Fakta 5 Jenis Keluarga Ini Ada di Indonesia

Fakta 5 Jenis Keluarga Ini Ada di Indonesia

Fakta 5 Jenis Keluarga Ini Ada di Indonesia


                  Fakta 5 Jenis Keluarga Ini Ada di Indonesia


Keluarga adalah karunia terindah dan harta yang tak ternilai harganya dalam kehidupan. Keluarga akan selalu ada ketika kita berhasil maupun terjatuh. Namun setiap orang memiliki latar belakang keluarga yang berbeda-beda. Anggota keluarga di Indonesia biasanya terdiri dari orang tua dan anak-anak. Berikut ini adalah jenis-jenis keluarga yang ada di Indonesia secara umum.

1. Keluarga Inti

Keluarga kecil adalah kelompok keluarga yang terdiri dari orang tua dan setidaknya satu anak. Ini adalah keluarga standar di Indonesia. Untuk mengurangi kemiskinan dan pertumbuhan penduduk, pemerintah di Indonesia melakukan kampanye yang di sebut Keluarga Berencana atau disingkat KB. Artinya, pemerintah menyarankan keluarga inti untuk memiliki dua anak saja.

2. Keluarga Besar

Ini adalah kelompok anggota keluarga yang memiliki genetika yang sama. Sebagai contoh, keluarga dari seorang ibu yang terdiri paling sedikit 3 generasi. Mereka disebut keluarga besar. Di keluarga besar, semua anggota keluarga tinggal bersama di rumah yang sama. Meski sangat jarang ditemukan, namun di daerah terpencil di Indonesia Anda akan menemukan tipe keluarga seperti ini.

3. Keluarga Tunggal

Keluarga tunggal berarti orang tua yang tidak lengkap karena perceraian atau kematian. Orang tua tunggal menjadi janda atau duda. Kemudian, dia akan mengambil alih pekerjaan rumah tangga dan anak-anak mereka sendiri. Orang tua tunggal akan memiliki peran ganda untuk membesarkan anak-anak.

4. Keluarga Campuran

Keluarga campuran adalah keluarga yang terdiri dari dua istri atau lebih. Suami, istri, dan anak-anak tinggal bersama di rumah yang sama. Ini adalah tipe keluarga yang unik di Indonesia. Meski jarang ditemukan saat ini, masih ada sejumlah keluarga di beberapa wilayah di Indonesia yang memiliki keluarga seperti ini.

5. Keluarga Perantau

Keluarga perantau adalah keluarga yang anggotanya tinggal di tempat yang berbeda untuk beberapa periode. Begitu ada kesempatan, mereka akan pulang. Sebagai contoh, seorang ayah harus bekerja di kota yang berbeda. Pada akhir pekan, ia harus kembali ke rumah untuk berkumpul bersama keluarganya.

Kesimpulannya, dalam keluarga jenis apa pun yang kita jalani, kita harus mencintai keluarga, karena tanpa kasih sayang dan dukungan mereka, kita bukan siapa-siapa. Mudah-mudahan jenis jenis keluarga ini akan menjadi informasi yang berguna untuk Anda. Like atau Share jika Anda merasa artikel ini bermanfaat. Terima Kasih :)

No comments