan apa itu pengertian dari AC Split ini, mantap sob sekarang ilmu temen temen sobat mas ngguh sudah bertambah ya 😀 baiklah di lain waktu saya akan membagikan seputar teknik kelistrikan lainnya sob soo selalu stay di blog saya ini ya semoga bermanfaat untuk kalian semua.
Bila sobat ingin menambahkan atau membagikan cerita tentang seputar tentang AC Split ini monggo komentar di kolom komentar sob terimakasih. 

No comments