7 Manfaat Ampas Teh Yang Jarang Diketahui Masyarakat Indonesia

7 Manfaat Ampas Teh Yang Jarang Diketahui Masyarakat Indonesia

7 Manfaat Ampas Teh Yang Jarang Diketahui Masyarakat Indonesia


7 manfaat teh


Bagi masyarakat Indonesia, menikmati secangkir teh hangat merupakan sebuah kebiasaan yang telah lama dilakukan. Kebiasaan ini tidak saja menyehatkan namun mampu menjadi tali yang mempererat hubungan, baik antar keluarga maupun dengan kerabat.

Sayangnya, setelah menikmati hidangan teh, biasanya ampas teh langsung dibuang begitu saja. Padahal, meski telah menjadi ampas namun bekas teh tersebut masih dapat dimanfaatkan.

Beberapa manfaat dari ampas teh tersebut adalah

1.Mengobati Bisul

Ampas teh dapat dimanfaatkan untuk mengobati bisul. Caranya, ambil kantung teh celup bekas lalu tempelkan pada bisul. Diamkan sekitar lima belas menit. Tunggu hingga mengering. Lakukan hal ini hingga bisul hilang.

2. Menghilangkan Bau Tak Sedap Di Lemari Es

Lemari es anda berbau tidak sedap? Cobalah memanfaatkan kantung teh bekas untuk mengatasinya. Caranya, letakkan beberapa kantung teh celup bekas pada lemari es. Dengan cara ini, bau tidak sedap itu akan lenyap dengan sendirinya.

3. Mengatasi Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Pada sekantung teh celup bekas terkandung zat yang serupa dengan antihistamin. Zat ini berguna untuk mengatasi rasa gatal dan kemerahan pada kulit akibat gigitan nyamuk. Untuk mengatasi hal tersebut caranya mudah. Ambil sekantong teh celup yang masih hangat kemudian usapkan pada kulit yang terasa gatal tersebut. Diamkan beberapa saat hingga rasa gatal hilang.

Baca Juga :: Manfaat Buah Mangga Untuk Kecantikan

4.Mencerahkan Kulit Wajah

Kandungan antioksidan pada ampas teh juga baik untuk kesehatan kulit wajah. Khasiatnya adalah mampu meremajakan kulit, membuat kulit lebih cerah, menghilangkan flek hitam dan mengangkat sel kulit mati. Caranya ambil ampas teh campur dengan 1-2 sendok teh madu dan perasan lemon. Oleskan pada wajah sekitar 5-10 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Gunakan campuran ini 1-2 kali seminggu.

5.Ampuh Mengatasi Kantung Mata

Teh mengandung zat antioksidan dan tanin yang dapat membantu mengobati mata panda atau kantung mata. Caranya ambil dua kantong teh celup bekas lalu masukkan ke dalam lemari es selama kurang lebih tiga puluh menit. Setelah itu, letakan kantong teh celup bekas yang telah dingin di area kelopak sekitar lima belas menit. Ulangi beberapa kali sehingga kantung mata berangsur-angsur hilang dan mata terasa lebih segar.

6.Ampuh Mengatasi Ketombe

Kulit kepala anda berketombe? Manfaatkan ampas teh untuk mengatasinya. Caranya, rendam ampas teh atau kantong teh celup bekas dengan air secukupnya. Setelah berubah warna, gunakan air rendaman untuk membilas rambut. Setelah rata, pijat dengan lembut kulit kepala lalu diamkan selama kurang lebih lima sampai sepuluh menit. Terakhir, keramaslah seperti biasa. Lakukan perawatan ini tiga kali seminggu.

Baca Juga :: Manfaat Mentimun Yang Perlu Kamu Ketahui

7. Menyuburkan Tanaman

Selain bermanfaat untuk manusia, ternyata ampas teh juga berguna untuk tanaman. Kandungan teh ternyata dapat digunakan sebagai pupuk organik yang berguna untuk menghambat pertumbuhan gulma atau hama tanaman. Caranya, ambil ampas teh, kemudian taburkan ampas tersebut di sekitar tanaman. Tara…pupuk organik telah siap dan tanaman pun dapat tumbuh lebih subur.

Demikian 7 manfaat yang dapat diambil dari ampas teh yang biasanya hanya dijadikan sampah. Mari memaksimalkan penggunaan benda-benda yang kita gunakan setiap hari. Tindakan ini tidak hanya bermanfaat bagi diri namun juga bagi lingkungan karena akan mengurangi penimbunan sampah.

Semoga bermanfaat

No comments