Tips Menghilangkan Rasa Gugup saat Interview Kerja

Tips Menghilangkan Rasa Gugup saat Interview Kerja

Tips Menghilangkan Rasa Gugup saat Interview Kerja




www.sobatmasngguh.com -  Hello sobat bertemu lagi dengan mas ngguh, kali ini mas ngguh ingin membagikan sedikit tips agar teman teman tida merasa gugup saat menjalani tes interview kerja di dunia perusahaan, mari kita simak baik baik artikel berikut ini sob. Merasa gugup dan cemas saat menghadapi interview kerja adalah perasaan yang nyata dan sebagian besar orang pernah mengalaminya, bahkan sebelum dan selama melakukan wawancara kerja. Bagi sebagian kandidat, perasaan gugup ini bahkan bisa menjadi lebih signifikan dan dapat memengaruhi keberhasilan wawancara mereka. Persiapan yang matang dan dengan menggunakan beberapa teknik penenangan dasar dapat membantu mengimbangi intensitas kecemasan. Bagaimana caranya?

Tips Mengatasi Perasaan Gugup Saat Menghadapi Interview Kerja




The Waiting Game

Pada beberapa kasus, perasaan gugup dapat memengaruhi Anda begitu Anda berjalan menuju ruang interview kerja. Bahkan beberapa manajer memiliki resepsionis dan staf kantor yang akan mengamati Anda selama menunggu. Bila Anda terlihat gelisah atau berbicara kasar kepada staf administrasi, hal tersebut dapat menyebabkan persepsi negatif tentang kesopanan Anda di kantor. Manajer ingin mengetahui apakah Anda bisa tampil percaya diri dan profesional di lingkungan kantor saat menunggu interview kerja.

Menjawab Pertanyaan Interview Kerja

Barangkali, hal paling signifikan yang membuat perasaan gugup dapat memengaruhi kesuksesan wawancara kerja berkaitan dengan menjawab pertanyaan. Memiliki perasaan sangat gugup menyebabkan Anda tersandung dan kesulitan saat menjawab pertanyaan yang menantang dan sulit, bahkan bila Anda telah mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan tersebut. Misalnya adalah pertanyaan ‘Apa kekuatan terbesar Anda?’ dan ‘Apa kelemahan terbesar Anda?’.

Pertanyaan lain bahkan bisa lebih sulit dan hal ini menjadi semakin kritis karena pewawancara menunggu jawaban Anda yang masuk akal dan elegan. Jika perasaan gugup menyebabkan Anda tergagap, melakukan jeda cukup lama atau kurang jelas dalam memberi tanggapan, itu berarti Anda tidak dapat ‘menjual diri Anda’ dengan cara terbaik sebagai kandidat karyawan yang pantas dipekerjakan.

Penilaian Non-verbal

Ketika Anda menjawab pertanyaan, perilaku dan gerak-gerik Anda akan dibaca oleh pewawancara. Ia dapat mengamati petunjuk non-verbal saat mereka mendengarkan jawaban Anda. Bergerak maju dan mundur saat duduk di kursi, serta menghindari kontak mata menjadi ciri jika Anda sedang merasa gugup. Beberapa pewawancara yang baik seringkali menunjukkan empati dan berusaha untuk membuat Anda merasa lebih nyaman.
Namun sebagian pewawancara lain memiliki pandangan berbeda karena jika Anda tidak dapat mengatasi perasaan gugup selama mengikuti interview kerja, itu berarti Anda tidak akan bisa mendapat pekerjaan. Bersikaplah santai, namun tetap menunjukkan profesionalisme dengan melakukan kontak mata selama melakuan wawancara karena hal ini akan membuat Anda terlihat percaya diri dan profesional.

Mengatasi Perasaan Gugup

Setelah tahu bahwa perasaan gugup dapat mempengaruhi kinerja wawancara, Anda tentu harus melakukan pencegahan. Langkah ini setidaknya dapat membantu Anda mengambil tindakan penting agar terhindar dari masalah tersebut. Hasil penelitian mengungkapkan jika melakukan persiapan matang menjadi salah satu kunci untuk mengatasi perasaan gugup saat menghadapi interview kerja.

Ketika Anda tahu banyak tentang perusahaan dan job description, meluangkan waktu untuk mempersiapkan strategi wawancara dan berlatih di rumah, hal itu dapat membantu mengurangi perasaan gugup. Kurangnya persiapan-lah yang dapat membuat kegelisahan semakin memuncak sehingga berlatih menjawab pertanyaan umum tentang wawancara kerja, hingga pertanyaan sulit serta memiliki rencana pada kekuatan yang ingin Anda tekankan saat interview dapat membantu mengatasi perasaan gugup.
Selain itu, siapkanlah contoh-contoh untuk menunjukan skill terbaik Anda.

Sebelum melakukan interview kerja, lakukanlah review terhadap tujuan dan fokus Anda untuk mendapatkan pekerjaan, serta carilah sebanyak mungkin mengenai format wawancara sebelumnya. Anda juga bisa menggunakan teknik pernapasan untuk membantu menenangkan perasaan gelisah.

Bagaimana sob sekarang sobat mungkin sudah mendapakan tips nya, supaya nanti saat menjalankan tes interview tidak merasa gugup sob. Semoga bermanfaat. 

2 comments

Kalo menurut saya enjoy saja, pokoknya jangan ada pikiran negatif tidak diterima.Rata-rata orang gugup itu takut salah dan gak diterima jadi blank deh. jangan lupa kunjungan baliknya http://rahmatkris.com

Balas

Benar mas rahmat kebanyakan orang yang baru tes interview mungkin merasakan rasa gugup karena baru pertama kali nya, tetapi seiring berjalannya waktu rasa gugup pasti bisa di atasi mas terimakasih telah berkunjung mas 😀

Balas