Biografi Singkat Ir Soekarno Dan Prestasinya

Biografi Singkat Ir Soekarno Dan Prestasinya




Ir Soekarno siapa sih yang ngga kenal dengan tokoh presiden pertama indonesia yang satu ini ya sosok Ir Soekarno memang sangat di kagumi di tanah air ini sob. Dikenal sebagai presiden pertama Republik Indonesia dan beliau lebih sering dan akrab di pangil Bung Karno.

Ir Soekarno dilahirkan di Surabaya pada tanggal 6 juni 1901 pada masa masa kepemimpinan nya Ir Soekarno disegani oleh para pemimpin negara-negara di dunia. Nama asli sewaktu dilahirkan Bung Karno bernama Koesno Sosrodihardjo, tetapi karna sering sakit yang mungkin di sebabkan dari nama nya, namanya diganti menjadi Soekarno.

Ayah beliau bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibu bernama Ida Ayu Nyoman Rai.  Ayahnya seorang guru di bali dan ibunya seorang bangsawan di bali.

Pada masa kecilnya Ir Soekarno tidak tinggal bersama orang tuanya, tetapi beliau tinggal bersama kakek nya yang bernama Raden Hardjokromo di Tulung Agung, Soekarno sempat bersekolah di Blitar tetapi tidak sampai, beliau pindah bersama orang tuanya dan bersekolah di Mojokerto.



Wanita idaman Ir Soekarno yaitu seorang wanita yang setia, dan juga bisa menjaganya, fatmawati lah sosok wanita yang menjaga beliau.

Gelar Pahlawan Proklamasi di sandangkan oleh pemerintah kepada bapak Ir Soekarno atas jasa jasa nya kepada bangsa Indonesia ini. Kisah perjuanganyapun di angkat ke dalam layar lebar yang berjudul "Soekarno : Indonesia Merdeka .

Prestasi Ir Soekarno Sejak Memipin Negara Indonesia

Proklamator

Prestasi yang terbaik bisa diberikan oleh seorang Soekarno untuk bangsa Indonesia adalah Kemerdekaan. Karena tanpa kemerdekaan, Tidak ada hal lain yang lebih berarti. Pada tanggal 17 Agustus 1945 Soekarno - Hatta memproklamatorkan kemerdekaan indonesia.

Pencetus Pancasila

Sebelum Ir Soekarno memproklamatorkan kemerdekaan Indonesia beliau sudah menyiapkan falsafah dan dasar negara pada tanggal 1 juni 1945 sob. Tanggal tersebut kemudian di tetapkan sebagai Hari Pancasila.

Membangun Monumen Nasional ( Monas )

Pada tanggal 17 Agustus 1961 Ir Soekarno memerintahkan untuk pembangunan Monumen Nasional. Monumen ini didirikan untuk mengenang pejuangan rakyat indonesia sob. Pembangunan monumen ini tidak berjalan dengan mulus karna kondisi ekonomi dan politik pada masa itu sob. Kemudian pembangunan ini selesai pada tanggal 12 Juli 1975.


Militer Yang Kuat

Pada masa kepemimpinan Ir Soekarno Militer Indonesia sangat di segani oleh bangsa bangsa asing di dunia.

Bangsa Yang Disegani

Pada masa kepemimpinan Ir Soekarno juga beliau berhasil membuat Indonesia menjadi bangsa yang di segani dengan sikap keras nya Soekarno membangun kredibilitas Indonesia.

Gimana sob sekarang sudah tau kan Biografi Singkat Ir Soekarno Dan Prestasinya. Semoga bisa menambah wawasan sobat dan bermanfaat bagi sobat mungkin di artikel nanti mas ngguh akan membagikan Sejarah Sejarah indonesia lainya soo stay terus di Blog nya Sobat Mas Ngguh ini ya. 

No comments