Strategi Gerilya Jenderal Soedirman

Strategi Gerilya Jenderal Soedirman


Hello Sobat di artikel kali ini Mas Ngguh mau membagikan sedikit informasi mengenai taktik perang ala sang jendral Soedirman ini, bagaimana sih Strategi Gerilya Jenderal Soedirman ini hingga bisa di takuti Kolonel Blanda? Oke simak baik baik artikelnya sob.

Strategi Perang Gerilya yang dilakukan Panglima Besar Jenderal Soedirman saat menghadapi Belanda dalam Agresi Militer kedua 1948 ternyata sangat ditakuti oleh lawan pada masa itu.

Gerilya berasal dari bahasa spanyol guerrilla yang secara harfiah berarti perang kecil, Gerilya adalah salah satu strategi perang yang dikenal luas, karena banyak digunakan, selama perang kemerdekaan di Indonesia pada periode 1950-an.

A.H. Nasution yang pernah menjabat pucuk panglima Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Darat (TNI-AD) menuliskan di buku "Pokok-pokok Gerilya".

BACA JUGA ! ! ! 



Bagi tentara perang gerilya sangatlah efektif, Mereka dapat mengelabui,menipu atau bahakan melakukan serangan kilat, Taktik ini juga manjur saat menyerang musuh jumlah besar yang kehilangan arah dan tidak menguasai medan, Kadang taktik ini juga mengarah pada taktik mengepung secara tidak terlihat (invisible), Sampai sekarang taktik ini masih dipakai teroris untuk sembunyi. 

Jika mereka menguasai medan mereka dapat melakukan : penahanan sandera, berlatih, pembunuhan hingga menjadi mata-mata. Dan musuh dapat melakukan nomaden, yaitu berpindah- pindah.

Perang Gerilya tidak dapat secara sendiri membawa kemenangan terakhir, Perang Gerilya hanya untuk memeras darah musuh, Kemenangan terakhir hanyalah dapat dengan tentara yg teratur dalam perang biasa, karena hanya tentara demikianlah yang dapat melakukan offensif yg dapat menaklukkan musuh. 

Perang Gerilya biasanya adalah perang ideologi. Perang Gerilya adalah perang rakyat semesta
Akan tetapi Perang gerilya tidak berarti bahwa seluruh rakyat bertempur. 

Perang Gerilya tidak boleh sembarang Gerilyaisme
Gerilya berpangkalan dalam rakyat. Rakyat membantu merawat dan menyembunyikan gerilya, serta menyidik untuk keperluannya. 

Ya begitulah sob Strategi Gerilya Jenderal Soedirman, somoga sedikit informasi ini bisa menambah wawasan sobat semoga bermanfat. 

No comments